NSP Korea

10 May 2012 18:00 | Hits: 6910

Ayo Download NSP Korea untuk Indosat dan Telkomsel

Ayo Download NSP Korea untuk Indosat dan Telkomsel

Musik asal Negeri Gingseng kini menjadi salah satu musik yang paling digemari oleh remaja di Indonesia, bahkan musik Korea Pop atau K-Pop sudah memiliki penggemarnya tersendiri. Tak jarang kini di radio atau televisi di Indonesia sudah ada yang memutar bahkan ada program tangga lagu sendiri untuk musik K-Pop.

Tersebutlah Super Junior, boyband yang paling populer. Baru-baru ini mereka pun menggelar konsernya selama tiga hari berturut-turut di Indonesia, Paseban sendiri sudah pernah membahas aplikasi Android Super Junior beberapa waktu yang lalu. Selain Super Junior, ada boyband lain yang penggemarnya tak kalah fanatik dengan Elf (penggemar Super Junior) seperti 2pm, SHINee, Big Bang, JYJ dan yang terbaru EXO. Muncul juga girlband Korea yang juga punya basis fans yang cukup kuat seperti Girls Generation, Wonder Girls, 2NE1, Sistar atau yang lainnya.

Entah apa daya tarik musik K-Pop ini, yang jelas penggemar musik K-Pop dikenal sebagai fans yang fanatik. Mereka rela mengikuti pre-order yang dipesan jauh-jauh hari sebelum launching dengan harga selangit. Mereka juga mengumpulkan pernak-pernik yang berhubungan dengan idolanya, seperti Light Stick, Photocard, Poster, Kaos atau foto-foto mereka. Anda yang mungkin bagian dari mereka sudah menganggap wajar jika melakukan hal-hal tersebut, satu yang mungkin Anda lewatkan yakni, sudahkah Anda mengaktifkan nada sapa pribadi atau NSP Korea di handphone Anda?

Terlewatkannya NSP Korea sendiri mungkin dikarenakan pihak operator yang jarang mengiklankan mengenai NSP tersebut, apalagi genre musik ini hanya untuk kalangan tertentu saja. Namun, bagi Anda penggemar musik Korea, informasi NSP Korea ini akan sangat berharga. Nah, pada artikel inilah Paseban secara khusus akan membahas NSP Korea untuk operator-operator yang ada di Indonesia.

Setelah Paseban menelusuri halaman web resmi masing-masing operator, Paseban hanya menemukan dua operator saja yang menyediakan NSP Korea, yakni Telkomsel dan Indosat. Sementara untuk operator lain, seperti XL, 3 dan Axis, Paseban masih belum menemukannya. Yang jelas, Anda sebagai penikmat NSP jangan harap masing-masing operator akan menyediakan lagu Korea secara lengkap atau tidak selengkap genre musik lainnya.

Telkomsel

NSP Telkomsel yang dikenal dengan NSP 1212 menyediakan beberapa pilihan NSP Korea yang bisa Anda unduh. Beberapa NSP Korea yang bisa Anda pilih adalah Super Junior (Mr.Simple, Bonamana, Sorry Sorry, Superman dan Acha), Girls Generation (My J, Snowy Wish, Genie), MBLAQ (Oh Yeah, U & I, Y, G.O.O.D Luv), 2 PM (Hands Up, Don't Stop Can't Stop, Thanks You) dan beberapa musisi Korea terkenal lainnya.

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa menuju website http://nsp.telkomsel.com dan lakukan login menggunakan username Anda. Uniknya, ada beberapa pilihan durasi dalam mengaktifkan NSP Korea ini, yakni 3 hari (Rp 500), 7 hari (Rp 3000), 14 hari (Rp 5000) dan 30 hari (Rp 9000). Anda juga bisa langsung mengirimkan SMS dengan cara mengetikkan RING[spasi]ON[spasi]kode NSP dan kirim ke 1212. Tentu harga tersebut langsung dipotong dari saldo pulsa Anda.

Indosat

Berbeda dengan Indosat, dari segi database lagu, Paseban bisa mengatakan Indosat lebih banyak mempunyai database I-Ring Korea (sebutan untuk nada sapa Indosat) jika dibandingkan dengan NSP Korea untuk operator Telkomsel. Sebut saja untuk musisi Super Junior, selain single-singlenya di atas, Indosat juga menyediakan judul lain seperti Endless Moment, Lovely Day, U atau Destiny. Dan ada pula musisi baru yang tidak ada di NSP Korea Telkomsel seperti CNBlue, Trax, F(x), atau T-ara.

Untuk mengaktifkannya, salah satunya Anda bisa mengaktifkannya lewat SMS dengan cara mengetikkan SET[spasi]KODE LAGU untuk tarif bulanan (Rp 5500 untuk aktivasi + Rp 5500 untuk perpanjangan) atau ketik MG[spasi]KODE LAGU untuk tarif bulanan (Rp 2900 untuk aktivasi + Rp 2900 untuk perpanjangan).

Kesimpulan

Dari dua layanan baik NSP Korea Telkomsel ataupun I-Ring Korea Indosat, masing-masing tentu terdapat kekurangan dan kelebihannya. Di layanan I-Ring Indosat Anda akan menemukan lebih banyak pilihan musisi yang bisa Anda download, sedangkan untuk NSP Korea Telkomsel meski hanya menyediakan beberapa musisi saja, namun Telkomsel menyediakkan durasi waktu yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Indosat. Dari segi harga. Keduanya tidak terpaut jauh, namun lebih murah untuk Telkomsel. Jadi mana yang Anda pilih? [HJ]