Game Asah Otak

31 May 2013 15:00 | Hits: 3071

GeoGebra, Game Asah Otak Jamin Bikin IQ Anda Makin Encer

Sebuah game memang sangat digemari karena memiliki nilai kepuasan tersendiri saat memainkannya. Terlebih lagi game-game yang bersifat edukasi atau mendidik.  Game edukasi yang mampu mengasah otak para gamer untuk dapat memecahkan berbagai masalah atau soal yang telah tersedia pada tool aplikasi game tersebut. Dan tentunya sangat menarik dan bermanfaat untuk dimainkan. Salah satu game asah otak yang direkomendasikan untuk dimainkan adalah game GeoGebra. Kita langsung saja untuk memberi gambaran atau ulasan tentang game GeoGebra yang support di Windows XP/7 ini.

Deskripsi dan Konsep

Game asah otak Geogebra merupakan game matematika gratis yang bersifat open source dan dibuat dengan bahasa Java. Game GeoGebra secara teoritis merupakan sebuah software matematika yang dinamis untuk pendidikan di sekolah menengah yang membahas kombinasi dari ilmu  geometri, aljabar, dan kalkulus. 

Game ini tentunya berkonsep edukasi atau pendidikan dalam bidang matematika yang satu sisinya bisa menjadi sebuah sistem geometri dinamis. Jadi di game GeoGebra ini, Anda dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut serta fungsi dan mengubah hasil konstruksi selanjutnya. Dan juga memungkinkan dapat membuat persamaan dan koordinat yang dapat dimasukkan secara langsung. 

Gameplay dan Controls

Cara memainkan game asah otak GeoGebra ini memang tidak mudah bagi yang pertama kali memainkannya karena game ini lebiih merupakan sebuah permainan yang memainkan rumus matematika tingkat menengah. Yang memainkan game inipun kebanyakan para remaja tingkat sekolah menengah ke atas dan para guru , tetapi game ini tetap bisa dimainkan  oleh berbagai kalangan yang ingin meningkatkan ilmu matematika, terutama aljabar. Intinya game asah otak GeoGebra bisa dimainkan oleh siapapun yang menggunakan geometri, aljabar, dan kalkulus. Cukup fleksibel dan mudah sebagai alat geometri dengan input langsung dari persamaan dan koordinat. Kita dapat membuat titik, vektor, garis, segmen, bagian berbentuk kerucut, dan lainnya. Kita bisa menggunakan kontrol klik, drag, geser dan ketikan huruf dan angka pada mouse dan keyboard dalam memainkan game ini.  Bila Anda kesulitan memainkannyapun  tersedia menu help yang berisi dokumen informasi dalam memainkan game asah otak GeoGebra ini.

Level / Story

Secara interface, game asah otak GeoGebra ini menampilkan toolbar penuh ikon kategori/level unik untuk menambah berbagai benda, termasuk titik, garis melalui dua titik, poligon, elips, angles, objects reflection, dan slider. Pada tampilan awal sama seperti pada aplikasi lain, menu bar GeoGebra berada pada bagian atas terdiri atas menu File, Edit, View, Perspective, Options, Tools, Window dan Help.

Kemudian kita bisa mengklik objek apapun dan kemudian mengklik pada tampilan utama dua sumbu koordinat  membuka kotak dialog  yang memungkinkan kita menyesuaikan dan mengkonfigurasi setiap item lalu kemudian program ini menambahkannya ke salah satu obyek bebas atau list obyek tersendiri.

Setelah kami telah menempatkan sebuah obyek, kita bisa dengan mudah bergerak di sekitarnya. Sebagai contoh, kita mengklik tool untuk menambahkan lingkaran melalui tiga titik dan sebagainya. Dan kita bisa juga memasuki beberapa persamaan sederhana di kotak input game asah otak  GeoGebra dalam tampilan utama bila telah berhasil memecahkan masalah bentuk persamaan.

Di samping itu pula, kita juga bisa menyesuaikan banyak tampilan dan fungsi pada menu Options. Menu Tools untuk membuat dan mengelola atau memanipulasi obyek-obyek  melalui form wizard yang tertampil bila kita meng-kliknya dan setiap kategori yang terdapat  di toolbar terdapat beberapa tool lain yang tersembunyi, untuk menampilkannya kita dapat mengklik tanda panah kecil di bagian kanan bawah setiap kotak tool yang ada di toolbar game GeoGebra ini.

Graphic dan Sounds

Secara graphic, game asah otak GeoGebra ini termasuk sederhana saja tanpa dibekali oleh berbagai efek animasi.  Cukup standar bagi game berjenis edukasi namun cukup merangsang daya pikir bagi yang memainkannya. Dan tidak menemukan sistem efek sounds pada GeoGebra ini.    

Kesimpulan dan Download

Game edukasi yang dirancang untuk kelas matematika ini tidak hanya  cukup menantang dan menarik untuk dimainkan, tetapi juga cukup membantu para guru ataupun pelajar yang ingin meningkatkan ilmu matematikanya dan menyelesaikan pekerjaan  mereka. Game asah otak GeoGebra inipun gratis dan banyak dukungannya yang berupa file pendukung aplikasi dan forum pencinta matematika.  Maka tidak ada salahnya juga bila Anda ikut mencoba memainkannya untuk mengasah dan menajamkan daya pikir dalam ilmu matematika. Anda bisa mendownload game GeoGebra ini di sini dahulu, menginstalnya kemudian pastikan komputer telah terinstal JRE ( Java Runtime Enviroment ) untuk dapat memainkannya. [BAM]