Kelebihan PlayStation 4

21 May 2013 20:30 | Hits: 1839

Inilah Keunggulan dan Kelebihan PlayStation 4 Yang Akan Diluncurkan

Inilah Keunggulan dan Kelebihan PlayStation 4 Yang Akan Diluncurkan

Apakah Anda sudah tidak sabar untuk menantikan kehadiran PlayStation 4? Tampaknya Anda harus tetap sabar karena memang pihak Sony belum menjelaskan kapan tanggal tepatnya peluncuran konsol ini. Ada kemungkinan Sony meluncurkan PlayStation 4 dengan tanggal khusus, atau bisa saja berbarengan dengan event Electronic Entertaiment Expo. Dari pada menebak-nebak tanggal yang belum tentu, ada baiknya Anda mengetahui mengenai apa saja kelebihan PlayStation 4.

Karena merupakan konsol generasi terbaru, tentunya PlayStation 4 mempunyai banyak keunggulan dan kelebihan dibandingkan pendahulunya, PlayStation 3. Hingga saat ini, Sony memang cukup berhasil membuat banyak gamer terkesan dengan beberapa informasi mengenai desain, fitur, performa, spesifikasi dan tampilan PS4 ini. Memang, Sony tidak semuanya membocorkan mengenai PlayStation, namun publik sudah cukup bisa menebak seperti apa kecanggihan dan kelebihan PlayStation 4. Berikut di antaranya:

  • Spesifikasi yang tinggi

Banyak orang yang menganggap PlayStation 3 mempunyai spesifikasi yang sangat mumpuni, dan tampaknya PlayStation 4 dibuat untuk mengunggulinya. Sony merancang PlayStation 4 menggunakan prosesor CPU 8-core X86-64 AMD, dengan teknologi teknologi APU serta ditambah memori GDDR5 dan memori 8GB serta hard drive internal. Namun, meskipun demikian spesifikasi ini justru sempat diremehkan oleh salah satu perusahaan peangkat keras Nvidia.

Senior Vice President Nvidia, Tony Tamasi pernah menyatakan bahwa spesifikasi demikian justru masih berada dalam lingkup CPU low end. Pernyataan tersebut justru berbanding terbalik dengan pernyataan beberapa developer game, mereka menganggap bahwa PlayStation 4 layak dianggap sebagai personal komputer dari kelas high end. Perubahan arsitektur dari PS4 tersebut membuat banyak developer bahagia karena dari sudut pandang teknis ada kelemahan fatal dari PC, yakni perangkat keras yang harus disesuaikan dalam jumlah hampir tak terbatas. Itulah mengapa konsol Sony ini dianggap sebagai PC kelas tinggi.

  • Fitur-fitur pendukung konektivitas

Seperti halnya sebuah komputer dan perangkat modern saat ini, PlayStation 4 juga banyak disematkan fitur konektivitas. Dengan dibekali RAM sebesar 8 GB, PlayStation menyediakan beberapa port berguna seperti USB 3.0 terbaru, konektivitas internet melalui kabel maupun wireless, port  HDM outputAV analog serta optical audio. Kabarnya memang PlayStation 4 akan dijual dengan bonus headset modern.

  • Kontroler yang modern dan canggih

Kelebihan PlayStation 4 lainnya adalah pada fitur kontroler yang dianggap menjadi salah satu yang tercanggih. Sony belum lama ini merilis sebuah video yang memamerkan tentang fitur canggih dari alat pengendali atau kontroler dengan teknologi  Dual-Shock 4 (DS4) yang akan menjadi pendamping konsol PlayStation 4. Pihak Sony mengklaim bahwa mereka telah meningkatkan segalanya, termasuk stik analog dan sensitivitas. Dan yang membuatnya unik adalah fitur panel touchpad yang terletak persis di atas kedua stik analog. Fitur ini dapat dioperasikan secara multitouch gesture, yakni dengan ibu jari atau juga jari telunjuk untuk memberi input tambahan saat Anda sedang bermain.

Tidak hanya itu, ternyata kontroler PlayStation 4 juga diberi speaker mini di bagian tengah, speaker ini diklaim mampu memperkaya efek suara ketika bermain. Masih kurang?  Anda bisa melihat adanya lampu berwarna di bagian depan kontroler, fitur lampu tersebut dapat menunjukkan pemain mana yang sedang mengendalikan sebuah sisi layar dalam sesi 2-player splitscreen. Jika Anda ingin memamerkan game yang sedang dimainkan, bisa memanfaatkan tombol Share khusus  yang dapat digunakan untuk merekam video maupun melakukan screenshoot seperti Anda menekan tombol prt sc pada laptop.

  • Harga yang terjangkau

Siapa bilang untuk memiliki konsol game modern harus mengeluarkan biaya yang ekstra? Inilah salah satu yang menjadi keunggulan PlayStation 4, di mana harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Meskipun masih menjadi isu, namun sudah banyak media online yang mengabarkan bahwa PlayStation hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 3,6 juta. Harga tersebut agaknya memang bisa saja benar, dan akan lebih menarik lagi jika sudah satu paket.

  • PS4 bukan untuk menggantikan PS3

Mungkin Anda menganggap bahwa PlayStation 4 dirancang untuk menggantikan PlayStation 3. Hal ini justru salah kaprah, karena menurut pihak perusahaan Sony konsol ini dibangun untuk menjadi keluarga baru PlayStation, bukan untuk saling menggantikan. Hal ini seperti ketika Sony membuat PS Vita maupun PSP. [ALX]