Aplikasi Perpusatakaan Gratis

08 Jun 2012 15:00 | Hits: 12203

Instal Aplikasi Perpustakaan Gratis untuk Komputer Anda

Instal Aplikasi Perpustakaan Gratis untuk Komputer Anda

Apakah Anda termasuk orang yang gemar membaca buku dan memiliki banyak koleksi buku? Pasti Anda akan kerepotan untuk mengoraganisir koleksi buku Anda, belum lagi banyak buku yang dipinjam rekan maupun saudara Anda. Jika Anda merasa repot dan kebingungan untuk menata atau mengorganisir daftar buku yang berjibun di rumah Anda, ada baiknya Anda menginstal aplikasi perpustakaan gratis pada komputer Anda.

Aplikasi perpustakaan gratis BookDB2 ini merupakan aplikasi perpustakaan yang paling banyak diunduh dan digunakan oleh para penggemar buku di seluruh dunia untuk mengorganisir koleksi bukunya agar tidak ‘berserakan’. Aplikasi yang merupakan hasil pengembangan dari developer Spacejock Software ini pertama kali diperkenalkan pada beberapa tahun yang lalu yang sampai saat ini sudah melalui beberapa update perbaikan bug pada edisi-edisi yang lalu.

Dengan aplikasi ini Anda dapat memasukkan semua data entry buku Anda berdasarkan penulis, kategori, penerbit dan lain-lain hingga mencetaknnya dalam berbagai bentuk format. Pasti timbul pertanyaan mengapa Anda harus mecetak daftar buku yang Anda miliki? Hal ini sangat membantu untuk menghindari membeli buku yang sama untuk kedua kalinya. Hal tersebut terkadang sering terjadi karena kita lupa telah memiliki buku yang sama dalam jangka waktu yang lama. Untuk itulah mengapa penting untuk mencetak daftar buku yang Anda miliki. Namun jika Anda hafal semua buku yang Anda miliki, maka Anda tidak perlu mencetaknya, hanya menulisnya saja di dalam aplikasi ini untuk mengorganisir buku Anda secara teratur. BookDB2 juga memiliki fitur seperti sistem peminjaman buku di perpustakaan. Hal ini berguna untuk mengetahui siapa saja peminjam buku koleksi Anda yang juga dapat membantu menghindari hilangnya buku Anda.

Penggunaan aplikasi inipun tidak lah sulit, dengan tampilan antar muka yang sederhana, menghindarkan Anda dari ‘tersesat’ yang biasanya Anda alami ketika menggunakan aplikasi yang baru Anda install di dalam komputer Anda. Bahkan pengaturan bahasa pada aplikasi ini juga menyertakan bahasa Indonesia sebagai bahasa aplikasinya dari ratusan bahasa lain yang bisa Anda temukan pada aplikasi ini. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk menggunakan aplikasi ini. Bahkan bahasa Indonesia berada di urutan pertama dari aplikasi ini.

Anda juga dapat mengimpor katalog dari LibraryThing, di mana pada menu ini akan memberikan Anda database lokal yang memudahkan Anda untuk mencari buku koleksi. Namun sebelum menggunakan fitur ini, Anda terlebih dahulu harus membuat akun untuk masuk ke dalam menu LibraryThing. Untuk Anda yang telah memiliki akun, selagi Anda masuk ke dalam menu ini Anda dapat mengklik tombol More dan pilih menu Export as tab-delimited text. Nantinya Anda akan mendapatkan file .xls atau Excel setelah mengklik menu ini, save file tersebut ke dalam komputer Anda. Selanjutnya gunakan Import LibraryThing untuk membaca semua data yang telah tersimpan pada file tersebut.

Dengan aplikasi ini Anda bisa menyimpan lebih dari 3.000 judul buku yang Anda miliki. Jadi jika memang Anda memiliki perpusatakaan pribadi, Anda bisa menggunkan aplikasi ini untuk membantu Anda dalam menyusun semua daftar buku berdasarkan judul, pengarang, kategori atau penerbit buku tersebut. Keuntungan lainnya dari aplikasi ini adalah Anda akan mendapatkan aplikasi ini secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Untuk sistem operasinya sendiri, aplikasi ini mendukung sistem operasi Windows untuk versi 32 atau 64 bit, Linux dan juga pengguna Mac bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk mengatur koleksi koleksi buku Anda untuk menghindarkan dari hilangnya buku Anda akibat tidak diorganisir secara baik. Untuk mengunduh aplikasi perpustakaan ini secara gratis dan tentunya dalam versi penuh atau full version, Anda bisa mengunjungi situs ini. [PY]