Windows 8.1 Blue

28 May 2013 22:00 | Hits: 2000

Siap Bermigrasi ke OS Microsoft Windows 8.1 Blue Terbaru?

Siap Bermigrasi ke OS Microsoft Windows 8.1 Blue Terbaru?

Windows 8 merupakan versi terbaru sistem operasi Microsoft Windows yang diproduksi oleh Microsoft dan penggunaannya khusus untuk komputer pribadi juga termasuk komputer rumah dan bisnis, netbook, laptop, tablet PC, server, maupun PC pusat media. OS ini dihadirkan sebagai penerus Windows 7 yang juga cukup sukses. Kabar terbaru perusahaan Microsoft juga akan merilis kembali OS terbaru mereka, yakni Windows 8.1 Blue. Lalu seperti appa sistem operasi baru ini?

Microsoft Windows 8.1 Blue adalah update terbaru dari sistem operasi Windows 8, namun bukanlah dihadirkan sebagai pengganti. Peluncuran OS terbaru ini kemungkinan dilakukan lantaran sejak pertama muncul banyak sekali keluhan dari para pengguna windows 8, terutama karena hilangnya tombol Start Menu pada dekstop. Hal inilah yang salah satunya justru mengakibatkan penurunan penjualan windows 8 atau juga membuat banyak orang masih bertahan dengan Windows 7. Dan kabarnya Windows Blue atau update OS Windows terbaru ini akan kembali menghadirkan fitur start menu pada tampilan desktop utamanya sebagai alternatif penggunaan Windows 8.

Perilisan Windows 8.1 Blue disampaikan langsung oleh Chief Marketing Officer dan Chief Financial Officer Microsoft Divisi Windows, Tami Reller. Ia mengumumkan pada pidatonya pada acara JP Morgan Global Technology, Media dan Telecom Conference di Boston, Amerika Serikat.

Lalu apa saja yang membuat Windows 8.1 ini menarik dan fitur tambahan apa yang tersedia selain opsi Start pada layar dekstop utama? Sebenarnya OS Windows terbarumasih memiliki kesamaan dengan Windows Phone 8 yang mempunyai kemampuan untuk kustomisasi bentuk layar pembuka.

Pada Windows 8.1 ini juga memiliki fitur swipe di mana penggunanya bisa melakukan multitasking dengan menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Selain itu, windows 8 yang sebelumnya ditujukan bagi pengguna perangkat berbasis touchscreen pada kenyataannya banyak penggunanya yang tetap menggunakan mouse dan keyboard sebagai sistem input. Jadi tidak mengherankan jika pengguna Windows 8 yang merasa kecewa dan harus menginstal software daripihak ketiga dengan layanan lain untuk kembali menghadirkan tombol Start di desktop Windows 8 pada komputer. Disinilah keunggulan OS Windows terbaru karena Anda tetap diberi fitur seperti Windows 7, namun dengan tampilan dan kecanggihan Windows 8 .

Tidak hanya fitur Start pada dekstop, tambahan lainnya adalah kustomisasi homescreen yang dirancang dengan lebih kompleks, serta fitur pilihan pencarian lebih baik dan cepat. Dilansir dari situs Winbeta.org, Windows 8.1 build 9385 yang dikabarkan sudah didistribusikan ke OEM berisi sebuah setting yang dianggap masih baru. Setting tersebut diberi nama 'SystemSettings_User_FingerprintPassword’. Banyak pengamat dan media menganggap bahwa pengaturan baru tersebut berfungsi sebagai fungsi keamanan privasi semacam PicturePassword dan PinPasswordSetting tersebut dapat ditemukan pada OS Windows terbaru di dalam folder C:\Windows\ImmersiveControlPanel\Settings.

Saat ini pada Windows 8 memang sudah tersedia fitur login dengan menggunakan gambar, namun apabila fitur fingerprint unlock pada Windows 8.1 diaktifkan, maka metode login akan semakin banyak dan bervariasi.

Selain beberapa keunggulan dan tambahan fitur seperti di atas, Windows 8.1 tetap sama dengan Windows 8 biasa sebagai pendahulunya. Anda masih akan mendapatkan desain aplikasi Windows 8 UI yang bisa dibuat dengan bahasa pemograman jenis apa saja, baik itu HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dan lain-lain. Selain itu fitur Hybrid Boot yang tersedia untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan melakukan pemuatan pada tiap booting juga masih tersedia.

Windows 8.1 juga tetap kompatibel dengan mesin komputer baik dari Intel, AMD, dan ARM yang khususnya dari perangkat tablet. Fitur recovery baru, refresh dan reset yang menjadi andalan Windows 8 tetap ada. Seperti yang diketahui bahwa refresh akan berfungsi mengembalikan semua file Windows kepada kondisi awal tanpa harus mengubah pengaturan, berkas, maupun aplikasi. Dan reset akan mengembalikan komputer seperti kondisi standar pabrikan.

Meskipun merupakan sistem operasi upgrade terbaru, namun Windows 8.1 akan tersedia secara gratis untuk pengguna komputer dengan OS Windows 8 dengan prosesornya yang berarsitektur x86 maupun komputer Windows RT dengan prosesor berarsitektur ARM. Microsoft yang memberikan OS Windows terbaru secara cuma-cuma sebagai update dapat diunduh dari situs Windows Store. Kabarnya OS Windows terbaru ini mulai tersedia secara resmi pada tanggal 26 Juni 2013. Tanggal tersebut agaknya memang sejalan dengan dimulainya konferensi Microsoft Build 2013 yang dikhususkan bagi para developer perangkat lunak.