Game Yang Terbaru

28 May 2013 13:30 | Hits: 1016

Konsol Game Yang Terbaru Microsoft; Xbox One Resmi Diluncurkan

Konsol Game Yang Terbaru Microsoft; Xbox One Resmi Diluncurkan

Penantian panjang penggemar Xbox untuk melihat konsol kesayangan mereka memiliki generasi terbaru menjadi kenyataan pada tanggal 21 Mei 2013 ketika Microsoft sebagai pembuat Xbox mengumumkan suksesor Xbox 360 yaitu Xbox One. Konsol game yang terbaru ini dipastikan dibuat untuk menantang rival abadinya, Playstation yang juga baru saja mengeluarkan konsol game terbaru mereka yaitu Playstation 4 dengan spesifikasi perangkat keras yang hampir sama dengan penggunaan prosesor AMD X86 octa core serta memori RAM mencapai 8 GB. Selain itu, Xbox One juga menyediakan New Kinect sebagai motion controller yang didapatkan sepaket.

Deskripsi dan Konsep

Xbox One sendiri merupakan konsol game yang terbaru dari Microsoft yang merupakan suksesor dari Xbox 360 serta menawarkan peningkatan dari sisi spesifikasi perangkat keras sampai fitur baru yang akan ditawarkan. Terlepas dari kesuksesan Xbox 360 yang menjadi konsol game yang paling laris di Amerika, Xbox One ini diharapkan mampu mengimbangi atau bahkan mengalahkan pendahulunya baik dari penjualan di Amerika maupun di dunia yang selama ini didominasi oleh Playstation lewat Playstation 3.

Selain target peningkatan penjualan di luar Amerika, konsol game terbaru dari Microsoft ini diharapkan juga mampu bersaing dengan Playstation 4 seperti saat Xbox 360 bersaing ketat dengan Playstation 3 sebagai konsol terbaik di dunia. Xbox One hadir dengan spesifikasi perangkat keras yang terbilang lumayan dengan penggunaan prosesor 8 core X86 buatan AMD yang awalnya diisukan akan dibuat oleh pihak IBM sebelum AMD mengambil alih.

Dengan dukungan memori RAM 8 GB, performa Xbox One dipastikan mampu bersaing dengan PC dengan spesifikasi high-end untuk memainkan game-game berat yang membutuhkan banyak sekali sumber daya dari perangkat keras. Hadirnya perangkat Blu-ray menjamin game yang dimainkan berkualitas tinggi serta konsol game terbaru ini dapat memainkan keping Blu-ray selain game, seperti video, film, maupun musik.

Memori internal pada Xbox One juga terbilang besar dengan menggunakan harddisk sebesar 500 GB yang cukup disayangkan tidak menggunakan SSD yang jauh lebih cepat serta jauh lebih dingin dibanding dengan harddisk biasa.

Control

Kontroler konsol game terbaru ini tidaklah seperti rumor yang berkembang yang menyatakan bahwa kontroler Xbox One akan sangat berbeda dibanding dengan kontroler Xbox 360 yang terbukti salah. Kontroler Xbox One terlihat sama persis dengan Xbox 360 mulai dari bentuk sampai dengan berat yang relatif sama tapi dengan beberapa perubahan macam tidak ada lagi tombol Start dan Back yang diganti dengan tombol Menu serta pergantian baterai yang sekarang lebih menyatu dengan badan kontroler.

Untuk konektivitas, kontroler ini mendukung teknologi WiFi serta dukungan dengan sensor dari Kinect sehingga kontroler dapat tetap tersambung dengan konsol game terbaru ini. Berbicara tentang Kinect, motion controller ini akan memiliki varian baru ketika dijual dengan Xbox One sebagai satu bundle. Kinect 2.0 menggunakan kamera yang merupakan peningkatan dari Kinect lama yang mampu mengukur kedalaman suatu objek dengan jauh lebih baik serta dukungan aplikasi Skype dengan resolusi 720p.

Graphic dan Sounds

Kerjasama antara Microsoft dan AMD tidak hanya berhenti pada bagian prosesor karena konsol game terbaru ini menggunakan GPU buatan AMD yang diperkirakan diambil dari dasar HD 7790 yang akan didesain ulang untuk menyesuaikan dengan arsitektur yang dimiliki oleh Xbox One. Selain itu rumor yang berkembang juga mengatakan bahwa GPU pada konsol game terbaru ini akan berjumlah dua sehingga performa akan semakin meningkat. Untuk bagian sound sendiri masih belum diketahui apakah kontroler Xbox One memiliki speaker dan audio jack seperti yang dimiliki oleh kontroler Playstation 4 yaitu DualShock 4.

Kesimpulan

Masih terlalu dini untuk menilai apakah Xbox One dapat menyaingi Xbox 360 baik dari sisi penjualan maupun kepuasaan pengguna tapi Microsoft mengharapkan peningkatan yang cukup signifikan dari konsol game terbaru mereka ini. Cukup berat memang mengingat Xbox 360 akan bersaing secara langsung dengan Playstation 4 yang hadir dengan beberapa inovasi terbaru yang tidak dimiliki oleh Xbox One.[BAM]