Kata i1

22 May 2013 06:00 | Hits: 2632

Kata i1, Android Dual Core Murah Dengan RAM Besar

Kata i1, Android Dual Core Murah Dengan RAM Besar

Android Dual Core murah semakin merebak masuk ke Indonesia, salah satunya Kata i1 (ai wan). Mungkin merk Kata belum terdengar kencang di Indonesia, tetapi produk Kata i1 ini berkantor pusat di Amerika, tetapi dibuat di China. Ketertarikan Amerika untuk mengembangkan pasar Kata di Asia Tenggara mulai gencar sampai akhirnya  PT Tranz Global Utama Indonesia menghadirkan untuk pasar Indonesia. Android Dual Core yang kali ini dikeluarkan Kata i1 memiliki operating system Ice Cream Sandwich, lalu apa yang menjadi lebih spesial?

Desain

Kata i1 mempunyai dimensi 132 x 67 x 10.25mm  dengan berat 148g . Desain membulat di keempat sisi dengan material plastik terdapat pada Kata i1, dilengkapi tombol power di bagian kiri atas dan tombol volume serta port USB di bagian kanan. Smartphone ini hanya tersedia satu macam warna, bagian depan berwarna hitam serta bagian belakang berwarna putih.

Pada bagian belakang yang berwarna putih terdapat kamera di sudut kiri atas lengkap dengan flash. Lensa kamera yang menonjol harus membuat pengguna berhati-hati karena rentan tergores. Pada bagian belakang bawah terdapat tulisan Kata dengan simbol ikan, sedangkan di bawahnya lagi terdapat 2 lubang speaker.

Layar

Layar yang terdapat pada Kata i1 berukuran 4,5 inch dilengkapi dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel dan 245 ppi yang membuat layar semakin enak digunakan dan terlihat premium. Selain itu layar sentuh Kata i1 mempunyai 5 titik sentuh, sangat mampuni untuk digunakan bermain game.

Hardware

Operating system pada Kata i1 adalah Ice Cream Sandwich,  disematkan pula pada Kata i1 chip prosessor buatan Mediatek MT6577 dengan 1,2 gHz dual core dan PowerVR SGX531 GPU. Yang membuat lebih spesial Kata i1 mempunyai RAM berukuran 1 GB, RAM berukuran cukup besar membuat leluasa menggunakan saat memainkan aplikasi yang berat sehingga jarang terjadi force close. Selain itu disediakan juga memory internal sebesar 4GB, 2 GB untuk sistem dan 2 GB bisa kita gunakan untuk penyimpanan. Selain itu Kata i1 bisa ditambahkan juga memory external micro sd maksimal sebesar 32 GB.

Internet dan Konektivitas

Kata i1 ini mempunyai 2 slot SIM card, pada SIM card pertama bisa digunakan untuk jaringan Tri-Band 3G WCDMA 850 / 1900/ 2100 MHZ sedangkan untuk slot SIM kedua bisa untuk Quad-Band GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 MHZ. Selain itu Kata i1 sudah support Wi-Fi: 802.11 b/g/n, Bluetooth 2.1 + EDR, GPS (Support GPS, AGPS) dan bisa digunakan untuk mendengarkan Radio FM.

Kamera

Terdapat dual kamera pada Kata i1, kamera depan berukuran 1,3 Megapiksel, sedangkan kamera belakang 8 Megapiksel yang dilengkapi flash dan auto focus serta bisa merekam video 720p HD. Selain itu beberapa fitur mode di dalam kamera Kata i1 cukup menarik, dalam kamera mode kita diberikan mode Normal, Auto scene detect, face beauty, smile shot, Best hot, EV bracket shot, 4 shot, 8 shot dan 16 shot.

Untuk shooting mode kita dibekali single shot, Panorama, dan Multi-angle shot. Selain itu kita dibekali color effect yang beragam, seperti Sepia, Mono, Negative, Aqua, Blackboard dan Whiteboard. Untuk scene mode yang terdapat pada kata i1 pun cukup beragam, seperti Auto, Night, Sunset, Party, Portrait, landscape, Night portrait, Theatre, Beach, Snow, Steady photo, Fireworks, Sports dan Candle light.

Baterai

Baterai yang terdapat pada Kata i1 hanya berukuran 1600 mAh dengan waktu bicara 5 jam dan standby 500 jam.

Kesimpulan

Harga yang ditawarkan sangat pas, dibawah 2 juta kita bisa mendapatkan Android Dual Core dengan ukuran RAM yang besar dan layar 4,5 inch dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel dan 245 ppi. Untuk hasil kamera yang cukup memuaskan dan Smartphone ini jarang sekali laggy pantas untuk dijadikan rekomendasi bagi yang ingin mencari ponsel Android Dual-Core berfitur lengkap dibawah 2 juta rupiah. [HAN]