Cara Mengecek Tagihan Listrik

02 Jul 2012 15:00 | Hits: 4305

Cara Mengecek Tagihan Listrik dan Telkom Lewat Aplikasi Android

Cara Mengecek Tagihan Listrik dan Telkom Lewat Aplikasi Android

Sebagai kepala rumah tangga atau pribadi yang kesehariannya mengurus kebutuhan rumah tangga secara mandiri, sudah bisa dipastikan bahwa informasi mengenai tagihan listrik dan telepon (Telkom) adalah informasi yang sangat berguna bagi Anda. Info ini tentu berguna dalam menginfokan berapa jumlah uang yang harus Anda bayar nantinya untuk biaya listrik dan telepon.

Kedua informasi tersebut bisa akan berguna, terlebih jika bisa Anda dapatkan saat-saat mendekati deadline pembayaran tagihan. Ini berguna bagi Anda untuk mempersiapkan budget salah satunya, namun pertanyaannya, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan informasi tagihan listrik dan tagihan telepon lebih dini?

Jangan khawatir, melalui aplikasi Android Anda bisa mengetahui cara mengecek tagihan listrik dan tagihan telepon langsung lewat handphone Anda. Pada artikel ini Paseban secara khusus akan me-review aplikasi untuk mengetahui tagihan listrik dan telepon lewat Android, simak pembahasannya berikut ini:

Tagihan Listrik

Zaman yang serba canggih seperti yang sekarang ini membuat Anda lebih mudah dalam melakukan segala hal, termasuk untuk pekerjaan yang satu ini. Melalui aplikasi bernama Tagihan Listrik ini memungkinkan Anda untuk mengetahui cara mengecek tagihan listrik langsung lewat Android Anda. Aplikasi lokal ini merupakan besutan dari Trustudio yang memang terkenal mengembangkan aplikasi lokal khas Indonesia seperti Komodonesia atau Indonesia Soccer.

Cara mengecek tagihan listrik ini bisa lewat beberapa cara, yakni input data ID, scan barcode atau input suara. Semua cara ini bisa bekerja dengan baik dan terpercaya. Untuk input data ID, Anda tinggal mengetikkan ID Pelanggan dan aplikasi inipun akan bekerja dan menunjukkan jumlah tagihan Anda untuk bulan ini. Begitupun jika Anda melakukan cek tagihan melalui scan barcode atau input suara, semua bekerja dan menunjukkan jumlah yang sama. Untuk kode yang Anda masukkan ke barcode sendiri bisa Anda dapatkan pada meteran, sedangkan untuk input suara Anda wajib bersuara dan mengatakan nomor ID pelanggan Anda dengan pelan dan jelas.

Hebatnya lagi, aplikasi ini menyimpan data-data tagihan listrik Anda bulan-bulan yang lalu, lengkap dengan identitas Anda, tanggal bayar, jumlah daya yang telah digunakan dan status pelunasan apakah sudah Anda bayar atau belum. Ini berguna bagi Anda dalam melakukan evaluasi tentunya. Sayangnya, menurut review dari beberapa pengguna yang sudah pernah memakai aplikasi Tagihan Listrik ini, aplikasi ini kurang update dalam memberikan status pelunasan, yang sebenarnya sudah terbayar (lunas), namun aplikasi ini menuliskannya belum terbayar (belum lunas). Namun ini tidak mengurangi kesempurnaan mengenai keakuratan jumlah tagihan yang harus Anda bayar.

Aplikasi Tagihan Listrik ini bekerja secara online dan mengharuskan sistem Android Anda berada pada Android 1.6 atau di atasnya. Tertarik? Anda bisa mendapatkannya secara gratis di Google Play.

Tagihan Telkom

Selain tagihan listrik, tagihan Telkom merupakan hal yang Anda cari dalam rutinitas bulanan Anda. Masih dari developer yang sama, yakni Trustudio, menjawab dan melengkapi kebutuhan Anda lewat aplikasi bernama Tagihan Telkom. Banyak kesamaan antara aplikasi Tagihan Telkom ini dengan aplikasi Tagihan Telkom, terutama dari segi penggunaan dan fungsi yang sama-sama membantu Anda untuk mengetahui jumlah tagihan listrik dalam bulan tertentu.

Ada satu perbedaan yang mencolok antara aplikasi Tagihan Listrik dengan Tagihan Telkom, yakni dari segi penginputannya, jika aplikasi Tagihan Listrik bisa melalui scan barcode, maka Tagihan Telkom bisa menginputnya langsung dari Data Kontak yang ada di Android Anda. Aplikasi Tagihan Telkom ini bekerja secara online dan mengharuskan sistem Android Anda berada pada Android 1.6 atau di atasnya. Tertarik? Anda bisa mendapatkannya secara gratis di Google Play.

Cek Tagihan

Merasa kurang efektif dengan dua aplikasi tersebut? Jangan khawatir karene Trustuido kembali menjawab permasalahan Anda lewat aplikasi Cek Tagihan. Aplikasi Cek Tagihan ini bisa dibilang merupakan gabungan dari dua aplikasi sebelumnya, sehingga melalui aplikasi ini Anda bisa mengecek tagihan listrrik dan telepon. Mengenai cara input dan bagaimana penggunaan serta fasilitasnya pun tidak ada perbedaan, hanya saja dari segi ukuran tentu aplikasi ini lebih berat. Jika tertarik, Anda bisa mengunduhnya di Google Play secara gratis. [HJ]