Software Perekam Video

27 Jun 2012 18:00 | Hits: 12097

Dokumentasikan Bakat dan Aktivitas Anda Melalui Software Perekam Video Ini

Kita pasti tak asing lagi dengan situs YouTube. Situs yang walau baru beberapa tahun populer di Indonesia ini kian hari kian meroket kepopulerannya. Bukan hanya dikenal sebagai gudangnya video yang diunggah dari seluruh penjuru dunia, tapi juga menjadi media pertunjukkan bakat seseorang. Di YouTube siapa pun bisa mengunggah video yang berasal dari mana pun, bahkan video yang dibuat hasil karya sendiri. Apa pun jenis dan konten videonya, YouTube menjadi media bagi siapa saja yang ingin berkreasi dan disaksikan jutaan pasang mata.

Fungsi YouTube tersebut pada akhirnya melahirkan bintang-bintang baru dalam banyak bidang. Sebut saja dalam dunia hiburan, kita bisa mengenal banyak artis yang berasal dari YouTube. Populer karena video yang mereka unggah sendiri menjadi keberuntungan tersendiri bagi beberapa orang. Sebut saja Justin Bieber yang kini namanya kian meroket di dunia musik dunia, di dalam negeri sendiri juga banyak kita kenal artis yang terkenal karena YouTube. Tidak hanya karena kemampuan bernyanyi, bahkan hanya sekedar lips sync kita bisa mengenal nama Sinta-Jojo juga Briptu Norman Kamaru.

Sebenarnya, kepopuleran orang-orang tersebut berasal dari sesuatu yang sederhana. Aktivitas merekan dengan alat-alat yang sederhana dan kemudian mengunggahnya di dunia maya. Apakah Anda termasuk ke dalam orang yang senang atau bahkan baru ingin mencoba merekam video Anda sendiri? Mungkin ketika Anda bernyanyi, karaoke, lips sync, membuat video tutorial dengan merekam aktivias perangkat PC dan laptop Anda, atau mungkin menunjukkan bakat Anda lainnya?

Merekam bukan aktivitas yang sia-sia. Karena dengan begitu, kita memiliki memori tentang apa yang kita rekam. Bagi Anda yang ingin mencoba aktivitas tersebut, Anda bisa mencoba software Debut Video Capture. Software gratis ini memiliki banyak fitur yang bisa membantu Anda dalam merekam momen-momen unik yang ingin diabadikan.

Sebelum Anda melakukan proses pengunduhan, Anda harus meyakinkan bahwa web camera pada laptop Anda sudah terpasang dengan benar. Jika ya, maka software ini bisa Anda download di sini. Setelah selesai mengunduhnya, Anda bisa melakukan proses penginstalan seperti biasa. Jika sudah, buka software Debut Video Capture Anda.

Tampilan dari software perekam video Debut Video Capture ini cukup ramai karena banyak fitur yang berada dalam satu screen. Pada toolbar deretan atas adalah fungsi yang bisa Anda pilih dari Debut Video Capture ini. Tombol Device bisa Anda gunakan untuk merekam seperti biasa aktivitas Anda dengan web camera pada laptop Anda. Jika Anda ingin berkaraoke namun Anda tidak hafal liriknya, Anda bisa membuka lirik Anda atau video lain dan membacanya seperti biasa di layar laptop Anda, tanpa harus khawatir software ini tidak bisa merekamnya. Karena software ini tetap bisa berjalan di latar belakang Anda.

Ada pula tombol Screen yang berfungsi merekam semua aktivitas laptop Anda. Fitur ini biasanya digunakan jika Anda ingin membuat sebuah video tutorial. Fitur ini berjalan cukup baik dan Anda bisa membagi ilmu dan pengalaman Anda dengan orang lain melalui fitur dari software perekam video ini. Jika Anda menginginkan fitur yang bisa melakukan rekaman secara otomatis, maka fitur Schedule bisa membantu Anda. Fitur ini dibuat untuk melakukan proses penjadwalan kapan software ini merekam otomatis aktivitas Anda.

Apa pun yang ingin Anda rekam, Anda bisa melakukannya dengan tombol-tombol perintah di toolbar deretan bawah. Tombol bulat merah untuk mulai merekam, tombol dua garis untuk pause, dan tombol kotak untuk berhenti. Anda bisa mengatur jenis file output yang Anda inginkan. Apakah flv, mp4, bahkan avid dan banyak pilihan jenis file lainnya. Bisa juga menambahkan tulisan dan beberapa grafis tambahan pada hasil rekaman Anda. Ada lagi yang bisa Anda lakukan dengan software ini, yaitu hanya meng-capture layar aktif Anda dan langsung tersimpan dalam bentuk jpg atau png.

Anda pun bisa mengkustomisasikan rekaman Anda di software perekam video ini dengan baik. Dengan fitur Recording, semua pengaturan yang Anda inginkan bisa dilakukan. Anda tak perlu khawatir soal hasil, karena hasil rekaman dari software ini cukup baik. Jika ingin maksimal, Anda tentu harus menggunakan microphone sebagai alat bantu menangkap suara Anda. Selamat merekam. [ZH]