Mito A100

03 Jun 2013 23:00 | Hits: 9524

Mito A100, Handphone Android Murah Terbaru

Mito A100, Handphone Android Murah Terbaru

Jika melihat dari harganya yang tidak lebih dari 500 ribu, Mito A100 ini terkesan seperti feature phone tapi jika melihat isi di dalamnya, Anda mungkin akan terkejut karena handphone ini merupakan perangkat yang memiliki sistem operasi Android Gingerbread. Walaupun berbasis Android, harga dari smartphone tidaklah berbohong karena Anda akan mendapatkan smartphone dengan perangkat keras standar semacam prosesor single core 1 GB dan memori RAM berukuran kecil yaitu 256 MB ditambah sistem operasi Android lama pada Gingerbread.

Desain dan Dimensi

Desain Mito A100 ini memang terlihat sangat biasa apalagi ditambah dengan hadirnya antena yang mengingatkan pada ponsel jaman dulu. Berbeda dengan handphone lain yang menggunakan 3 tombol sentuh pada bagian depan smartphone, handphone ini menggunakan 4 tombol sentuh dengan penambahan tombol Search pada barisan paling kanan tombol. Material plastik dengan dominasi warna hitam dan list silver cukup memberikan aksen yang membedakan dengan hp yang lebih murah lagi. Dengan ukuran layar 3.5 inch, dimensi dari ponsel ini bisa dibilang kecil yang terasa pas di genggaman tangan walaupun terlihat sedikit bongsor pada bagian ketebalannya.

Performa dan Layar

Karena masih menggunakan Gingerbread sebagai sistem operasi Android smartphone ini terasa cukup dengan spesifikasi perangkat keras yang terbilang standar. Mito A100 ini dibekali dengan chipset MTK yang mendukung prosesor single core dengan clock speed 1 GB serta memori RAM 256 MB. Spesifikasi ini merupakan spesifikasi standar yang ditemukan pada smartphone ketika pertama kali Android meluncur ke pasaran. Layarnya berukuran 3.5 inch dengan resolusi HVGA yang dirasa cukup mengingat Gingerbread tidak terlalu rewel dalam masalah grafis serta ukuran layar yang terbilang kecil.

Konektivitas dan Memori Penyimpanan

Sayangnya smartphone ini hanya mendukung jaringan sampai EDGE/GPRS sehingga teknologi 3G tidak dapat digunakan oleh smartphone ini. Soal fitur konektivitas lain macam WiFi 802.11 b/g, Bluetooth, dan microUSB untuk transfer data tetaplah dihadirkan untuk memudahkan Anda ketika ingin menggunakan WiFi gratis atau hanya sekedar melakukan transfer data ke perangkat lain. Sama seperti ukuran memori RAM, memori internal pada hp ini berkapasitas kecil yaitu 256 MB tapi untungnya mendukung penambahan memori dari memori eksternal berkat dukungan slot microSD yang mendukung kapasitas memori sampai 32 GB sehingga Anda tidak perlu takut akan kekurangan tempat penyimpanan data-data Anda.

Kamera dan Video Recorder

Walaupun berharga murah, hp ini tetap dibekali kamera walaupun tidak memiliki kamera depan seperti kebanyakan smartphone Android lainnya. Resolusi dari kamera yang terletak di belakang badan smartphone ini tidak diketahui tapi tetap dirasa cukup untuk mengambil foto dengan kualitas standar atau melakukan rekaman video yang tentunya berkualitas standar juga.

Baterai dan Fitur Lain

Sama seperti informasi tentang resolusi kamera yang didukung, baterai yang digunakan pada hp ini juga tidak diberitahu. Melihat dari perangkat keras yang standar serta Gingerbread yang digunakan, kapasitas baterai yang digunakan pastinya tidak terlalu besar dengan estimasi sekitar 1000 sampai dengan 1200 mAh seperti kapasitas baterai smartphone Android kelas pemula. Yang mungkin membuat smartphone Android ini lebih unggul daripada smartphone lain adalah dukungan TV analog yang menyediakan fasilitas untuk menonton TV dengan siaran sesuai dengan lokasi serta frekuensi dari siaran itu sendiri. Fitur ini sangat membantu ketika kita berada di dalam perjalanan jauh maupun di daerah yang tidak memiliki TV untuk menonton.

Harga dan Kesimpulan

Banderol harga yang mencapai Rp 400 ribu untuk sebuah smartphone Android memang masih jarang di pasaran. Meksipun demikian, Anda akan mendapatkan apa yang Anda beli. Hp ini menawarkan sensasi menggunakan sistem operasi Android serta fitur-fitur yang cukup  bagi calon pembeli yang tidak memiliki uang berlebih untuk membeli smartphone Android yang dibanderol di atas Rp 1 jutaan.