Cara Melacak Nomor Hp

25 Apr 2012 15:30 | Hits: 69197

HLR Look Up - Bantu Anda Menemukan Cara Melacak Nomor Hp Lewat Android

HLR Look Up - Bantu Anda Menemukan Cara Melacak Nomor Hp Lewat Android

Saat ini penggunaan handphone di Indonesia tidak terbatas pada kalangan tertentu. Masyarakat ekonomi menengah ke bawah pun kini bisa menggunakan hp, mengingat harga hp sendiri yang memang terjangkau. Murahnya harga hp inipun diikuti pula oleh anjloknya harga nomor perdana hp operator, ditambah lagi dengan persaingan operator yang menawarkan promo telepon, SMS atau berinternet murah.

Secara tidak langsung, murahnya harga nomor perdana hp tersebut saat ini membuat orang jahil menyalahgunakan nomor tersebut untuk kepentingan mereka sendiri. Pasti Anda sering mengalami menerima SMS yang berasal dari nomor asing masuk ke hp Anda, atau bahkan nomor asing tersebut sering missed call sembarangan, tentu ini sangat mengganggu Anda bukan?

Paseban sebelumnya juga pernah membahas cara melacak nomor hp yang dimuat di sini. Nah, pada pembahasan kali ini, Paseban mencoba memberikan tips mengenai cara melacak nomor hp dengan menggunakan aplikasi Android yang bernama HLR Look Up.

Cara melacak nomor hp ini tentu Anda butuhkan, terutama bagi Anda yang sering diisengi atau Anda yang merupakan seorang customer shop online untuk menghindari kemungkinan terburuk karena satu-satunya bentuk komunikasi shop online adalah melalui hp atas dasar saling kepercayaan. Dengan aplikasi HLR Look Up, Anda akan terbantu untuk melacak nomor hp.

Aplikasi HLR Look Up memang Paseban rekomendasikan untuk Anda, pasalnya aplikasi ini memang dikhususkan untuk area di Indonesia. Cara penggunaannya pun sangat mudah, untuk menemukan cara melacak nomor hp, Anda cukup memasukkan nomor telepon ke dalam kolom yang telah disediakan dengan cara mengetikkannya langsung atau memasukkannya dari buku telepon.

Setelah dilakukan pencarian, maka aplikasi ini akan menunjukkan lokasi tempat di mana pemilik nomor hp tersebut terregistrasi atau yang biasa disebut dengan HLR (Home Location Register). HLR sendiri adalah sebuah database pusat yang berisi rincian dari setiap pelanggan operator. Jadi pada setiap kartu SIM terdapat pengenal unik yang disebut IMSI yang merupakan kunci utama untuk setiap record HLR.

Namun untuk aplikasi yang satu ini masih terbatas pada lokasi. Ya, jangan tertipu karena aplikasi ini hanya menampilkan tempat registrasi nomor hp tersebut, bukan identitas dari pemilik nomor hp. Memang untuk masalah rincian sejumlah informasi pribadi dari pemilik nomor tersebut seperti nama, alamat, umur, posisi merupakan masalah yang menyangkut privasi dan jangan harap Anda akan mendapatkannya dari aplikasi ini.

Saat ini aplikasi yang akan membantu Anda untuk menemukan cara melacak no hp ini mendukung untuk semua operator yang ada di Indonesia, seperti Telkomsel baik Simpati, As, Indosat (IM3, Matrix, Mentari, Starone), XL, Three (3), Axis, Esia, Smartfren, Flexi serta Ceria.

Aplikasi yang membantu Anda menemukan cara melacak nomor hp ini tersedia secara gratis dan langsung bisa Anda unduh di Google Play Store. [HJ]