eBook Reader

26 Jun 2012 15:30 | Hits: 1675

LG Wexler Flex One - eBook Reader yang Memiliki Layar Fleksibel

LG Wexler Flex One - eBook Reader yang Memiliki Layar Fleksibel

Di tengah ekspansi tablet yang meluas di pasar penjualan gadget tanah air sebagai gadget high tech yang mampu menggantikan posisi buku dan Netbook, nampaknya eBook reader bisa Anda jadikan alternatif lain selain menggunakan tablet yang memiliki harga yang lebih tinggi. Namun Anda juga harus bisa menerima fitur-fitur eBook reader yang terbatas jika dibandingkan tablet yang bisa menyajikan sisi entertainment selain bisa juga menyajikan bacaan favorit Anda.

Berbicara tentang eBook, memang akhir-akhir ini eBook menikmati sedikit kebangkitan sebagai pesaing tablet yang saat ini sedang mendominasi penjualan gadget canggih. Melihat peluang ini, salah satu vendor besar dari Korea Selatan, LG mencoba peruntungannya dengan menggulirkan eBook terbarunya yang mengusung teknologi e-paper yang terkenal elsatis dan fleksibel. Dan memang eBook yang diluncurkan oleh pihak LG ini memiliki tingkat kelenturan yang bisa dibilang sangat fleksibel untuk ukuran gadget seperti tablet.

eBook dari LG ini pun memiliki ukuran yang sangat tipis dan tidak terlalu terlihat mencolok jika dibandingkan dengan tablet. Tablet fleksibel dari LG ini diperkenalkan kepada publik dengan nama Wexler Flex One. Sebelum Anda terlalu bersemangat untuk meringkuk e-reader ini ke dalam ransel Anda, ada baiknya Anda mengikuti ulasan Paseban berikut ini tentang sepsifikasi yang dibawa oleh Wexler Flex One.

Menyandang nama Flex One, e-reader ini didesain sangat lentur dan hanya memiliki berat 14 gram saja. E-reader ini merupakan produk e-reader pertama LG yang diperkenalkan kepada khalayak ramai dengan mengusung teknologi terbaru yakni layar fleksibel yang sebelumnya hanya masih berupa ide konsep saja. E-reader ini memiliki penampang layar sebesar 6 inci di mana layar pada e-reader ini masih berupa layar monokrom yang memiliki resolusi sebesar 1024 x 768, dan layar pada e-reader inipun telah dilindungi dengan bahan material anti goresan yang menambah Anda merasa nyaman pada saat Anda menggunakan e-reader ini karena tidak perlu khawatir terhadap goresan yang tidak diinginkan yang juga akan memperburuk kondisi e-reader Anda.

Meskipun memiliki embel-embel tablet yang memiliki kemampuan fleksibel, namun tidak berarti Anda bisa melipat tablet ini seperti kertas pada umumnya, Anda hanya bisa menekuknya dan sedikit fleksibel, jadi Anda bisa menggunakan e-reader ini seperti saat Anda membaca koran. E-reader ini memiliki bahan material plastik yang membungkusnya, dan memiliki plastik fleksibel yang terdapat pada layar yang memiliki ketebalan 0.7 mm. Untuk ketebalan dari tubuh e-reader ini sendiri memiliki ketebalan sebesar 0.16 inci. Jika dibuat perbandingan dengan produk e-reader yang diluncurkan oleh Amazon, Kindle Fire, memiliki berat sebesar 213 gram dan memiliki ketebalan sebesar 0,4 inci yang juga akan terlihat gemuk jika disandingkan dengan Flex One. Untuk urusan resolusi pun, Amazon Kindle Fire masih kalah tajam jika dibandingkan dengan Flex One, Amazon Kindle Fire hanya memiliki resolusi layar sebesar 800 x 600 sedangkan Flex One sendiri memiliki resolusi layar sebesar 1024 x 768 seperti yang telah disinggung di atas sebelumnya.

Sedangkan untuk format filenya sendiri, e-reader ini selain mampu menampilkan format-format eBook pada umumnya, e-reader ini juga mampu menampilkan format EPUB dan DjVu, namun masih belum diketahui secara pasti apakah e-reader ini juga mampu unutk menyajikan file yang memiliki jenis AZW atau Amazon Kindle AZW file. Untuk menjelajah menu yang tersedia pada e-reader ini Anda harus masih menggunakan tombol-tombol tradisional yang disediakan pada tablet ini, meskipun e-reader ini didaulat untuk membawa layar sentuh, namun tidak sepenuhnya kendali yang disediakan pada e-reader ini menggunakan layar sentuh, Anda masih bisa menemukan tombol-tombol kendali pada bagian bawah layar e-reader ini. Untuk memori sendiri, e-reader ini dibekali dengan memori internal sebesar 8GB yang bisa menyimpan ribuan koleksi buku Anda.

Untuk harga, Paseban masih belum mendapatkan bocoran resmi tentang berapa harga resmi yang akan dibanderol oleh perangkat barunya ini. [PY]