Nokia Seri C

08 Jun 2012 14:00 | Hits: 12033

Hal Yang Perlu Diketahui Dari Nokia Seri C

Hal Yang Perlu Diketahui Dari Nokia Seri C

Nokia Seri C adalah seri pertama dari ponsel Nokia yang menggunakan sistem penamaan satu huruf seperti N-Series, X-Series, dan E-Series. Ketika pertama kali dikeluarkan, C-Series adalah seri ponsel Nokia yang pertama kali menggunakan platform perangkat lunak dan antarmuka Series 40. Dari sekian seri dengan platform Series 40, Nokia C-Series juga adalah yang pertama yang menggunakan keyboard qwerty. Harganya juga yang paling murah ketimbang seri lain yang menggunakan platform Series 40. Ketika Nokia mengeluarkan ponsel dual-SIM, C-Series adalah yang pertama dari platform Series 40 dengan dual-SIM. Karena memang C-Series ditujukan untuk pangsa pasar smartphone dengan harga murah. Mereka yang membeli smartphone seperti ini biasanya cenderung untuk berganti kartu atau menggunakan beberapa kartu dari operator yang berbeda.

Setiap ponsel C-Series didesain untuk komunikasi data online. Ponsel yang masuk dalam kategori seri ini dilengkapi dengan aplikasi klien email Nokia Messaging atau Ovi Mail. Aplikasi Klien email ini mendukung hingga 10 akun email berbeda. Termasuk push email yang sering digunakan untuk keperluan bisnis, seperti server Microsoft Exchange dan Lotus Notes yang biasanya digunakan untuk komunikasi internal perusahaan. Selain email, ponsel C-Series juga dilengkapi dengan aplikasi dari Nokia yang dapat digunakan untuk mengetahui aktifitas teman atau rekan kerja di berbagai situs jejaring sosial.

Ponsel pertama yang dikeluarkan Nokia dari keluarga C-Series adalah Nokia C5. C5 diumumkan pertama kali pada bulan Maret 2010 dan mulai dirilis pada bulan April tahun yang sama. C5 adalah smartphone yang menggunakan sistem operasi Symbian Series 60 versi 9.3. Menggunakan prosesor ARM 11 dengan clock 600 MHz, smartphone ini sangat bertenaga. Malahan ada tablet baru kelas bawah yang menggunakan jenis prosesor dengan clock yang sama dengan C5. Padahal C5 sudah menggunakannya semenjak 2 tahun lalu. Semenjak dirilis, Nokia telah mengeluarkan beberapa varian C5, Nokia C5-06 yang pada dasarnya sama dengan C5, namun dengan kamera 5 mega pixels. Lalu ada 4 varian lainnya dengan layar sentuh, yaitu Nokia C5-03, C5-05, C5-06, dan C5-04. Tidak terlalu banyak perbedaan spesifikasi antara seri C5 yang berbeda.

C6 adalah smartphone lain dari keluarga C-Series. Biasanya ponsel dengan layar sentuh tidak dilengkapi dengan keyboard qwerty, namun seri C6 menggabungkan keduanya dalam satu ponsel. Sebagian besar fungsi bisa dilakukan dengan layar sentuh. Sementara aktifitas seperti berkirim email dapat dipermudah dengan adanya keyboard qwerty. Hanya ada dua varian C6, yaitu Nokia C6 dan C6-01. Nokia C6-01 mempunyai peningkatan signifikan dari C6. Mulai dari sistem operasi yang menggunakan Symbian^3 yang bisa anda upgrade ke Symbian Belle jika mau. Lalu prosesor C5-01 dengan clock 680 MHz yang lebih cepat ketimbang 434 MHz pada C6. Layar dengan teknologi AMOLED menggantikan layar TFT di C6. Lalu layar C6-01 juga dilindungi dengan gorilla glass tahan gores seperti yang digunakan pada iPhone. Kamera 8 mega pixels dengan 2 buah flash. Sementara C6 mempunyai kamera 5 mega pixels dan hanya satu flash.

Ada dua ponsel yang masuk keluarga Nokia seri C tapi tidak masuk dalam kategori smartphone, yaitu C2 dan C3. Baik C2 maupun C3 tidak dilengkapi dengan sistem operasi Symbian. Meskipun tidak masuk kategori smartphone, namun tetap dilengkapi dengan aplikasi email termasuk push mail yang didukung oleh Microsoft Exchange dan Lotus Notes. Hanya C2 saja yang tidak mendukung push mail. Tapi tetap mendukung email lain yang mendukung protokol IMAP dan POP3. Ada 3 varian C3, yaitu Nokia C3, C3-01, dan C3-01 gold edition. Dari ketiga varian tersebut, hanya C3 yang menggunakan keyboard qwerty.

Nokia C2 adalah tipe Nokia dari keluarga C-Series yang paling banyak variannya. Ada 6 varian mulai dari C2-00 hingga C2-06. Dari 6 varian ini ada 2 yang bertipe candy bar, yaitu C2-00 dan C2-01. Sisanya adalah ponsel dengan tipe slider. Tidak ada varian C2 yang menggunakan keyboard qwerty. Dari sekian banyak keluarga C-Series, mungkin C2 adalah seri paling murah dari keluarga ini. [PN]