Partisi Hard Disk

31 May 2013 11:30 | Hits: 2097

AOMEI Partition – Aplikasi Partisi Hard disk Gratis

AOMEI Partition – Aplikasi Partisi Hard disk Gratis

Partisi (bahasa Inggris: partition), dalam sistem berkas dan pengelolaan sarana penyimpanan adalah sebuah bagian dari sarana penyimpanan yang terpisah secara logis yang berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara wujud. Bagi kebanyakan orang, operasi yang berkaitan dengan hard disk dan juga partisi tampaknya merupakan sebuah operasi dan juga hal yang sangat menakutkan bagi sebagian orang karena taket terjadi sesuatu pada sistem operasinya.  Sistem operasi Windows sendiri memberikan fitur built-in yaitu dengan menghadirkan aplikasi utilitas yaitu Windows Disk Manager, namun sayangnya uilitas tersebut sangat sulit dipergunakan bagi sebagian orang karena desain tampilannya tidak nyaman sehingga membuat bingung para penggunanya. Namun saat ini ada solusi yang lebih mudah untuk melakukan berbagai jenis operasi partisi hard disk Anda seperti fitur resize, move, split, extend, copy, create, delete, format, wipe dan juga fitur untuk menyembunyikan partisi (hide partition) dengan menggunakan aplikasi partisi gratis yang bernama AOMEI Partition Assistant Home Edition.

AOMEI Partition Assistant Home Edition merupakan sebuah aplikasi yang dapat Anda pergunakan untuk melakukan partisi hard disk pada berbagai jenis hard disk seperti IDE, SATA, SCSI, Hardware RAID, USB external disks, Fire wire disk dan lainnya. Adapaun keunggulan dari aplikasi AOMEI Partition Assistant pada semua versi adalah sebagai berikut:

- Menambah partisi sistem jenis NTFS tanpa harus melakukan restart komputer/laptop

Memisah partisi dalam sebuah hardisk menjadi beberapa bagian dengan mudah

Menggabungkan dua buah partisi menjadi sebuah partisi.

Membuat, menghapus dan melakukan format partisi dengan mudah

Melakukan konversi file sistem dari FAT menjadi file sistem NTFS

Mendukung penggunaan bahasa Inggris, Jerrman, Perancis, Jepang, Spanyol, Itali dan juga bahasa China.

Jika Anda ingin fitur yang lebih lengkap Anda harus mempergunakan versi berbayar dan perlu Anda ketahui berikut ini adalah fitur yang tidak tersedia pada versi Home Edition:

- Tidak mendukung Dynamic Disks.

Tidak mendukung perubahan maupun konversi hardisk antara MBR dan juga GBT.

Tidak mendukung fungsi Partition alignment.

Adapun fitur yang ditawarkan pada Home Edition adaah sebagai berikut ini

Convenient Wizards

Seperti terlihat pada gambar diatas, pada panel sebelah kiri adalah fitur-fitur yang dapat Anda pergunakan untuk melakukan berbagai jenis operasi pada hardisk. Klik tombol yang ada pada panel sebelah kiri tersebut lalu ikuti pentunjuk pada masing-masing fitur.

Extend System Partition without Rebooting

Melakukan penambahan partisi mungkin akan menimbulkan kekhawatiran pada sebagian dari Anda, entah karena takut terjadi masalah pada sistem operasi, kehilangan data maupun file penting dan berbagai hal lainnya. Namun aplikasi partisi gratis ini dapat membantu Anda dengan mudah. Anda hanya tinggal menggeser-geseran panel scroll ukuran partisi yang akan dibuat maupun dimodifikasi untuk menenetuseperti terlihat pada gambar dibawah tanpa harus melakukan reboot/restart sistem operasi yang akan menyita waktu.

 

Migrasi Sistem operasi dari SSD/HDD

Sistem mengalami crash, terkena serangan virus atau peretas mungkin menyebabkan kerusakan pada sistem operasi yang Anda pergunakan, dengan menggunakan aplikasi AOMEI Partition ini Anda dapat memindahkan sistem operasi yang sedang digunakan ke SSF maupun HDD, sehingga akan memudahkan proses restore komputer milik Anda.

Spesifikasi kebutuhan minimum

- Sistem operasi: Windows 8, Windows 7/XP/2000/Vista and Server 2008/2003/2000 32 bit dan juga versi 64-bit

RAM: 256 Mb

Hard disk: 30 Mb

Processor: Pentium 4 atau versi diatasnya

AOMEI Partition Assistant Home Edition sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk dipergunakan untuk melakukan berbagai jenis operasi partisi khusunya bagi komputer pribadi maupun komputer untuk rumahan, dan jangan terkecoh hanya karena namanya “Home Edition”, fitur home tersebut sudah cukup lengkap dan untuk versi berbayarnya biasanya dipergunakan pada komputer-komputer server yang memiliki ukuran kapasitas hardisk yang lebih besar sehingga jika Anda adalah pengguna komputer rumahan ada baiknya  menggunakan versi Home Edition. Semoga salah satu aplikasi partisi gratis ini dapat memberikan kemudahan untuk melakukan berbagai jenis operasi partisi. [AG]