Game Anak Cerdas

11 Jun 2012 08:30 | Hits: 4718

Memilih Game Anak Cerdas untuk Perangkat Android

Memilih Game Anak Cerdas untuk Perangkat Android

Anak yang cerdas tentu saja tidak lepas dari dukungan orang lain khususnya orang tua sendiri. Oleh karena itu, dalam anak-anak cerdas perlu dibantu dalam mengembangkan bakat yang dia miliki. Salah satu caranya adalah dengan membantunya memilih game anak cerdas.

Bentuk game yang mendukung kecerdasan anak ini tentu saja berbeda dengan game yang dimainkan setiap hari. Game-game jenis ini memang sengaja dibuat dengan tujuan untuk lebih meningkatkan daya piker anak Anda. Jadi anak-anak dapat bermain, sambil belajar dan mengasah kemampuan atau bakat yang dimilikinya. Sehingga bakat tersebut bisa lebih berkembang dan anak menjadi lebih berprestasi.

Dalam menentukan game anak cerdas untuk anak-anak tidak mudah. Sebelum memilih lihatlah kondisi anak Anda terlebih dulu. Misalnya anak suka dengan pelajaran matematika atau berhitung, maka sebaiknya pilihkan dia game yang bisa membantunya untuk meningkatkan kemampuan berhitungnya dengan lebih cepat serta hasil yang akurat. Contohnya game tentang penjumlahan dan pengurangan angka yang memerlukan perhitungan matematika. Dijamin, anak akan menyukai dan menikmati permainan jenis ini. Anak-anak juga bisa memperoleh manfaat lebih dari sekedar bermain.

Bila anak suka dengan musik, pilihkan juga jenis permainan yang memberikan dorongan kepada anak untuk mengenal dan memainkan alat musik. Jadi perhatikan pula apa yang disenangi dan diminati oleh anak Anda. Meskipun terkadang berlawanan dengan kehendak orang tua, asalkan mempunyai nilai positif, tetap dukung anak Anda dengan maksimal dan sepenuh hati.

Jangan lupa untuk memperhatikan usia anak juga. Perhitungkan usia anak yang akan memainkan game, sebelum memilih game yang tepat. Jangan sekalipun memaksakan kehendak. Jika anak masih berusia tiga tahun dan terlihat sangat cerdas, tetap berilah di game yang sesuai dengan usianya. Setelah dia bisa menguasai game tersebut, Anda bisa mencoba untuk memberinya game dengan tingkatan yang lebih tinggi. Karena jika langsung diberikan game untuk usia yang diatasnya dapat membuat anak-anak kebingungan.

Berikut Paseban merekomendasikan beberapa game anak cerdas, yang dapat Anda jadikan referensi untuk memilih game yang sesuai dengan minat dan bakat anak Anda. Game-game ini dapat Anda dimainkan di semua perangkat Android dan semuanya dapat Anda unduh sendiri di Google Play secara gratis.

NumNum for Kids

Game ini adalah jenis permainan berhitung untuk anak-anak. NumNum for Kids ini dikhususkan untuk anak antara usia tiga tahun. Dengan game ini dapat melatih anak-anak dalam mengenal angka antara 1-10, tetapi Anda juga dapat meningkatkannya hingga 20 melalui option menu. Untuk memandu anak berhitung dilengkapi pula dengan suara asli dari orang tua, karena dalam aplikasi ini juga sudah termasuk dengan tool perekam. Pertama Anda hanya akan merekam satu file saja, dan pastikan bahwa perangkat Android Anda dapat membaca dan memainkan suara ini. Klik disini untuk mengunduhnya dari Google Play Market.

Kids Paint Free

Bagi Anda yang memiliki anak dengan hobi menggambar bisa mencoba game berikut ini. Kids Paint Free ini adalah program yang terbaik untuk anak-anak. Anak Anda dapat mewarnai maupun menggambar sebuah karya seni dengan berbagai warna. Tersedia juga fasilitas untuk mengambil gambar, import photo dan menyimpan hasil gambar ke dalam photo gallery. Salurkan bakat menggambar anak-anak Anda melalui game Kids Paint Free ini. Anda dapat melakukan upgrade ke full version untuk mendapatkan kanvas gambar yang lebih besar, dukungan multitouch, tablet support dan tanpa iklan. Klik disini untuk mengunduhnya dari Google Play Market.

Kids Preschool Puzzle Lite

Ini adalah sebuah permainan edukasi dan hiburan untuk anak-anak usia preschool dengan grafis yang bagus. Aplikasi ini juga sudah dioptimalkan dan bisa berjalan untuk smartphone dan tablet. Dalam aplikasi ini akan tersedia 20 puzzle. Anak-anak akan diberikan pilihan kategori puzzle mulai dari hewan, makanan, transport, bentuk geometri, angka dan huruf. Setelah itu mereka dapat menyusun puzzle warna-warni tersebut ke tempatnya yang sesuai dan mengungkapkan gambar yang sebenarnya. Klik disini untuk mengunduhnya dari Google Play Market.

Fruits Memory Game For Kids

Ada banyak buah dalam game ini mulai dari apel, jeruk hingga strawberry. Dan yang harus dilakukan adalah menemukan buah yang sama dan mencocokkan mereka. Game yang menyenangkan ini sekaligus membantu untuk melatih kemampuan mengingat. Fruit Memory ini juga membantu mengenalkan macam buah kepada anak-anak disertai dengan gambar dan musik. Tingkat kesulitan game-nya juga telah disesuaikan dengan kondisi anak-anak sendiri. Klik disini untuk mengunduhnya dari Google Play Market. [RK]