Aplikasi Menulis

08 Jun 2013 09:00 | Hits: 774

Latih Gaya dan Kemampuan Menulis Dengan Aplikasi Menulis Slick Write

Latih Gaya dan Kemampuan Menulis Dengan Aplikasi Menulis Slick Write

Menulis adalah sebuah proses menuangkan berbagai gagasan kreatif dalam bentuk bahasa tulis untuk berbagai tujuan, misalnya memberi tahu tentang sesuatu, meyakinkan, atau menghibur, dan lain-lain. Istilah menulis sendiri terbagi dua yaitu yang berjenis ilmiah dan juga berjenis nonilmiah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Menulis adalah sebuah proses membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dsb), anak-anak sedang belajar, melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat). Dengan semakin berkembangnya teknologi maka kita dapat meningkatkan kemampuan menulis menggunakan bebagai jenis aplikasi yang ada, salah satunya yaitu menggunakan layanan aplikasi menulis Slick Write.

Aplikasi menulis Slick Write adalah sebuah aplikasi online gratis yang dapat digunakan untuk mengetes kemampuan kita untuk menulis. Aplikasi ini tersedia juga dalam ektensi pada WordPress Plugin, Ektensi Google Chrome, Add-Ons Firefox, Add-On, Open Office plugin and Libre Office plugin, utilitas ini akan membantu Anda untuk terus meningkatkan kemampuan menulis.

Tidak peduli apakah Anda seorang blogger, penulis, siswa, atau pekerja lainnya, aplikasi Slick Write akan membantu gaya menulis Anda menjadi lebih baik lagi dan menjaga berbagai jenis dari kesalahan penggunaan kata, grammar dalam bahasa inggris, menawarkan penggunaan kata yang benar dengan cara melakukan klik kanan pada teks yang salah tersebut. Aplikasi Slick Write bukan hanya sekedar aplikasi layanan pengecek dan juga perbaikan grammar, tetapi dalam aplikasi ini terdapat sebiah fitur workflow flow, remove useless adverbs, verbs, prepositions in the write-up, dan fitur lainnya yang dapat Anda pergunakan untuk menganalisis seberapa besar kemampuan Anda dalam menulis.

Slick Write juga menawarkan fitur ‘Associator’, fitur ini akan membantu Anda untuk menemukan sebuah asosiasi kata yang tepat secara cepat., Hanya tinggal melakukan highlight pada sebuah kata ata frase yang ada dalam tulisan Anda, dan juga dengan mengggunakan fitur toolbox pop-up. Berikut ini adalah fitur dan kelebihan yang ditawarkan dari aplikasi Slick Write

  • Edit:  Membuka sebuah jendelah lalu menyalinnya kedalam tulisan. Dapat melakukan pengecekan terhadap sebuah dokumen dalam 200.000 karakter.
  • Flow: Melakukan pengecekan terhadap gaya penulisan (checks writing style) dimana didalamnya terdapat juga fitur sentence type flow, sentence length flow dan juga fitur word length flow.
  • Structure: Melakukan pengcekan sebuah struktur kalimat pada saat menulis. Sebagai contohnya adalah melakukan pengecekan apakah sebuah tulisan terlalu panjang atau terlalu pendek.
  • Stats: Fitur ini akan menampilkan sebuah detail dari presentase error yang didalamnya mencakup informasi lengkap mengenai penggunaan kalimat, kata, dan lainnya.
  • Critique: Fitur ini akan menampilkan berbagai jenis kesalahan pada setiap tulisan Anda, untuk memeriksa kesalahan pada tulisan, Anda hanya perlu untuk menggeserkan kursor mouse kearah tulisan/kalimat maka akan muncul pemebritahuan ataupun detail informasi terhadap objek tulisan yang telah Anda sosorot tersebut.
  • Aplikasi ini bekerja sangat baik dan juga akan memberikan hasil yang cukup akurat.
  • Aplikasi ini bebas (free) dan dapat digunakan oleh siapa saja secara online untuk melakukan pengecekan pengejaan tulisan.

Tidak seperti layanan lain dari jenisnya, Slick Write benar-benar sebuah aplikasi yang bebas dapat dipergunakan tanpa instalasi dan juga tanpa batasan waktu. Anda hanya perlu melakukan copy dan paste konten/artikel yang sudah Anda buat kedalam form yang terdapat di halaman website resminya, selain itu Anda dapat mengoreksi konten tulisan secara menyeluruh. Aplikasi ini dilengkapi dengan desain tampilan antarmuka yang user-friendly yang akan memudahkan siapa saja yang ingin menggunakannya.

Aplikasi ini sebaikya dipergunakan untuk melakukan tes kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, karena layanan Slick Write belum menyediakan fitur tulisan untuk bahasa lainnya, nah bagaimana ingin menjadi penulis yang handal ? silahkan untuk mencobanya. Layanan Slick Write kini tersedia dalam WordPress plugin, Chrome Extension and Firefox Add-On, Open Office plugin and Libre Office plugin, dan Anda dapat mengunjugi halaman resminya disini.

Link Download

[AG]