Aplikasi Mobile Banking

13 Jun 2012 09:00 | Hits: 20709

Download Aplikasi Mobile Banking Bank BCA, Mandiri, dan BRI Khusus Perangkat Android Ini

Proses transaksi keuangan di era digital saat ini dapat dengan mudah dan cepat dilakukan. Setiap penggunaan perangkat mobile seperti smartphone telah memiliki banyak akses untuk melakukan hal tersebut. Mobile banking atau lebih dikenal dengan M-Banking pada awalnya melayani transaksi dan pengaksesan informasi melalui fitur pesan singkat atau SMS. Hal itu lebih dikenal sebagai SMS banking. Kesuksesan yang diraih para raksasa smartphone seperti Apple dengan iPhone dan Google bersama beragam perangkat Android-nya meningkatkan proses transaksi tersebut. Pasalnya kedua sistem operasi itu memungkinkan banyak bank untuk melayani kliennya langsung melalui perangkatnya. Pada dasarnya aplikasi mobile banking dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan layanan keuangan melalui perangkat telekomunikasi mobile. Anda pengguna Android? Simak ulasan aplikasi mobile Banking untuk perangkat Android berikut ini.

Pemandu SMS BCA

Bank BCA dikenal sering digunakan nasabahnya untuk melakukan banyak transaksi bisnis. Oleh sebab itu bagi pengguna Android yang masuk ke dalam daftar nasabah Bank BCA patut memiliki aplikasi ini. Pemandu SMS BCA merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan banyak transaksi melalui SMS Banking BCA. Di dalamnya Anda hanya cukup menambah dan menulis SMS secara otomatis tanpa perlu menghafalkan format penulisannya terlebih dahulu. Proses tersebut dilakukan sesuai dengan jenis transaksi yang dipilih. Aplikasi ini secara otomatis akan menyusun pesan Anda dengan lengkap. Jika pesan telah tersusun Anda cukup mengirimkannya ke 69888. Selain itu, ada beragam fitur yang dapat Anda manfaatkan di dalam aplikasi mobile banking ini.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Gulajava Ministudio ini dapat menyalin setiap SMS dari SMS Banking BCA. Sementara fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi Pemandu SMS BCA ini adalah cek saldo, mutasi rekening, pemeriksaan nomor undian, pemeriksaan kurs mata uang, dan juga lainnya. Nasabah Bank BCA tentunya memerlukan akses yang mudah di tengah kesibukannya yang padat. Pemandu SMS BCA untuk perangkat Android dapat menjadi opsi menarik untuk digunakan dan hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store di sini.

Aplikasi Mandiri SMS Banking

Gulajava Ministudio rupanya tidak hanya menyediakan aplikasi untuk para nasabah Bank BCA saja. Kali ini para nasabah Bank Mandiri pun dapat menikmati fitur-fitur serupa seperti aplikasi sebelumnya. Mandiri SMS Banking diperuntukkan bagi nasabah Bank Mandiri yang telah mengaktifkan fitur SMS banking pada perangkat smartphone dan akunya. Anda dapat melakukan transaksi dan tidak perlu menghafalkan format penulisan terlebih dahulu. Pasalnya aplikasi ini akan menyusun secara otomatis format penulisan sesuai dengan jenis transaksi yang dipilih. Mandiri SMS Banking ini dapat Anda simpan di dalam media penyimpanan data eksternal atau microSD.

Fitur-fitur yang dapat Anda manfaatkan di dalam aplikasi ini adalah info nasabah seperti cek saldo dan tagihan, pembayaran tagihan, pembayaran transaksi lainnya, serta pengisian ulang pulsa. Aplikasi Mandiri SMS Banking inipun mendukung penggunaan layar perangkat Android yang lebih besar seperti tablet. Setiap SMS yang dilakukan untuk melakukan proses transaksi SMS banking akan dikenakan biaya sebesar Rp. 500 hingga Rp. 800, tergantung operator seluler yang digunakan. Selain itu, aplikasi ini hanya mengirimkan media SMS ke nomor 3355 dan menerima SMS dari nomor yang sama. Oleh sebab itu aplikasi ni tidak pernah mengirim nomor lain. Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi berukuran 1.1 MB ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

Mandiri Mobile

Mandiri Mobile merupakan aplikasi yang resmi dikembangkan oleh PT. Bank mandiri (Persero) Tbk. Aplikasi ini dapat mengakses akun Anda kapan dan dimanapun. Di dalamnya Anda akan menemukan banyak fitur seperti mencari ATM dan kantor cabang terdekat, melakukan transfer uang, membayar tagihan, menerima pembayaran, mengganti nomor PIN Mandiri SMS, dan lainnya. Untuk mulai menggunakannya, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Di dalamnya Anda dapat memilih menu dimana terdapat pilihan 'download full version.' Namun hal itu hanya dapat dilakukan bagi para pengguna Mandiri SMS yang telah teregistrasi.

Selain itu Anda dapat memilih tombol 'activate' untuk melanjutkan proses transaksi keuangan. Untuk melakukan proses registrasi sebagai pengguna Mandiri SMS, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya melalui ATM ataupun mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat dan melakukan registrasi melalui nomor telepon perangkat mobile Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi Mandiri Mobile ini secara gratis melalui Google Play Store di sini.

Mobile Banking BRI

Selain Bank BCA dan Bank Mandiri, salah bank yang telah memiliki jutaan nasabah di seluruh Indonesia ini adalah Bank BRI. Langsung melalui PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk aplikasi Mobile Banking BRI dapat digunakan oleh para pengguna perangkat Android. Mobile banking berbasis SMS ini dapat diakses menggunakan akun Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan melakukan hal seperti tengah menjalankan kantor cabang Bank BRI melalui perangkat smartphone dan melakukan transaksi seperti biasa. Untuk mulai menggunakannya, kunjungilah ATM BRI atau jaringan kantor cabang yang ada, kemudian melakukan registrasi menggunakan nomor telepon perangkat mobile Anda. Di dalamnya Anda dapat mengakses beragam fitur seperti transfer lintas Bank antara Bersama, Prima, dan Link ATM Network. Anda dapat membayar tagihan ataupun mengganti PIN mobile banking BRI dan lainnya. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengunduh Mobile Banking BRI secara gratis melalui Google Play Store di sini.