Nokia 2 Kartu

14 Jul 2012 15:00 | Hits: 14506

Nokia 110 - Nokia 2 Kartu dengan Aneka Pilihan Warna

Nokia 110 - Nokia 2 Kartu dengan Aneka Pilihan Warna

Anda ingin punya ponsel dual SIM dengan merk yang cukup ternama? Mungkin Nokia 110 patut Paseban rekomendasikan untuk Anda. Ponsel dual SIM ini mempunyai layar berukuran 1,8 inci dengan resolusi 128 x 168 piksel. Kedalaman warna yang bisa ditampilkan oleh layar Nokia 110 adalah 114 ppi. Nokia 110 masuk dalam kategori value phone, oleh karena itu ukuran dari hp ini cukup ringkas. Dengan dimensi 110 x 46 x 14,5 mm dan berat relatif ringan, yaitu 80 gram. Karena memang layar yang digunakan pada Nokia 2 kartu ini tidak sebesar smartphone layar sentuh dan juga tidak sebanyak fitur seperti yang terdapat dalam smartphone.

Jadi tidak membutuhkan kasing berukuran besar untuk menampung semua perangkat keras dalam Nokia 110. Kasing berbahan baku plastik ABS dari Nokia 110 sendiri hadir dalam balutan 4 warna yang berbeda: Hitam, Magenta, Hijau Lemon, dan Cyan.

Untuk koneksi nirkabel, Nokia 110 sudah dilengkapi dengan bluetooth versi 2.1. Bluetooth yang dibenamkan pada hp ini mendukung Enhanced Data Rate (EDR) yang secara teoritis mampu menghasilkan kecepatan transfer hingga 3 Mbit per detik. Namun pada prakteknya biasanya kecepatan transfer data bluetooth dengan EDR hanya mencapai 2.2 Mbit per detik. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk berkirim data antara Nokia 110 dengan perangkat Bluetooth lebih cepat ketimbang menggunakan bluetooth yang tidak dilengkapi dengan EDR.

Komunikasi data melalui Nokia 110 dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan GPRS. Untuk komunikasi yang lebih cepat, hp ini juga bisa terhubung ke Internet menggunakan jaringan EDGE. Misalnya untuk berselancar menggunakan peramban WAP 1.1 yang merupakan salah satu aplikasi yang disediakan pada Nokia 110. Tipe komunikasi lain juga akan membutuhkan koneksi Internet agar dapat berjalan dengan baik. Misalnya berkirim pesan menggunakan Email yang juga didukung oleh Nokia 110.

Nokia 110 dapat digunakan mengambil foto menggunakan kamera dengan sensor VGA (640 x 480 piksel). Kamera yang sama bisa digunakan untuk merekam video dengan kecepatan rekam 15 fps untuk resolusi 176 x 144 piksel.

Fitur radio FM memungkinkan Anda mendengarkan siaran radio lokal langsung dari Nokia 110. Fitur radio FM pada Nokia sudah mendukung protokol Radio Data System (RDS). Dengan RDS stasiun radio bisa menempelkan metadata (data tentang musik) pada musik yang sedang disiarkan. Data yang bisa ditempelkan melalui RDS seperti lama putar musik, identitas stasion radio, dan informasi program dari stasiun radio. Fitur radio FM pada Nokia 110 lebih lanjut lagi memberikan dukungan perekaman sesi siaran. Sehingga Anda bisa merekam siaran radio dari DJ favorit Anda dan memutar rekaman itu lagi nanti. Sayangnya untuk mendengarkan radio Anda harus menggunakan headset. Karena selain digunakan untuk mendengarkan suara radio, kabel dari headset ini juga digunakan sebagai antena radio FM.

Seperti hp lain pada umumnya Nokia 110 dapat juga digunakan untuk berkirim SMS. Mungkin Anda ingin membangun percakapan dengan berbalas-balasan SMS yang kadang melibatkan lebih dari satu teman sekaligus. Karena ada lebih dari satu orang yang sedang Anda SMS pada saat berdekatan, maka balasan SMS tersebut bisa tercampur. Untuk aktifitas seperti ini, Nokia 110 dapat memudahkan penggunanya dalam membaca SMS. Karena Nokia 110 sudah dilengkapi dengan fitur threaded view. Di mana pesan yang merupakan balasan akan ditampilkan tepat dibawah SMS yang sudah Anda kirimkan sebelumnya. Mirip dengan fitur threaded view pada beberapa platform blog untuk sistem komentar mereka. Selain SMS, Nokia 110 juga mendukung pesan interaktif menggunakan MMS. Beberapa operator mengharuskan Anda untuk mengaktifkan layanan MMS terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan MMS.

Nokia 110 ditenagai oleh baterai Li-Ion BL-5C yang mempunyai kapasitas mencapai 1020 mAh. Kapasitas baterai ini mampu membuat Nokia 110 untuk stand-by selama 636 jam. Apabila memainkan musik secara terus-menerus, maka baterai ini bisa bertahan selama 27 jam. Sementara apabila digunakan untuk panggilan telepon, maka hp Nokia 2 kartu ini bisa digunakan selama 10 jam 30 menit sebelum baterainya habis. [PN]