BlackBerry Curve 8530

19 May 2012 17:00 | Hits: 25108

Adu Ponsel Pintar Dengan Jaringan CDMA, BlackBerry Curve 8530 vs Smartfren Andro

Adu Ponsel Pintar Dengan Jaringan CDMA, BlackBerry Curve 8530 vs Smartfren Andro

Sistem operasi ponsel pintar tidak hanya selalu didominasi oleh ponsel yang berjalan pada jaringan GSM saja. Ada beberapa ponsel yang mengusung sistem operasi ponsel pintar namun berjalan pada sistem jaringan CDMA. Salah satu penggagasnya adalah ponsel dari RIM, yaitu BlackBerry Curve 8530, ponsel yang dikenalkan pada tahun 2009 ini mengusung jaringan CDMA saat pertama kali launching.

BlackBerry Curve 8530 berhasil mempertahankan gelarnya sebagai tren ponsel pintar dengan jaringan CDMA di dalamnya, hingga pada beberapa waktu lalu sebuah ponsel pintar yang berjalan pada sistem Android yang juga sama-sama berjalan pada jaringan CDMA pun meramaikan pasar ponsel pintar untuk CDMA dan sekaligus menjadi pesaingnya. Ponsel Android yang berjalan pada jaringan CDMA ini diusung oleh vendor lokal Smartfren yang memperkenalkan Smartfren Andro HS-E910 yang sejatinya ponsel ini merupakan ponsel produksi dari Negeri Tirai Bambu, yang bernama Hisense.

Dan pada tulisan kali ini, Paseban tertarik untuk mempertemukan kedua ponsel pintar ini yang masing masing pihak saling mengunggulkan produknya, RIM dengan BlackBerry Curve 8530 dan Smartfren dengan Smartfren Andronya, manakah di antara kedua ponsel ini yang lebih unggul?

Dimensi

Kedua ponsel ini jika ditilik dari bentuk dimensi memiliki perbedaan yang mencolok, BlackBerry Curve 8530 yang mengusung bodi QWERTY memiliki dimensi 109 x 60 x 13.9 mm dan berat total yang mencapai 106 gram. Sedangkan Smartfren yang mengusung bentuk bodi candybar memiliki dimensi debesar 125.5 x 64 x 10.8 mm dan memiliki berat total yang mencapai 150 gram. Untuk kategori dimensi ini, Smartfren harus mengalah dengan BlackBerry Curve 8530 yang memiliki dimensi dan berat total yang ringan.

Layar

Untuk pencitraan layar, BlackBerry Curve 8530 mengusung layar TFT yang masih memiliki kekuatan sebesar 65 ribu warna dengan ukuran 320 x 240 piksel dan layar sebesar 2.46 inci yang memiliki kekuatan piksel sebatas 163 ppi. Sedangkan untuk Smartfren, memboyong layar sentuh berjenis IPS sebesar 4 inci, Smartfren mampu menyajikan 16.7 juta ragam warna dengan resolusi WVGA 480 x 800 piksel. Untuk pencitraan layar, Smartfren lebih unggul dibandingkan BlackBerry Curve 8530, karena mampu menyajikan ragam warna yang lebih tajam dibandingkan layar pada BlackBerry Curve 8530.

Performa

Untuk sistem operasi yang diusung, keduanya menjagokan sistem operasi yang ditanamkan oleh vendor masing-masing, BlackBerry Curve 8530 mengandalkan BlackBerry OS 5.0 yang hanya ditemani dengan prosesor single-core yang memiliki kekuatan 528 MHz. Sedangkan Smartfren Andro mengusung sistem operasi Android 2.3 Gingerbread yang bisa di-upgrade ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan sudah dibekali dengan prosesor 1 GHz sebagai dapur pacunya dan untuk memperlancar aplikasi dan program lainnya, Smartfren dibekali dengan RAM sebesar 512 MB.

Smarftren Andro juga dilengkapi dengan GPU Adreno 200 yang telah mendukung akselerasi hardware tiga dimensi untuk mengoptimalkan penggunaan game. Pada kategori performa ini, BlackBerry Curve 8530 harus kembali mengakui keunggulan dari Smartfren Andro yang memiliki performa yang lebih unggul ketimbang yang dimiliki oleh BlackBerry Curve 8530.

Kamera

Pada sektor fotografi, BlackBerry Curve 8530 dilengkapi dengan kamera yang memiliki kekuatan 2MP tanpa lampu flash serta fitur autofocus. Begitupula yang dimiliki oleh Andro, Andro telah dilengkapi dengan kamera beresolusi 3.2MP tanpa lampu flash serta fitur autofocus. Untuk kamera, Andro lebih unggul dibandingkan dengan BlackBerry Curve 8530, namun memiliki kualitas kamera yang sama, karena sama-sama tidak melengkapi dirinya dengan pengaturan standar kamera.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, BlackBerry Curve 8530 memiliki konektivitas CDMA2000 1xEV-DO pada jaringan CDMA yang telah mendukung layanan 3G, namun apabila belum mendukung adanya jaringan 3G, BlackBerry Curve 8530 hanya akan memiliki konektivitas sebesar CDMA 800/1900. Sedangkan untuk Andro sendiri memiliki keonektivitas sebesar CDMA 2000 1xEV-DO Rev A 800 Mhz. Untuk konektivitas, tergantung dari penyedia layanan operator yang mendukung tidaknya koneksi yang disediakan.

Kesimpulan

Setelah dilakukan perbandingan antara BlackBerry Curve 8530 dan Smartfren Andro, maka bisa disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memboyong BlackBerry Curve 8530 jika Anda lebih mementingkan urusan bisnis, namun jika Anda ingin mencicipi Android dengan rasa CDMA maka Smartfren Andro bisa Anda jadikan pilihan yang tepat. [PY]