Microsoft Surface

20 Jun 2012 16:00 | Hits: 2187

Microsoft Surface - Perkenalkan Tablet PC Pertama dari Microsoft!

Microsoft Surface - Perkenalkan Tablet PC Pertama dari Microsoft!

Raksasa komputer dunia, Microsoft, mengakhiri teka-teki keberadaan perangkat mobile tablet PC miliknya bernama Microsoft Surface. Tablet ini terbilang cukup nyaman untuk digenggam. Bisa jadi ide perangkat ini hadir dari para penghuni tim Xbox yang mengetahui sudut genggaman yang nyaman untuk digunakan pada setiap perangkat. Surface dapat dikatakan sebagai tablet ultra portable. Pasalnya di dalam perangkat ini telah dilengkapi WIndows RT dan juga sistem operasi Windows 8. Desain tablet ini mungkin dapat menjadi salah satu desain PC terbaru yang imajinatif dan didesain dengan baik agar para penggunannya merasa nyaman. Melalalui tablet terbaru ini, Anda dapat memanfaatkan layar berukuran cukup besar untuk mencari musik-musik terbaru, film, game dan juga mengeksplor dunia digital di dalamnya dengan kemampuan Windows 8 yang mumpuni.

Tablet Surface ini memiliki dimensi layar perangkat 10.6 inci. Di dalam tablet ini Anda akan mendapatkan dukungan dari Windows RT (ARM) seberat 680 gram dan ketebalan sekitar 9.3 mm. Windows RT merupakan sistem operasi Microsoft Windows yang berjalan untuk perangkat ARM seperti tablet Microsoft terbaru ini. Dengan 9.3 mm besaran ketebalan perangkat, Surface memiliki tingkat ketebalan yang cukup untuk mendukung ukuran port USB, print, share, atau sekadar mengisi ulang baterai perangkat mobile Anda. Sedangkan untuk layarnya berukuran 10.6 inci, Anda akan didukung oleh layar HS widescreen 16:9.

Pihak Microsoft telah menggunakan teknologi layar ClearType HD yang mampu menampilkan performa gambar dan film yang maksimal. Sementara layarnya yang lebar memberikan Anda sudut pandang berbeda yang membuat kawan Anda berbagi beragam hal dengan mudah dan menyenangkan. Keunikan lain yang diberikan layar tablet Surface ini adalah penyesuaian intensitas kecerahan layar secara otomatis baik dalam ruangan tertutup ataupun terbuka.

Selain menjanjikan performa yang maksimal dari sisi layar, Microsoft sepertinya tidak mau berjudi mengenai proses pengetikkan dokumen dan lainnya. Oleh sebab itu, salah satu fitur utama yang akan Anda dapat pada tablet ini adalah kickstand yang berfungsi sebagai keyboard. Ada beberapa produk tablet yang memang telah hadir dengan tambahan keyboard pada paketnya. Tapi Surface menawarkan keyboard yang berbeda.

Kickstand adalah sebutan lain untuk fitur tambahan yang berukuran 3 mm. Cukup tipis dan mudah untuk dibawa. Anda dapat menggunakannya sebagai keyboard ataupun memanfaatkan trackpad sebagai alat navigasi perangkat. Kemampuan lainnya yang Anda dapat dari keyboard ini adalah fitu Touch Cover. Fitur ini mungkin tidak dapat ditemui pada perangkat lain saat ini. Keyboard Surface ini akan memiliki sensitivitas pada sentuhan yang baik. Oleh sebab itu Anda mendapatkan kenyamanan lebih daripada melakukan proses pengetikkan melalui layar. Maka, Anda dapat melakukan perbincangan dengan sahabat Anda ataupun membalas email dengan nyaman melalui perangkat ini.

Tablet Microsoft Surface ini secara resmi diumumkan oleh CEO Microsoft, Steve Ballmer di kota Los Angeles pada 18 Juni 2012. Untuk CPU-nya sendiri, tablet ini akan didukung oleh CPU NVIDIA ARM. Artinya perangkat terbaru dari Microsoft ini akan didukung oleh chip quad core Tegra 3 yang akan Anda temukan seperti pada tablet keluaran Asus, Transformer Pad TF300. Perangkat yang memiliki berat sebesar 676 gram ini akan tersedia dalam dua paket kapasitas, yakni 32GB atau 64GB.

Untuk menangkap momen-momen bahagia, Anda dapat memanfaatkan dua kamera pada perangkat ini. Gunakanlah kamera bagian depan bernama LifeCam untuk melakukan pembicaraan dengan orang-orang yang Anda sayangi. Sedangkan kamera belakang dapat digunakan untuk merekam atau menjepret beragam acara dan kegiatan. Selain itu, bagi Anda yang ingin memiliki pengalaman mendengarkan musik atau menonton film dengan maksimal, pengeras suara stereo dan dual microphone dapat membantu Anda. Selain itu, gunakanlah dual microphone yang ada dan mulai akses akun Skype Anda.

Pihak Microsoft telah mendesain tablet PC produksinya ini dengan casing VaporMg yang dibentuk menggunakan bahan magnesium yang melindungi komponen perangkat dengan PVD. Casing ini mampu melindungi bagian-bagian vital dari teknologi bagian dalam tablet ini. VaporMg memungkinkan magnesium meleleh dan membentuk detail yang dibutuhkan oleh tablet Surface. Microsoft akan membuat dua varian tablet Surface. Pada versi tablet Surface Pro, perangkat ini akan dilengkapi dengan fitur layar FullHD dengan 1980 x 1080. Sedangkan versi Surface biasa, layarnya hanya akan dilengkapi dengan layar HD 1280 x 720 saja. Jika dibandingkan dengan tablet keluaran Apple, iPad 2, tablet Microsoft Surface ini memiliki spesifikasi yang lebih baik. Hanya saja, tablet Microsoft pertama ini masih kalah dalam hal penggunaan teknologi layar Retina dari iPad 2.

Secara keseluruhan tablet ini memiliki tampilan yang cukup menarik. Penggunaan casing berbahan magnesium menjadikan Surface tampak begitu kokoh. Dua varian tablet Surface ini akan hadir dalam versi Windows RT dan Windows 8. Fitur utama pada tablet Surface bersisitem operasi Windows RT adalah fitur Touch Cover yang menarik. Sedangkan pada varian Windows 8, tablet ini memiliki kelebihan pada tampilan penuh layar yang mumpuni. Pihak Microsoft sendiri belum mengumumkan berapa perangkatnya ini akan dijual. [MS]

Surface by Microsoft