PS Vita

17 May 2013 11:45 | Hits: 3372

Kelebihan PS Vita Yang Harus Anda Ketahui

Kelebihan PS Vita Yang Harus Anda Ketahui

Secara resmi, PlayStation Vita diperkenalkan kepada publik pertama kali pada event Electronic Entertaiment Expo tanggal 6 Juni 2011 yang bertempat di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Namun perilisan perdana baru dilakukan pada bulan Desember 2011 di Jepang, kemudian disusul pada bulan Februari 2012 di Amerika Utara, Eropa, Rusia, dan Australia. Perilisan terakhir dilakukan di Kanada pada bulan Oktober 2012 untuk versi koneksi 3G. Perlu Anda ketahui, rincian dimensi PS Vita adalah 83.55 mm (3.289 in) (h), 182 mm (7.2 in) (w) dan 18.6 mm (0.73 in) (d) dengan berat 260 grams atau 9.2 oz untuk versi WiFi dan 279 grams atau sekitar 9.8 oz untuk versi 3G. lalu sebenarnya, apa saja kelebihan PS Vita ini? berikut kami tuliskan selengkapnya, sebagai bahan referensi Anda sebelum membelinya:

Desain untuk kenyamanan

Meskipun dihadirkan sebagai penerus PS Portable, namun jangan kira kedua konsol ini dibuat dengan bentuk desain yang sama atau minimal sedikit sama. Kali ini Sony Computer Entertaiment merancang PlayStation Vita dengan lebih mengutamakan kenyamanannya. Anda bisa lihat bahwa dengan PS Vita memiliki lekukan yang dibuat khusus agar saat dipegang oleh tangan pemain akan tetap terasa nyaman. Selain itu, dengan bentuknya yang cukup terkesan tipis, PS Vita ini dapat dengan mudah Anda bawa kemana pun serta dimainkan kapan saja.

Ukuran dan kualitas layar

PS Vita dirancang dengan ukuran lebar 7,2 inci serta tinggi 4,4 inci. Sedangkan untuk bagian layarnya, konsol ini mempunyai layar yang cukup besar disertai resolusi gambar yang lebih bagus dibandingkan PSP. Bagaimana tidak? PlayStation Vita sudah menggunakan layar sentuh OLED berukuran mencapai 5 inci dengan resolusi hingga 960 x 544 pixel. Jadi kesimpulannya, ukuran dan kualitas layar PS Vita jauh lebih unggul dibandingkan PSP. Selain itu, karena PS Vita sudah menggunakan layar sentuh (touch screen), maka untuk menggeser dari halaman satu ke halaman lainnya cukup dilakukan dengan menggesernya dengan jari. Sedangkan untuk menutup aplikasi maupun game cukup dengan menekan tombol PS dengan disertai usapan jari.

Navigasi untuk pengoperasian yang berbeda dengan PlayStation 3

PS Vita memiliki navigasi yang berbentuk pilihan icon-icon bulat dan bisa bergerak-gerak jika Anda menggeser-geser layar, seperti pada smartphonr. Setiap game atau aplikasi yang Anda buka akan tertera di tampilan geser ke kanan serta dapat membuka aplikasi lebih dari satu dengan cara bersamaan.

Tersedia 2 versi konektivitas internet

Saat diluncurkan, PSP hanya dihadirkan dengan fitur koneksi WiFi saja. Namun saat ini PS Vita dihadirkan dengan 2 pilihan koneksi, yakni WiFi serta PS Vita dengan 2 koneksi sekaligus, 3G dan WiFi. Inilah yang membuat orang bisa menyesuaikan kebutuhan bermain game. Dengan fasilitas koneksi ini, Anda dapat membuka  banyak situs, seperti YouTube, Skype, Maps, Facebook, LiveTweet dan tentunya PS Store untuk mendapatkan game-game yang diinginkan.

Spesifikasi mesin dalam yang mumpuni

Meskipun merupakan konsol game dengan ukuran mini, tapi Anda tidak bisa meremehkan performa PS Vita begitu saja. Sony menyematkan perangkat internal ARM Cortex-A9 Prosesor serta  SGX543MP4 unit grafis. Dengan ini, Anda bisa menjalankan game berat sekalipun dengan lancar dan grafis menawan, seperti pada konsol besar lain baik itu PlayStation 3 maupun Xbox 360. Dan berbeda dengan PSP yang hanya menggunakan UMD (Universal Media Disc) untuk media penyimpanan, PS Vita menggunakan format terbaru, yakni NVG Card.

Fasilitas kontroler baru dan berbeda

Pada saat menghadirkan PSP, Sony banyak dikritik oleh pengamat konsol game karena hanya menyediakan 1 stik analog. Untuk menjawab kritikan tersebut, kali ini Sony menyematkan PlayStation Vita dengan fasilitas 2 stik analog dengan dukungan 6-axis motion sensor.

Tersedia fasilitas kamera

Tidak hanya hadir sebagai konsol game, PS Vita juga menyediakan kamera tambahan. Memang agak aneh, namun sepertinya berguna juga fitur ini. Kamera yang tersedia pada bagian depan dan belakang ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi wajah serta sensor. Untuk kualitas, jangan terlalu berharap banyak karena hanya berukuran 0.3 Mega Piksel.

Harga yang sudah semakin murah

Saat peluncuran perdananya, harga PS Vita mencapai USD 250 atau sekitar Rp 2,4 juta, dan oleh banyak kalangan dianggap terlalu tinggi. Kabar terbaru, Sony saat ini sudah menurunkan harga PS Vita 3G sampai USD 199,97 atau sekitar Rp 1,9 juta.

Demikian beberapa kelebihan PS Vita dibandingkan dengan PSP. Penting bagi Anda yang sedang berencana untuk membeli konsol mini. [ALX]