Tablet Android Murah

21 May 2012 18:00 | Hits: 7662

Duel Tablet Android Murah, Axioo Picopad vs SpeedUp Pad Ice

Duel Tablet Android Murah, Axioo Picopad vs SpeedUp Pad Ice

Pasar penjualan tablet Android di tanah air tidak melulu didominasi oleh para vendor besar kenamaan. Tidak sedikit vendor lokal yang ikut terjun ke dalam pembuatan tablet Android murah. Kita tengok saja Axioo yang sukses dengan produk Netbook dan laptopnya yang sekarang mencoba peruntungan di pasar tablet Android dengan mengeluarkan Axioo Picopad. Selain Axioo juga hadir vendor lokal lainnya SpeedUp yang juga mencoba peruntungan dalam pasar tablet PC dengan produk barunya SpeedUp Pad Ice. Dengan ditanami sistem operasi terbaru Android Ice Cream Sandwich, manakah di antara kedua tablet Android murah ini yang lebih unggul dalam hal performa?

Dimensi

Jika ditilik, kedua tablet Android murah ini memiliki bentuk bodi yang hampir sama. SpeedUp hadir dalam balutan plastik dengan warna putih disekujur tubuhnya, sedangkan Axioo Picopad datang dengan balutan plastik berwarna hitam dibagian depan serta putih polos pada bagian belakang. Axioo Picopad sendiri memiliki dimensi 192 x 122 x 11 mm. Sedangkan SpeedUp Pad Ice memiliki dimensi 176.4 x 110.5 x 13.2 mm yang mana pada kategori ini SpeedUp lebih unggul dibandingkan dengan Axioo Picopad karena memiliki dimensi yang lebih kecil jika dibandingkan.

Layar

Sama-sama mengusung layar 7 inci, kedua tablet Android ini juga sama-sama mengusung resolusi layar yang setingkat. Axioo Picopad membawa layar sebesar 7 inci yang memiliki resolusi 800 x 480 piksel dan telah mendukung fitur multitouch yang memberikan Anda pengalaman yang menyengankan ketika bermain game atau hanya sekedar menonton video.

Sementara itu, SpeedUp Pad Ice juga mengusung layar 7 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel dengan fitur multitouch. Namun sayangnya, kedua tablet Android murah ini tidak dilapisi oleh Gorilla Glass untuk melindungi layar dari goresan yang rentan terjadi dan tidak diharapkan oleh pengguna tablet.

Performa

Baik Axioo maupun SpeedUp, keduanya didukung dengan sistem operasi Android yang sama, yakni Ice Cream Sandwich yang masing masing memiliki dapur pacu yang berbeda. Axioo Picopad didukung dengan prosesor single core 1.2GHz dan RAM sebesar 512MB. Sedangkan untuk SpeedUp Pad Ice hanya mampu menggunakan prosesor single core yang dengan speed clock yang berbeda dengan Axioo Picopad, SpedUp hanya mampu memboyong prosesor dengan speed clock sebesar 1Ghz saja dan RAM 512MB. Untuk urusan performa ini, Axioo Picopad lebih unggul dibandingkan dengan SpeedUp.

Multimedia

Kedua tablet Android ini absen dari hadirnya kamera yang biasanya merupakan aksesoris wajib bagi tablet. Namun meskipun tablet Android ini tidak menyertakan kamera untuk urusan fotografi, Anda masih bisa menikmati sisi multimedia yang ditawarkannya.

Axioo Picopad bisa Anda gunakan sebagai pemutar musik yang mampu memutar musik yang memiliki jenis file AAC, APE, M4A, MP3, OGG, WAV dan WMA. Tidak hanya musik, Axioo Picopad juga mampu memutar video yang disajikan dalam format 3GP, AVI, DIVX, MP4, MPG dan WMV. Untuk konektivitas, Axioo Picopad mengandalkan Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth A2DP kabel USB dan MicroSD sebagai daya simpannya.

Untuk SpeedUp Pad Ice sendiri, juga mumpuni untuk memutar musik yang memiliki format di antaranya M4A, MP3, OGG, WAV dan WMA. Sedangkan untuk video, SpeedUP mampu memutar video yang memiliki format 3GP, AVI, FLV, M4V, MKV, MP4, MPG dan WMV. Untuk konektivitas, SpeedUp mengandalkan koneksi WiFi 802.11 b/g Bluetooth A2DP dan juga microSD sebagai media penyimpanan.

Kesimpulan

Kedua tablet Android ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika Anda menginginkan tablet dengan desain yang stylish dan fitur hiburan yang mendominasi, maka SpeedUp merupakan pilihan yang tepat untuk Anda, namun sebaliknya jika Anda menginginkan tablet yang memiliki prosesor yang mumpuni, maka Axioo Picopad merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. [PY]