Software Edit Foto Jadi Karikatur

16 Jul 2012 11:00 | Hits: 11438

Empat Aplikasi dan Software Edit Foto Jadi Karikatur Sketsa di Android

Empat Aplikasi dan Software Edit Foto Jadi Karikatur Sketsa di Android

Mengedit foto mungkin menjadi suatu hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda meng-upload foto Anda tersebut ke dunia maya, baik itu jejaring sosial Paseban, Twitter atau sosial media lainnya. Hal ini mungkin Anda perlukan karena Anda ingin tampil unik dan bagus saat tampil di avatar atau foto album di akun jejaring sosial Anda.

Sayangnya, tak semua orang punya kemampuan untuk mengedit foto di Photoshop, sebagai alternatifnya mungkin Anda bisa memanfaatkan situs edit foto online, sayangnya fitur yang disediakan hanya sebatas efek mempertajam foto, faktor pencahayaan atau hal-hal lainnya. Pada artikel ini, Paseban kembali akan membahas aplikasi atau software untuk mengedit foto Anda menjadi sebuah kartikatur sketsa yang langsung bisa Anda operasikan lewat perangkat Android Anda, tentu ini menjadi hal yang menarik bagi Anda bukan? Pengertian karikatur di sini adalah pada nantinya aplikasi ini akan menghasilkan efek foto karikatur seperti sketsa, baik yang hitam putih ataupun berwarna.

Lalu apa saja aplikasi atau software edit foto jadi karikatur sketsa yang Paseban rekomendasikan untuk Anda? Simak review-nya berikut ini:

Pencil Sketch

Aplikasi edit foto menjadi karikatur sketsa yang pertama Paseban rekomendasikan bernama Pencil Sketch. Aplikasi ini menghadirkan penggunaan yang sangat mudah, ditambah dengan fitur-fitur yang cukup beragam, tak heran jika pada minggu ke-2 Juli ini, aplikasi Pencil Sketch muncul di Trending Apps pada halaman depan Google Play.

Jalankan aplikasi ini dengan meng-upload foto Anda dengan mengambil Gallery yang tersimpan di Android Anda, atau bahkan Anda bisa langsung mengambil dari kamera Android Anda. Cara menjalankan aplikasi yang seperti ini mungkin mengingatkan Anda pada aplikasi Instagram, ya semudah itulah cara menjalankan aplikasi Pencil Sketch ini. Kemudian dari foto yang Anda upload tadi akan langsung dihasilkan foto karikatur sketsa, Anda bisa mengaturnya sedemikian rupa, baik dengan tampilan grayscale (black and white) ataupun berwarna, hanya dengan satu tombol saja.

Foto yang sudah jadi tersebut pun langsung bisa Anda simpan ataupun di-share ke akun jejaring sosial Anda. Tertarik untuk mengunduh aplikasi untuk mengubah foto menjadi sketsa pensil ini? Ambil Android Anda, akses Google Play di sini, gratis!

Sketch Me Effects

Sama dengan aplikasi Pencil Sketch, melalui aplikasi Sketch Me Effects ini Anda bisa menkonversi foto dari Gallery atau kamera Android Anda menjadi sebuah gambar sketsa pensil baik berwarna atau hitam putih. Jika dibandingkan dengan aplikasi yang sebelumnya, maka aplikasi yang satu ini menawarkan beberapa kelebihan atau fitur yang tidak dimiliki aplikasi lain, beberapa di antaranya adalah:

  • Anda memungkinkan Apply Warna untuk gambar sketsa yang dihasilkan

  • Anda juga bisa melakukan reolor gambar dengan warna pilihan Anda sendiri.

  • Tersedia efek warna Hue dan efek warna lainnya bagi Anda yang kesulitan mengkombinasikan warna.

  • Fitur ‘Undo’ untuk membatalkan edit foto Anda melalui tombol ‘Refresh’.

  • Anda bisa mendapatkan konfigurasi ukuran kuas di layar pengaturan.

Dan tak lupa Anda pun bisa membagikan editan foto Anda lewat Bluetooh, email, ataupun akun jejaring sosial Anda. Memang dilihat dari segi penggunaannya, aplikasi ini tidak sepraktis Pencil Sketch, namun kualitas yang dihasilkan tentu lebih baik karena fiturnya lebih beragam. Jika Anda tertarik dengan aplikasi Sketch Me Effects ini, Anda bisa mengakses Google Play di sini secara gratis.

Sketch Me Pro

Aplikasi Sketch Me Pro tak jauh beda dari aplikasi Pencil Sketch yang sebelumnya sudah Paseban jelaskan, aplikasi ini juga mengedepankan kemudahan untuk penggunaannya. Anda tinggal upload foto dari kamera atau mengambil langsung dari Gallery Anda, dan Anda pun langsung bisa mengkonversi gambar Anda ke dalam banyak efek sketsa hanya dalam hitungan detik.

Pada aplikasi ini menyediakan 5 seni sketsa dan 2 efek sketsa yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda. Satu hal mungkin yang tidak dimiliki oleh aplikasi edit foto lain adalah sarana share yang lebih beragam, tidak hanya share Bluetooth, Messaging, email, jejaring sosial, namun Anda bisa langsung mengintegrasikan gambar Anda lewat akun Picasa, Flickr, Blogger atau Tube Mate, menarik ya? Anda bisa mencoba software edit foto jadi karikatur ini secara gratis di Google Play.

Sketch Me

Aplikasi edit foto yang terakhir yang Paseban rekomendasikan adalah Sketch Me. Selain mengkonversi foto menjadi kaikatur sketsa pensil, pada aplikasi ini juga tersedia efek foto krayon dan cat minyak dengan tambahan efek gambar khusus yang bisa Anda atur sendiri. Aplikasi Sketch Me ini juga bisa mengatur faktor pewarnaan pada gambar Anda. Tak lupa Anda bisa share foto Anda tersebut ke akun jejaring sosial Anda tentunya. Anda bisa mengunduh aplikasi edit foto Android ini secara gratis, langsung di Google Play.

Itulah aplikasi atau software edit foto jadi karikatur sketsa rekomendasi dari Paseban. Anda bisa mengunduhnya semua, atau salah satu di antaranya yang menurut Anda bagus dan menghadirkan fitur-fitur yang Anda butuhkan, selamat mencoba dan berkreasi. [HJ]