Motorola Fire XT

03 May 2012 14:00 | Hits: 6668

Paseban Ekslusif Review Motorola Fire XT530

Motorola Fire XT 530 merupakan salah satu keluaran baru dari Motorola di Indonesia. Handphone ini diluncurkan oleh pihak Motorola Indonesia pada awal April 2012 lalu. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, yakni berkisar di harga Rp 1.4 juta. Pada kesempatan kali ini, Paseban berhasil melakukan review handphone ini secara ekslusif. Berikut ulasannya.

Desain

Handphone Motorola Android terbaru, Motorola Fire XT memiliki desain yang sederhana. Handphone ini tampil dengan bodi yang hampir keseluruhannya terbuat dari plastik. Dilihat dari bentuknya, handphone ini tampil dengan desain candybar dengan layar full touchscreen. Terlebih bahan karet yang dicampur dengan plastik dibagian belakang cover ponsel membuat Anda akan merasa nyaman dalam menggenggamnya.

Di bagian pinggir ponsel, terdapat lengkungan yang memberi kesan elegan pada handphone ini. Sedangkan di bagian atas, Anda akan menemukan jack earphone 3.5mm bersama dengan tombol power untuk menyalakan ponsel. Di bagian samping sebelah kiri, terdapat port micro USB yang bisa digunakan untuk charging dan memindahkan file dengan kabel data. Sedangkan di bagian bawah, Anda tidak akan menemukan tombol apapun, namun di bagian kanan, terdapat tombol stand by dan tombol volume yang bisa dimanfaatkan ketika mendengarkan musik atau melakukan panggilan.

Display

Handphone Motorola Fire XT ini tampil dengan layar berukuran 3.5 inci. Layar full touchscreen yang terbuat dari LCD TFT ini menunjang tampilan 256 ribu warna dengan resolusi HVGA 320 x 480 piksel. Dengan resolusi layar yang dihadirkannya tersebut memang memiliki kesan yang cukup baik dan tidak terlalu menyilaukan ketika dipandang, namun menurut Paseban faktor kecerahannya masih sedikit kurang maksimal.

Interface

Permasalahan antar muka mungkin menjadi hal yang banyak dipertimbangkan. Handphone Motorola Fire XT ini menggunakan antar muka Moto Switch seperti pada kebanyakan smartphone Motorola lainnya.

Anda bisa melakukan personalisasi terhadap lima halaman homescreen dengan berbagai item yang bisa ditambahkan seperti widget, wallpaper maupun shortcut sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan beberapa aplikasi default bisa Anda temui di Motorola Fire XT ini, antara lain seperti Android Market/Google Play Store, Browser, Camera, File Browser, Gmail, Google Search dan sebagainya.

Untuk melihat berbagai aplikasi yang dimiliki, Anda bisa melihatnya dengan menekan tombol menu utama yang ada di bagian kanan bawah. Di sana banyak terkumpul aplikasi yang diurutkan berdasarkan abjad. Namun Anda juga bisa mengelompokkanya sendiri berdasarkan kategori, seperti Office, Game dan sebagainya.

Untuk mengaskes cepat Android Market yang kini bertransformasi menjadi Google Play, Anda bisa menemukan ikon market app tersebut di bagian kanan atas. Sehingga Anda tidak perlu susah payah mencarinya ketika banyak aplikasi yang dikoleksi di ponsel Motorola Fire XT Anda.

Prosesor

Motorola Fire XT menawarkan prosesor single core 800 MHz. Kecepatan prosesor yang sama juga bisa Anda temukan pada Samsung Galaxy Young. Paseban menilai, performa handphone Motorola Fire XT ini cukup bagus. Dengan harga yang ramah dengan kondisi budget, handphone ini memberikan kualitas yang mumpuni.

Hal yang paling mencolok dalam hal performa adalah ketika Anda melakukan swipe layar. Akan terasa ada sedikit tampilan yang blur seperti bayangan ketika beralih dari satu tampilan ke tampilan yang lainnya. Kehadiran RAM sebesar 512 MB pun tak terlalu banyak membantu. Meskipun demikian, lag-lag yang terjadi tidak terlalu mengganggu kinerja ponsel.

Messaging, Internet dan Konektivitas

Mengetik menggunakan Motorola Fire XT menjadi hal yang cukup menyenangkan, apalagi Motorola menyediakan tiga pilihan input di antaranya Moto input method, Multi-touch keyboard dan Swype. Ukuran layar terasa pas ketika mengetikkan SMS, email maupun sebuah catatan. Terlebih ketika Anda menggunakannya dalam mode portrait.

Untuk berinternet, Anda bisa menggunakan browser default yang ditawarkan oleh Motorola Fire XT ini. Hasilnya, tak terlalu istimewa. Paseban mencoba untuk terhubung ke internet memakai jaringan WiFi dengan bandwidth mencapai 2MBps. Hasilnya, cukup lama sekali dalam memuat sebuah situs web version.

Kamera dan Multimedia

Kamera 5MP dengan resolusi 2592 x 1936 piksel yang tersemat di bagian belakang Motorola Fire XT menjadi salah satu kelebihan dari handphone ini. Ketika membuka fitur kamera, akan terdengar bunyi klik seperti pada ponsel Motorola pada umumnya. Untuk kulitas yang dihasilkan oleh kamera primer Motorola Fire XT inipun terlihat cukup baik, namun dalam beberapa kondisi seperti di dalam ruangan hasilnya sedikit kurang tajam.

Namun bagi Anda yang merasa masih belum professional dalam mengambil gambar, Anda bisa memanfaatkan tombol kamera two-step yang berada di pinggir ponsel. Hal ini berguna untuk memfokuskan objek yang akan dibidik sebelum melakukan pemotretan.

Untuk melakukan perekaman video sendiri, Motorola Fire XT menyediakan kualitas kamera VGA dengan resolusi 640 x 480 piksel dan framerate 24fps. Bagi Anda yang senang mengabadikan momen-momen penting melalui video mungkin akan merasa kecewa, karena ponsel ini hanya mengijinkan Anda merekam dengan batas waktu 30 menit saja dalam mode 3GP. Terlebih kecerahan dan ketajaman warna vintage yang dihasilkannya kurang maksimal, Paseban merasa seperti sedang bernostalgia dengan masa 70-an.

Berikut ini adalah beberapa gambar yang diambil oleh Paseban dengan berbagai mode, seperti mode indoor, outdoor serta pada malam hari.

Paseban Ekslusif Review Motorola Fire XT530

Paseban Ekslusif Review Motorola Fire XT530

Paseban Ekslusif Review Motorola Fire XT530

Pada handphone Motorola Fire XT, seperti kebanyakan ponsel middle-end lainnya Anda akan menemukan fitur-fitur hiburan menarik seperti Radio FM dan Music Player. Hanya saja, Motorola memiliki kelebihan dalam fitur Radio FM di mana Anda bisa melakukan streaming radio internet, menonton video klip yang diambil dari YouTube, serta fitur-fitur lengkap lainnya yang tidak akan Anda temukan di ponsel lain.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kualitas yang ditawarkan oleh Motorola Fire XT ini terbilang bagus. Dengan harga yang murah, Anda bisa merasakan sensasi menggunakan sistem operasi Android Gingerbread 2.3.4 dengan cukup baik. Terlebih kualitas gambar yang ditawarkan oleh handphone inipun lebih baik dibandingkan dengan handphone dengan kisaran harga yang setara. [IB/MG]

Berikut Sample video yang diambil dari Motorola XT Fire secara langsung:

Paseban: Motorola Fire XT Sample Video