Aplikasi Membuat Animasi

13 Jul 2012 09:00 | Hits: 6206

Aplikasi Membuat Animasi 2D Synfig Studio pada Komputer

Aplikasi Membuat Animasi 2D Synfig Studio pada Komputer

Synfig Studio adalah aplikasi membuat animasi 2D open source yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Dari awal aplikasi ini didesain untuk digunakan pada industri animasi kreatif. Oleh karena itu, fitur yang diharapkan ada pada aplikasi animasi 2D profesional bisa Anda temukan pada Synfig. Animasi yang dihasilkan oleh Synfig berdasarkan pada grafik vektor, yaitu grafik yang dibentuk dengan menggambar titik, garis, kurva, dan poligon yang berdasarkan pada ekspresi matematis. Grafik vektor tidak dibatasi dengan ukuran resolusi seperti ketika menggunakan grafik bitmap, misalnya JPEG. Ini membuat grafik vektor bisa ditampilkan tetap halus dan detil meskipun diperbesar sekian kali.

Berbeda dengan grafik bitmap, jika Anda memperbesar tampilan gambarnya, maka grafik bitmap akan kehilangan detilnya dan menjadi terlihat seperti tersusun dari kotak-kotak warna. Meskipun demikian Synfig juga mendukung format grafik bitmap seperti GIF, PNG, dan BMP. Tapi tentu saja grafik bitmap yang diimpor ke Synfig tidak serta merta menjadi grafik vektor. Dukungan terhadap berkas video juga ditambahkan ke Synfig. Format video yang bisa digunakan bersama Synfig adalah AVI, Theora, dan MPEG.

Sebagian besar elemen animasi yang dihasilkan oleh Synfig adalah berbasiskan vektor. Kecuali jika Anda mengimpor berkas grafik bitmap sebagai elemen dari proyek animasi yang sedang dikerjakan. Ini akan membuat elemen grafik bitmap dari animasi akan berkurang detailnya apabila diperbesar. Tapi untuk layer built-in lainnya tidak akan berpengaruh.

Antarmuka Synfig terdiri dari tiga jendela, yaitu Toolbox, Canvas, dan Panels. Toolbox adalah jendela utama yang berisi berbagai tool untuk membuat animasi. Pada jendela ini juga Anda bisa mengubah konfigurasi Synfig. Tampilan toolbox mirip dengan gabungan antara palet seperti yang ada di Adobe Photoshop dengan kalkulator. Dengan beragam ikon yang bisa digunakan untuk mengakses beragam fitur dan tools dari Synfig. Sesuai dengan namanya, jendela canvas adalah tempat di mana Anda menuangkan kreatifitas dalam proyek animasi yang sedang dikembangkan. Sama seperti kanvas untuk melukis, jendela canvas digunakan untuk menggambar animasi yang Anda buat. Jendela canvas berisi informasi mengenai apa yang sedang Anda kerjakan termasuk mengenai tools yang sedang digunakan. Beberapa jendela canvas dapat dibuka sekaligus sehingga Anda bisa mengerjakan proyek berbeda pada saat bersamaan. Panels dapat dibuka, ditutup, digeser dan diubah untuk menyesuaikan dengan cara kerja Anda.

Sama seperti beberapa program grafik lainnya, Synfig memecah elemen yang merupakan bagian dari proyek yang sama dalam layer. Tapi layer ini berbeda dengan aplikasi lain dalam dua hal. Pertama adalah layer dari Synfig biasanya merepresentasikan elemen sederhana seperti grafik yang diimport, region, garis panduan region, dan lain-lain. Ini memungkinkan penggunanya untuk memperoleh fleksibilitas yang tinggi ketika mengembangkan proyek animasi bersama Synfig. Namun pada sisi lain ini bisa membuat proyek Anda dipenuhi dengan ratusan layer yang berbeda.

Perbedaan kedua adalah layer pada Synfig tidak hanya bisa menambahkan informasi pada gambar, tapi dia juga bisa dimodifikasi. Meskipun tidak sama, tapi prosesnya mirip dengan penggunaan filter pada aplikasi Adobe Photoshop. Sebagai contoh Synfig mempunyai blur layer, radial blur layer, spherize layer, color correct layer, bevel layer, dan sebagainya. Setiap layer mempunyai parameter konfigurasinya masing-masing yang menentukan bagaimana elemen pada layer tersebut diolah. Ketika mengklik pada suatu layer apakah melalui jendela canvas atau dari panel, maka Anda akan mendapati parameter tersebut pada params panel.

Synfig menyimpan animasi yang dibuatnya dalam berkas dengan format XML dengan ekstensi berupa .SIF. Untuk memperkecil ukuran berkas animasi, Synfig juga mendukung fitur kompresi ZIP yang sudah terintegrasi. Berkas .SIF yang sudah dikompresi akan mempunyai ekstensi .SIFZ.

Aplikasi membuat animasi 2d Synfig pada awalnya dikembangkan oleh Robert Quattlebaum untuk studio animasi bernama Voria Studios. Vorio Studios menggunakan Synfig untuk keperluan internal. Namun dalam perjalanannya Vorio Studios kemudian ditutup. Akhirnya perangkat lunak pembuat animasi 2D yang dibuat oleh Vorio Studios dirilis sebagai aplikasi open source seperti yang kita kenal sebagai Synfig saat ini. Setelah menjadi proyek open source Synfig masih dikelola oleh Robert Quattlebaum dengan bantuan dari beberapa kontributor seperti Adrian Bentley. Tertarik menggunakannya? Download aplikasi ini di sini. [PN]