Aplikasi Bahasa Jepang

13 Jun 2012 14:00 | Hits: 8131

Persiapkan Test Nihongo Noryoku Shiken dengan Aplikasi Bahasa Jepang JLPT Untuk iPhone Berikut Ini

Persiapkan Test Nihongo Noryoku Shiken dengan Aplikasi Bahasa Jepang JLPT Untuk iPhone Berikut Ini

Bagi siswa maupun mahasiswa yang belajar bahasa Jepang di lembaga formal maupun non-formal, disarankan untuk mengetes kemampuan bahasa Jepangnya melalui sebuah test resmi yang bernama Japanese Language Proficiency Test atau disingkat JLPT. Umumnya, istilah test kecakapan ini lebih dikenal di kalangan pelajar dengan nama Nihongo Noryoku Shiken, diambil dari bahasa Jepang itu sendiri yang ditulis dalam huruf Kanji yaitu 日本語能力試験.

Tidak hanya pelajar, seorang dosen atau guru pun disarankan untuk melakukannya, karena untuk menjadi dosen atau guru salah satu syarat utamanya adalah harus lulus test kecakapan ini. Test JLPT sendiri dibagi menjadi 5 level, setelah tahun 2010 kemarin mengalami perombakan yang asalnya 4 level menjadi 5 level. Level N5 adalah level pemula, sedangkan level N1 adalah level paling tinggi di mana calon peserta test harus menguasai minimal 2000 kanji dan 10.000 kata dalam bahasa Jepang. Test JLPT ini ditujukan untuk mereka yang non-Jepang namun mempelajari bahasa Jepang.

Inisial ‘N’ pada level N1-N5 merupakan singkatan dari Ninhongo (日本語) yang memiliki arti Bahasa Jepang. Soal-soal yang disediakan dalam test JLPT yang rutin diadakan setiap tahunnya ini asli dibuat oleh pemerintah Jepang langsung. Sehingga tidak akan ada kebocoran atau kecurangan apapun dalam prosesnya.

Untuk menunjang test kemampuan yang ketat tersebut, Anda yang mungkin salah satu pelajar yang mendalami bahasa Jepang ataupun yang memiliki minat dalam bahasa Jepang, setidaknya harus mempersiapkan sarananya mulai dari sekarang. Tidak hanya dari buku-buku khusus saja, namun kini Anda bisa menyiapkan materi untuk test Nihongo Noryoku Shiken tersebut melalui sebuah aplikasi.

Aplikasi bahasa Jepang yang menyediakan materi khusus untuk test JLPT ini bisa Anda miliki di perangkat iPhone, iPad maupun iPod Touch Anda secara gratis dan berbayar. Tentunya perbedaannya hanya dari segi kelengkapan fitur saja. Meskipun demikian, bukan berarti versi gratis tidak bagus dan layak untuk digunakan, jika Anda mampu memanfaatkannya dengan baik dan rajin mempelajari bahasa Jepang, kelengkapan pada aplikasi versi berbayar bisa saja sudah ada di otak Anda.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin segera memiliki aplikasi bahasa Jepang JLPT, simak ulasannya terlebih dahulu berikut ini.

JLPT Study FREE

Aplikasi JLPT atau ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Di dalamnya, terdapat banyak fitur, mulai dari materi untuk pengikut ujian level N5-N1. Untuk level N5, tersedia kurang lebih 103 huruf Kanji dan 650 kosa kata dasar.

Dalam aplikasi ini tersedia fitur mode Study yang didasarkan pada interval, karena hal ini akan secara efektif memperkuat memori jangka panjang Anda dalam mengingat kata. Studi interval akan meningkatkan waktu hingga pembelajaran kata berikutnya, dan untuk setiap kata tersebut bisa ditandai dengan tanda ‘sudah diketahui’. Skor akan berkurang jika ada kata yang tidak Anda ketahui, jadi kuncinya adalah sering berlatih agar semua kata dapat Anda ingat tanpa kesalahan.

Metode seperti itu sebenarnya memiliki tujuan, sehingga ketika ada kata yang belum hafal atau lupa, Anda bisa memfokuskan diri Anda dengan kata-kata yang belum hafal tersebut, tentunya dengan diingatkannya kembali kata-kata yang sudah hafal.

Fitur lain yang tersedia pada aplikasi bahasa Jepang ini antara lain:

  • Interval study

  • Dilengkapi dengan berbagai macam Kanji.

  • Pengaturan belajar bisa diatur ke dalam bahasa Inggris, bahasa Jepang dan lain sebagainya.

  • Kecepatan pembelajaran yang bisa dikustumisasi.

  • Termasuk Kanji dalam Vocab ketika memungkinkan.

  • Termasuk Romaji dalam Vocab ketika memungkinkan.

  • Fokus belajar dalam Kanji /Hiragana yang dihubungkan dengan Vocab.

  • Quick review (scroll list)

Anda bisa memiliki aplikasi yang dibuat oleh developer Mathias Navne ini secara gratis dengan mengunduhnya melalui iTunes Store di sini.

JLPT Study

Sama halnya dengan aplikasi JLPT sebelumnya, aplikasi yang harus dimiliki dengan berbayar ini menyajikan fitur yang cukup lengkap. Untuk level N3, materi tidak terpaku pada interpretasi namun disajikan dengan estimasi. Karena N2 juga berisi subset level N3. Berarti ada sekitar 8.500 kata dan 2000 huruf Kanji yang harus dipelajari dan dihafalkan.

Untuk setiap level Kanji umum, sudah tercantum arti dari huruf Kanji itu sendiri untuk memudahkan Anda dalam membayangkan dan menghafalkannya. Satu huruf Kanji bisa dikombinasikan dengan huruf Kanji lainnya hingga menghasilkan kata-kata. Hal ini adalah hal yang biasanya paling sering diabaikan, padahal sangat penting untuk dipelajari.

Daftar kosa kata yang ada di dalam aplikasi ini sudah diperiksa oleh orang Jepang asli yang bernama 作 道 敦 子 (Saku Michi Atsushiko) dengan lebih dari 2500 koreksi dan 2000 tambahan kata majemuk untuk level 1.

Untuk fitur-fitur sendiri, tidak jauh berbeda dengan yang ada di dalam aplikasi versi gratisnya. Dan aplikasi versi berbayar ini diharga sekitar $3,99 yang bisa Anda unduh di iTunes Store di sini. [MG]