Perbandingan Smartphone

28 May 2012 08:00 | Hits: 17030

Perbandingan Smartphone BlackBerry, Android, iPhone dan Windows Phone

Perbandingan Smartphone BlackBerry, Android, iPhone dan Windows Phone

Sekarang ini ada banyak merek smartphone yang beredar di industri mobile Indonesia. Semakin hari pembuatnya bertambah dari waktu ke waktu karena semakin hari peminatnya juga semakin meningkat. Smartphone terkenal seperti BlackBerry, iPhone, Android, dan Windows Phone inilah yang banyak digemari.

Dalam artikel kali ini Paseban akan melakukan perbandingan smartphone antara BlackBerry, Android, iPhone, dan Windows Phone. Jika dilihat sekilas semua smartphone tersebut serupa tapi tak sama. Setiap merek memiliki keistimewaan sendiri-sendiri, yang akan menunjukkkan perbedaan yang jauh berbeda satu sama lain.

Berikut ini perbandingan smartphone tersebut ditinjau dari segi kelebihan dan kelemahannya. Mungkin dengan hasil komparasi ini akan dapat membantu menentukan pilihan smartphone yang sesuai dengan keinginan Anda.

BlakBerry

BlackBerry merupakan produk buatan Research In Motion (RIM). BlackBerry adalah smartphone bisnis yang dilengkapi dengan ratusan aplikasi yang tersedia di BB App World.

Keistimewaan BlackBerry terletak pada Messenger-nya, sehingga smartphone satu ini disebut sebagai mobile instant messenger. Meski sebenarnya messenger ini juga tidak terlalu unggul jika dibanding dengan messenger lain yang sekarang sudah banyak tersebar seperti Whatsapp, Viber dan Skype.

Aspek bisnis smartphone BlackBerry ini terlihat dari serangkaian fitur keamanan yang ditawarkan seperti enkripsi data dan smartcard. Dilengkapi dengan fasilitas push-mail, yang memungkinkan Anda untuk membuka email dengan cepat melalui smartphone secara otomatis. Tapi tampaknya sistem operasi lain juga sudah banyak yang menawarkan fitur yang sejenis.

BlackBerry adalah smartphone untuk komunikasi real time. Jika Anda menginginkan ponsel multifungsi dengan fitur chatting maka BlackBerry adalah pilihan yang tepat. Smartphone ini juga cocok digunakan untuk semua umur dan profesi.

Android

Android merupakan sistem operasi besutan Google Inc yang berbasis Linux. Android menyediakan platform yang terbuka bagi para penggunanya untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri. Syarat dan ketentuan bagi para pengembang aplikasi di Android jauh lebih ringan daripada Apple, sehingga wajar jika sekarang aplikasinya lebih banyak dari Apple. Browser yang dimiliki Android tergolong cepat, termasuk saat membuak website dengan flash. Produsen penyedia smartphone ini juga banyak sekali seperti Samsung, HTC, Motorola, LG, dan lain-lain.

Sayangnya, Android memiliki fungsi pencarian yang kurang akurat dan masih banyak ditemukan aplikasi yang kurang berguna. Untuk membeli aplikasi berbayar pada Android market juga hanya bisa dilakukan menggunakan kartu kredit.

Pilihan terhadap Android jatuh bila Anda menyukai smartphone multifungsi dengan browser yang baik. Android biasanya banyak digunakan di kalangan mahasiswa, eksekutif, profesional, pegawai, dll.

iPhone

iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS adalah smartphone buatan Apple yang sangat populer. iPhone unggul dalam hal penggunaan sistem yang mudah dan aplikasi third party yang selalu konsisten dengan Apple. Dengan adanya iTunes membuat pengelolaan file di iPhone semakin mudah ditambah dengan pencarian aplikasi di App Store yang hingga saat ini masih menjadi yang terlengkap. Salah satu keistemewaan iPhone adalah sebagai mobile multimedia player yang terbaik.

Meskipun iPhone terkenal sebagai smartphone yang user-friendly dengan interface-nya, iPhone kurang fleksibel dalam dalam melakukan penyesuaian tertentu bagi penggunanya. Interkoneksi di iPhone juga lumayan merepotkan. Pihak Apple tampaknya memang tidak merancang iPhone untuk saling menukar lagu atau video ke sesama penggunanya dengan mudah.

Jika Anda sedang membutuhkan multifungsi handphone digandeng dengan fungsi game player, photo viewer, music player dan video player, iPhone adalah pilihan yang sempurna untuk entertainment.

Windows Phone

Sepertinya belum banyak yang tahu bahwa Microsoft juga memiliki sistem operasi untuk ponsel yang diberi nama Windows Phone. Aplikasi Windows Phone sangat jauh berbeda dengan iPhone dan Android. Jumlah aplikasinya juga masih tergolong sedikit karena memang masih baru di industri sistem operasi ponsel.

Yang menarik dari Windows Phone ini, user interface nya yang modern dan relative berani sehingga tampak berbeda dengan lainnya. Diferensiasi ini sengaja dilakukan agar terlihat berbeda diluar pesaingnya. Namun hal ini belum tentu mendapat respon positif apalagi untuk pengguna yang sudah terbiasa menggunakan iPhone dan Android. Selain itu, Windows Phone memiliki document explorer yang lebih mudah dan ringkas.

Karena memang masih baru, banyak potensi pada mobile platform ini yang belum optimal. Misalnya aplikasi third-party tidak bisa berjalan di latar belakang, tidak ada folder, dan akses multimedia yang harus melalui Zune.

Windows Phone adalah smartphone untuk keperluan office yang handal. Pilihan terhadap Windows Phone akan sangat tepat jika Anda menyukai smartphone dengan fungsi dokumen editing.

Ringkasan

BlackBerry adalah smartphone instant messenger yang paling detail. Android memiliki mobile internet browser yang paling solid dibanding lainnya. iPhone unggul dalam multimedia player yang dimilikinya. Sementara itu, Windows Phone adalah smartphone dengan document explorer yang paling komprehensif.

Dengan perbandingan smartphone diatas, jika Anda menginginkan fitur yang lengkap maka mempunyai smartphone lebih dari satu bukanlah hal yang berlebihan, mengingat adanya banyak perbedaan dari tiap smartphone. [RK]