Hp Android Indonesia

01 Jun 2012 14:00 | Hits: 6009

Perbandingan Dua Hp Android Indonesia : Tabulet Sparta Vs Nexian Ultra Journey NX-A891

Perbandingan Dua Hp Android Indonesia : Tabulet Sparta Vs Nexian Ultra Journey NX-A891

Persaingan handphone dengan sistem operasi Android tak hanya terjadi pada produk dari luar negeri. Para produsen lokal pun berlomba-lomba untuk menghasilkan produk perangkat Android yang digemari oleh masyarakat luas. Dua produsen lokal yang cukup gencar dalam memunculkan hp Android Indonesia adalah Nexian serta PT Erasa Mandiri Teknosis dengan label Tabulet miliknya.

Dalam kesempatan kali ini, Paseban akan mencoba untuk membandingkan dua handphone Android produksi dua produsen lokal tersebut. Dari Nexian, diwakili oleh hp Nexian Ultra Journey NX-A891. Sedangkan dari PT Erasa, hadir dengan produk handphone Android pertamanya, yakni Tabulet Sparta. Di antara kedua hp Android Indonesia ini, manakah yang lebih menawarkan keunggulan? Simak ulasannya berikut.

Desain

Nexian Ultra Journey datang dengan ukuran panjang 111 mm, lebar 54 mm serta ketebalan 13 mm. Sementara itu Tabulet Sparta memiliki dimensi yang lebih besar. Dengan panjang 116 mm, lebar 62 mm serta ketebalan 12.9 mm.

Layar

Pada bagian layar, hp Android Indonesia dari Nexian ini datang dengan layar sentuh berukuran 3.2 inci dengan resolusi 480 x 520 piksel. Ukuran layar yang dipunyai oleh Tabulet Sparta sedikit lebih besar, yakni layar sentuh berukuran 3.5 inci. Layar ini datang dengan resolusi 320 x 480 piksel.

Performa

Sebagai sebuah handphone Android terbaru, hp Nexian Ultra Journey NX-A891 terlihat tak terlalu fenomenal. Pada bagian sistem operasi, handphone ini hanya menawarkan sistem operasi Android Frozen Yogurt 2.2. Untuk menunjang kinerja handphone, Nexian Ultra Journey ini dilengkapi dengan prosesor single core dengan kecepatan 600 MHz.

Keuntungan lain yang dimiliki handphone ini adalah kemampuannya dalam mengakses jaringan 3G. Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, Anda tetap bisa memanfaatkan jaringan 3G untuk akses internet yang lebih cepat. Tak hanya itu, handphone ini juga datang dengan dual slot SIM card GSM-GSM. Jadi, Anda bisa memakai dua kartu GSM secara bersamaan pada handphone ini.

Paseban menilai, dari segi performa Tabulet Sparta sedikit lebih baik dibandingkan Nexian Ultra Journey. Lihat saja, sistem operasi yang ditawarkan oleh Tabulet Sparta lebih baik dibandingkan dengan Nexian Ultra Journey. Jika Nexian Ultra Journey datang dengan OS Android Froyo 2.2, maka Tabulet Sparta menawarkan OS Android Gingerbread 2.3 yang ditunjang dengan prosesor single core 650 MHz. Kelebihan lain dari Tabulet Sparta adalah pada keberadaan RAM sebesar 256 MB.

Sama halnya seperti Nexian Ultra Journye, Tabulet Sparta adalah handphone Android dual SIM GSM GSM. Anda bisa memakai dua buah kartu GSM dalam handphone ini. Selain itu, akses internet 3G pun bisa dinikmati pada Tabulet Sparta ini.

Kamera

Untuk keperluan pengabadian gambar, Anda bisa memakai kamera 3 MP yang tersemat di bagian belakang hp Nexian Android ini. Kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 2560 x 1920 piksel dan video kualitas QCIF. Pada bagian depan, Anda bisa memakai kamera VGA. Dari segi kamera, kualitas dual kamera milik Tabulet Sparta sebanding dengan Nexian Ultra Journey, yakni kamera primer 3.0 MP dan kamera sekunder VGA.

Baterai dan Memori

Mengenai informasi perihal memori internal, sayangnya pihak Nexian tak menyediakan tentang hal ini. Sedangkan kapasitas baterai Li-Ion yang dipunyai oleh handphone Nexian Ultra Journey ini adalah 1450 mAh. Sementara itu, Tabulet Sparta menyediakan memori internal sebesar 512 MB dan dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan hingga 8 jam.

Kesimpulan

Harga yang ditawarkan oleh Nexian pada handphone ini sangat murah, yakni Rp 950 ribu. Sedangkan Tabulet Sparta berada di kisaran 1 jutaan. Dan, di sini harga memang bicara kualitas. Dengan harga yang sedikit lebih baik, Paseban menilai kualitas Tabulet Sparta sedikit di atas S Nexian Ultra Journey. Kelebihan Tabulet Sparta nampak jelas dari ukuran layar sentuh, dan yang paling mencolok adalah pada performa. Tabulet Sparta datang dengan kualitas OS Android dan prosesor yang lebih baik dibandingkan dengan Nexian Ultra Journey. [MI]