Mobile Mixer

16 Jun 2012 09:00 | Hits: 1267

iRig Mix - Mobile Mixer Pertama Khusus Perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch

iRig Mix - Mobile Mixer Pertama Khusus Perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch

Perangkat mobile telah menambah daftar khazanah berbagai bidang menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu bidang yang banyak terkena penetrasi perangkat mobile khususnya smartphone adalah musik. Proses evolusi dunia musik analog ke digital memang memang waktu yang tidak sebentar. Hingga saat ini dimana teknologi digital telah diadopsi di berbagai bidang, akses untuk membuat sebuah karya atau produk dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Salah satu hal mudah yang dapat dilakukan saat ini adalah menciptakan sebuah aransemen sebuah karya musik. Ada berbagai alat dan aplikasi yang dapat mendukung kegiatan tersebut. Salah satunya adalah perangkat mixing bernama iRig Mix satu ini.

Jika Anda pernah melihat seorang Disc Jockey (DJ) mengaransemen berbagai lagu yang menghasilkan banyak bebunyian elektronik menarik, ia pasti selalu dikelilingi oleh seperangkat alat-alat elektronik pendukung. Mixer adalah salah satu elemen terpenting dalam mencampurkan berbagai lagu agar dapat menjadi rangkaian hentakan dan suara yang mengasyikkan. Jika sebagian besar DJ masih menggunakan peralatan berat dan besar itu untuk membuat sebuah lagu, kali ini para pengguna perangkat iOS dapat memilikinya dalam ukuran yang kecil dan dibantu beragam aplikasi untuk perangkat mobile. iRig Mix merupakan mobile mixer pertama yang hadir untuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch. Alat ini menawarkan kepada Anda proses pengontrolan yang sama seperti mixer yang biasa digunakan para DJ. Biasa yang mixer seorang DJ profesional telah didukung beragam fitur seperti cue, crossfader, kontrol volume suara, equalizer, dan lainnya. Anda akan menemukan kemampuan yang sama dalam iRig Mixer ini, tapi dalam bentuk yang lebih kecil dan mudah untuk dibawa.

Anda dapat memanfaatkan iRig Mix untuk me-mixing lagu dan mendukung segala tipe audio menggunakan perangkat iOS untuk mengatur tempo serta singkronasi beat yang akan dihasilkan. Awal menggunakannya, Anda bertugas mengakses sebuah fitur bernama X-Sync yang akan bekerja untuk mengkombinasikan perangkat iRig Mix ini dengan sebuah aplikasi gratis bernama Dj Rig. Alat ini memungkinkan Anda untuk menggunakan pengaturan DJ biasa dengan menggunakan dua atau satu perangkat saja. Jika menggunakan perangkat iOS saja, kabel output perangkat tersebut disatukan ke dual-mono dan mengaturnya ke dalam channel tersendiri. Anda dapat melakukan pengaturan tersebut dalam beberapa menit sesuai jenis lagu dan tempat. Dengan kemudahan tersebut, Anda dapat membawa mobile mixer ini kemanapun Anda ingin dan mulai me-mixing lagu.

Jika Anda hanya berprofesi sebagai musisi solo dan bukan seorang DJ profesional, iRig Mix dapat menjadi solusi pembuatan karya lagu. Di dalamnya Anda akan menemukan banyak fitur tambahan menarik seperti kemampuan melakukan kombinasi menggunakan layanan aplikasi musik seperti Vocalive dan AmpliTube. Selain aplikasi tersebut, Anda dapat memanfaatkan aplikasi lainnya yang mampu memproses audio secara real-time. Dengan fungsinya yang dapat dibawa kemanapun Anda inginkan, iRig Mix telah memenuhi standar penggunaan daya tahan perangkat yang tidak hanya dilengkapi dengan power supply, namun ada pula pengisian baterai melalui USB.

Ada beragam fitur yang dapat Anda manfaatkan seperti 2 input stereo termasuk gain, bass, kontrol suara, treble, cue, channel LED dan crossfader. Tambahan fitur lainnya dapat dilakukan pada aplikasi perangkat iOS seperti AmpliTube dapat mendukung penggunaan instrument, microphone, dan input tambahan lainnya. Melalui kemampuannya tersebut, perangkat mobile mixer ini memang sengaja didesain untuk memfasilitasi kegiatan mixing virtual melalui sebuah perangkat iOS, dua perangkat, ataupun perangkat iOS yang dikolaborasikan menggunakan perangkat lainnya seperti Mp3 player. Selain itu, ada beberapa channel yang dapat Anda manfaatkan untuk menyambungkan beberapa alat seperti microphone, gitar ataupun bass. iRig Mix inipun memungkinkan Anda untuk meramu dua sumber audio secara real time menggunakan satu perangkat dan dua channel mixer. Caranya, sinyal dari perangkat satu harus dikirimkan melalui channel 1. Kemudian input yang telah didapat dialihkan ke sebauh perangkat dan digabungkan melalui dua sinyal mono yang dikirim kepada tiap channel tersendiri. Jika tertarik menggunakannya, Anda dapat membeli iRig Mix seharga $ 74.99 di sini.

Saat menggunakannya, Anda tidak hanya dapat bertransformasi menjadi selayaknya seorang DJ. Pada dasarnya, alat ini mendukung segala keperluan Anda baik saat berkelompok atau sendiri untuk membuat sebuah aransemen lagu menggunakan alat elektronik digital. Saat Anda menyambungkan kabel sebuah instrumen musik atau sebuah microphone, Anda dapat memanfaatkan perangkat iOS untuk memproses setiap sinyal yang Anda hasilkan saat menyambungkan perangkat melalui channel 1. Sinyal atau bentukan suara yang dihasilkan tersebut akan dikirim dari jack ke pengaturan gain kemudian keluar dari dual channel jack ke perangkat iOS Anda. Melalui cara inilah Anda dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti VocaLive ataupun AmpliTube. Tetapi, alat ini sejatinya harus dipelajari terlebih dahulu cara dasar penggunaannya. Pasalnya bagi Anda yang tidak berhadapan dengan perlengkapan musik ini akan cukup membingungkan untuk digunakan.

Untuk aplikasi-aplikasi pendukung iRig Mix ini Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui iTunes App Store. Beberapa aplikasi yang hadir bersama dan biasa digunakan adalah DJ Rig, Groove Maker, VocaLive, dan AmpliTune. Anda dapat memanfaatkan DJ Rig untuk menghasilkan dan memainkan lagu dari koleksi musik perangkat Anda. Selain itu DJ Rig dapat dimanfaatkan untuk mengatur tempo, dan lainnya. GrooveMaker merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan bebunyian elektronik, dance, dan hip-hop secara real-time. Bagi Anda yang ingin menyisipkan vokal pada lagu yang dimainkan, VocaLive dapat menjadi pilihan menarik. Sedangkan AmpliTube dapat dimanfaatkan untuk merekam suara gitar dan bass secara mobile. [MS]

iRig MIX from IK Multimedia - the first mobile mixer for iPhone, iPod, iPad