Aplikasi Pemutar Musik

01 Jul 2012 13:15 | Hits: 20702

AIMP - Aplikasi Pemutar Musik Alternatif Selain Winamp Untuk PC

AIMP - Aplikasi Pemutar Musik Alternatif Selain Winamp Untuk PC

Semua orang pasti suka mendengarkan musik tidak terkecuali Anda terutama di Indonesia khususnya, sehingga tidak heran jika tahun-tahun belakangan ini banyak sekali musisi mancanegara yang datang dan menggelar konser di Indonesia.

Nah, aplikasi pemutar musik apakah yang sering Anda gunakan untuk mendengarkan musik? Pastinya berbeda-beda bukan? Jika sebelumnya Anda sangat mengenal aplikasi Winamp, bagaimana dengan AIMP?

AIMP merupakan sebuah aplikasi pemutar musik komputer yang dapat diunduh secara gratis. Asal-usul nama AIMP sendiri berasal dari seseorang yang berkebangsaan rusia yaitu Artem Izmaylov dengan tambahan nama dibelakang Media Player sehingga didapatkanlah nama AIMP. Situs resmi AIMP bisa Anda akses di sini.

Sebelum menginstal aplikasi ini, disarankan untuk memperhatikan spesifikasi kebutuhan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu, agar tidak terjadi masalah saat proses instalasi dan juga ketika aplikasi ini sedang dijalankan, di antaranya:

  • Sistem Operasi Win XP/Windows Vista/Windows 7

  • RAM minimal 64Mb

  • Hardisk Kosong minimal 20Mb

Cara instal aplikasi AIMP

  1. Download aplikasi AIMP terlebih dahulu di sini. Ukuran filenya sekitar 7Mb.

  2. Setelah selesai mengunduh, install aplikasi AIMP tersebut.

  3. Pada pilihan terakhir, pilih jenis file apa saja yang ingin diputar atau dimainkan (default setting) oleh AIMP.

  4. Seteleh selesai, maka jenis file yang dipilih tadi akan secara otomatis dimainkan oleh aplikasi AIMP ketika Anda mengklik file tersebut.

Tipe-tipe file yang dapat dimainkan atau diputar oleh aplikasi AIMP di antaranya AAC, AC3, APE, AIF, AIFF, APE, CDA, FLA, FLAC, IT, KAR, MAC, MID, MIDI, MO3, MOD, MP1, MP2, MP3, MP +, MPC, MPP, MTM, OFR, OFS, OGA, OGG, RMI, S3M, SPX, TTA, UMX, WAV, WMA, WV (WavPack), XM.

Dan berikut ini adalah fitur-fitur dari aplikasi AIMP yang harus Anda ketahui:

  • Crystal-clear sound. Jangan khawatir dengan kualitas suara yang dihasilkan dari aplikasi AIMP ini, aplikasi AIMP menggunakan teknologi algoritma terbaru terdepan yang mampu untuk menghasilkan suara yang jernih seperti suara penyanyi aslinya, tapi tetap dengan pemakaian sumber daya yang minim. Hal inilah yang paling membedakan AIMP dengan audio player lainnya.

  • 18-band Equalizer. Jika Anda ingin mengatur suara musik yang keluar Anda bisa menggunakan fitur ini, dengan jumlah band equalizer yang terbilang cukup banyak untuk sebuah aplikasi audio player, maka pengaturan keluaran suara yang dihasilkan akan lebih sensitif.

  • Built-in sound effects. Dengan fitur ini Anda bisa mengubah efek suara musik yang dihasilkan, efek yang tersedia saat artikel ini ditulis yaitu efek Reverb, Flanger, Chorus, Pitch, Tempo, Echo, Speed.

  • 32-bit sound processing. Dengan fitur ini maka pemrosesan 32-bit pada file audio untuk menghasilkan kualitas suara terbaik, untuk mengaktifkannya dapat diatur dengan mengklikmenu Options > Playing.

  • Voice remover. Fitur ini berfungsi untuk dapat menghilangkan atau meredam suara vokal pada musik sehingga membantu Anda untuk dapat berkaraoke ria. Fitur ini terletak pada DSP Manager.

  • Plugin & DSP (Winamp). Dengan adanya fitur plugin & DSP artinya Anda mampu untuk dapat memperluas fungsionalitas dari player dan selain yang khusus dibuat untuk AIMP, plugin & DSP yang diperuntukan bagi audio player Winamp juga bisa dipakai di sini.

  • Multi-playlist. Dengan fitur ini maka playlist-playlist yang sudah Anda buat, bisa ditampilkan banyak dalam tab-tab, setiap tab tersebut akan secara otomatis menampilkan nama folder, dan bisa juga Anda ganti dengan nama lain sesuai keinginan.

  • Auto arrange playlist. Dengan fitur ini maka saat Anda memasukkan (input) atau drag and drop beberapa folder yang berisi file lagu ke dalam playlist, maka secara otomatis daftar lagu akan diatur menurut nama foldernya. Jika ingin pengaturan lebih lanjut Anda bisa membukanya padamenu Options > Playlist.

  • Internet radio. AIMP mampu melakukan streaming audio dari stasiun/ channel radio online yang Anda sukai, beserta fungsi untuk bisa merekam siaran radio tersebut kedalam format WAV/ WAVE.

  • Information line/ Splash bar. Fitur ini akan tampil ketika musik sedang fitur ini berupa sebuah kotak panjang yang berisi mengenai artis, , judul lagu, ukuran file, bitrate lagu yang diputar.

  • Remember the last state. AIMP akan mengingat keadaan terakhir saat player ditutup, misalkan pada saat Anda sedang mendengarkan lagu sampai menit dan detik sekian lalu Anda tutup playernya, dan nanti pada saat kita menjalankan player kembali secara otomatis lagu terakhir tadi akan dilanjutkan kembali.

  • Audio Library (Ctrl + M). Mengelola kumpulan audio sebanyak apapun dengan cepat dan mudah, ditambah disimpannya data statistik penggunaan tiap file musik, sistem rating, pengelompokan dan pencarian berdasarkan album, artis/ penyanyi, tahun, genre, dan folder biasa dalam format tree.

  • Tag Editor (Ctrl + T). Mengubah, menghapus, & menambah tag, lirik serta album cover dari satu atau banyak file audio sekaligus dengan dukungan format tag beragam (ID3v1, ID2v2, APE, Vorbis, WMA). Terdapat pula sistem pencarian album cover melalui internet (Cover Art Downloader).

  • Audio Converter/ CD Grabber (Ctrl + K). Membantu Anda mengkonversi/ merubah format lagu dari beragam format audio ke WAV/ WAVE, WMA, FAAC, FLAC, MP3, MusePack, & OGG. Kemudian bisa juga digunakan untuk me-RIP file audio CD/ DVD ke dalam format yang sudah disebutkan tadi.

  • Internet Radio Browser. Memudahkan dalam melakukan pencarian stasiun/ channel radio online dari dua situs: Shout Cast & Ice Cast.

  • Sound Recorder (Ctrl + R). Memungkinkan Anda untuk merekam suara dari CD Audio, dari kartu suara, atau dari speaker.

  • Auto shutdown/ Timer. Dapat membuat player secara otomatis menutup atau mematikan komputer setelah waktu tertentu ataupun dari kejadian lain yang ditentukan sebelumnya. Ditambah fungsi alarm yang akan secara otomatis memainkan file musik pilihan ataupun playlist pada hitung mundur waktu yang ditentukan.

  • Multilingual interface. Mendukung banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia.

  • Low on system resources & Fast. Rasanya setelah membaca banyaknya fitur-fitur yang tersedia pastinya Anda berpikir audio player ini akan memboroskan sumber daya komputer, tapi nyatanya tidak demikian. Artem dengan cerdik memisahkan beberapa fungsi AIMP menjadi beberapa komponen/ modul terpisah sehingga hanya dipakai pada saat diperlukan saja, akan tapi tetap terintegrasi & mudah diakses melalui player. Sehingga pemakaian sumber daya benar-benar menjadi efisien, sangat cocok bagi Anda pengguna komputer dengan spek rendah atau Netbook. Lalu Anda akan dengan cepat langsung memainkan lagu-lagu yang ada, tanpa menunggu proses load yang lama.

Dari segi manajemen memori RAM maupun media penyimpanan, AIMP sangat cocok bagi Anda yang memiliki sumberdaya memori RAM dan juga hardisk yang terbatas namun ingin tetap memprioritaskan kualitas suara musik yang didengarkan. [AG]

AIMP 3 & WINAMP.mp4