Samsung Galaxy Y CDMA

20 Apr 2012 17:00 | Hits: 17391

Adu Android CDMA: Samsung Galaxy Y CDMA vs Smartfren Andro HS-E910

Adu Android CDMA: Samsung Galaxy Y CDMA vs Smartfren Andro HS-E910

Setelah melengkapi pasar GSM, Android juga gencar terjun ke pasar ponsel CDMA yang memiliki peminat yang lumayan tinggi. Sebut saja Samsung Galaxy Y CDMA dan Smartfren Andro HS-E910. Bagaimana jika kedua ponsel tersebut dibandingkan? Manakah yang akan lebih unggul?

Dimensi

Samsung Galaxy Y CDMA memiliki dimensi 104 x 58 x 11.5 mm dan berat yang mencapai 97.5 gram. Sedangkan pihak lawannya Smartfren, memiliki dimensi sebesar 109.8 x 60 x 12 mm dan dengan berat 109 gram. Untuk kategori dimensi dan bobot, Samsung Galaxy Y CDMA masih bisa mempertahankan gengsinya karena memiliki bobot yang lebih ringan dan dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan lawannya.

Layar

Kedua layar ponsel ini sama-sama mengusung layar capacitive touchscreen, namun berbeda fitur teknologi yang diusungnya. Samsung Galaxy Y CDMA mengusung teknologi layar TFT dengan ukuran layar sebesar 240 x 320 piksel dengan 256 ribu warna dan lebar layar yang mencapai 3.0 inci. Sedangkan lawannya, Smartfren mengusung teknologi layar IPS Display dengan 16,7 juta warna Grid Vertikal, dan ukuran layar yang mencapai 480 x 800 piksel dan lebar layar yang mencapai 4.0 inci. Untuk pencitraan layar, Samsung Galaxy Y CDMA harus mengakui keunggulan lawannya yang memiliki teknologi yang lebih canggih ketimbang dirinya.

Performa

Kedua ponsel ini sama-sama mengusung sistem operasi Android 2.3.5, namun untuk urusan persenjataan, keduanya memiliki persenjataan masing masing. Samsung Galaxy Y CDMA mengandalkan performa CPU hingga 600 MHz, GPU Adreno 200 dan RAM yang sebesar 286 MB. Berbeda dengan lawannya, Smartfren Andro HS-E910 justru lebih maju dibandingkan Samsung Galaxy Y CDMA. Smartfren sudah mengandalkan CPU sebesar 1GHz serta GPU Adreno 200 3D yang mendukung akselerasi 3D serta diperlengkap dengan RAM sebesar 512 MB, Anda bahkan bisa melakukan upgrade ke Ice Cream Sandwich. Kali ini untuk performa Smartfren telah menanggalkan sedikit demi sedikit gengsi yang di usung oleh Samsung Galaxy Y CDMA.

Baterai dan Memori

Untuk daya tahan, Samsung Galaxy Y CDMA menanamkan baterai Li-ion 1200 mAh, sedangkan Smartfren menanamkan baterai Li-ion 1630 mAh. Untuk memori penyimpanan, Samsung Galaxy Y CDMA hanya mampu menampung memori sebesar 2GB, dan untuk Smartfren mampu menampung sebesar 32GB pada ponselnya. Untuk kategori terakhir ini, Smartfren lagi-lagi mampu menjatuhkan rivalnya Samsung Galaxy Y CDMA.

Kesimpulan

Sama-sama bersaing di area CDMA, kedua ponsel ini bersaing dengan sengit untuk mendapatkan konsumen CDMA dengan mengusung sistem operasi Android yang tengah melambung saat ini. Namun dari hasil komparasi yang telah dilakukan tersebut, Samsung Galaxy Y CDMA hanya unggul pada kategori dimensi, sedangkan sisanya berhasil dikuasai oleh Smartfren bahkan Smartfren mampu melakukan upgrade ke Ice Cream Sandwich.

Untuk harga sendiri, keduanya hampir memiliki banderol harga yang tidak jauh berbeda, Samsung Galaxy Y CDMA mematok harga Rp 1.175.000, sedangkan Smartfren dibanderol dengan harga Rp 1.483.000,-. [PY]