Handphone Kamera Terbaik

17 Apr 2012 12:30 | Hits: 7849

Perbandingan Kualitas Kamera Dua Handphone Kamera Terbaik, Nokia N8 Vs Sony Xperia S

Perbandingan Kualitas Kamera Dua Handphone Kamera Terbaik, Nokia N8 Vs Sony Xperia S

Handphone kamera terbaik dari Nokia, Nokia N8 masih menjadi banyak pilihan. Handphone yang menggunakan sistem operasi Symbian ini memang menghadirkan kualitas kamera yang baik. Bahkan jika Anda membandingkannya dengan iPhone 4S sekalipun. Handphone kamera terbaik milik Nokia ini menghadirkan kamera 12 MP yang tersemat di bagian belakang. Tak hanya itu, kamera ini dilengkapi dengan fitur tambahan berupa face recognition, intelegent ISO, wide-angle lenses, xenon flash, optik Carl Zeiss dan keberadaan autofocus.

Namun, kini handphone kamera terbaik ini bakal memperoleh kompetitornya, yakni Sony Xperia S. Sebagaimana Nokia N8, Sony Xperia S menghadirkan kamera 12 MP sebagai kamera primer. Handphone ini pun merupakan produk pertama Sony Mobile selepas berganti nama dari Sony Ericsson. Tak hanya itu, handphone ini juga merupakan generasi selanjutnya dari Sony Ericssn Xperia Arc S. Pada handphone kamera terbaik Sony Xperia S, Anda akan mendapati kemampuan capture gambar super cepat dan teknologi sensor Exmor R.

Lalu, bagaimana jika kedua handphone kamera terbaik ini disandingkan? Manakah yang memiliki kualitas kamera terbaik? Sebuah situs bernama Dialaphone telah melakukan uji kualitas kamera terhadap dua handphone tersebut. Inilah ulasannya.

Point and Shoot Mode

Ketika menggunakan kedua handphone kamera terbaik ini untuk memotret sebuah objek, tentu permasalahan kemudahan pemakaian menjadi satu faktor penting. Dalam hal ini, nampaknya Sony Xperia S layak menjadi pemenang. Handphone kamera terbaik ini hanya membutuhkan waktu 2.2 detik dari keadaan stand by untuk mengambil sebuah gambar. Anda tinggal menahan tombol shutter pada saat ingin memotret sebuah objek.

Point and Shoot Mode (Sony Xperia S)

Point and Shoot Mode (Nokia N8)

Dalam hal Point and Shoot Mode ini, nampaknya Nokia N8 masih belum bisa menandingi kualitas kamera milik Sony Xperia S. Untuk menggunakan kamera pada handphone ini, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan Xperia S. Sedang, dari segi kualitas gambar, kedua handphone kamera terbaik ini memiliki kejelasan gambar dan saturasi yang sama. Sedang pada poin ketajaman, Sony Xperia S lebih bagus.

Landscape Mode

Sementara itu, pada saat menggunakan kedua handphone kamera terbaik ini pada mode kamera Landscape, nampaknya Nokia N8 mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Dengan kemampuan optik Carl Zeiss-nya, Nokia N8 dapat menghadirkan gambar yang baik. Anda tak akan mendapati degradasi border dan detail yang sempurna. Sony Xperia S dengan sensor Exmor R-nya juga tampil dengan gambar yang tak kalah. Handphone ini mampu menawarkan gambar dengan saturasi warna berkualitas. Aperture lensa f/2.4-nya juga mampu memberikan pencahayaan yang cukup.

Landscape Mode (Nokia N8)

Landscape Mode (Sony Xperia S)

Secara umum, kualitas gambar dalam mode Landscape kedua handphone ini setara. Namun, Sony Xperia S hadir dengan layar yang lebih besar, yakni layar berukuran 4.3 inci. Sedang Nokia N8 'hanya' menawarkan layar berukuran 3.5 inci.

Macro Mode

Bagi para pecintra fotografi, mode Macro menjadi hal yang sangat penting, utamanya ketika digunakan di alam bebas atau memotret makhluk hidup. Dalam poin ini, Sony Xperia S benar-benar bisa digunakan secara optimal. Setting auto-macro yang mudah di handphone ini, membuatnya enak digunakan. Tak hanya itu, kualitas gambar close-up dengan detail yang sempurna pun bisa dihadirkan. Sementara itu, Nokia N8 kurang optimal dalam mode pemotretan satu ini. Bahkan bisa dibilang mengecewakan. Memang gambar yang dihasilkan tidak terlalu kabur, namun jauh di bawah Sony Xperia S.

Macro Mode (Sony Xperia S)

Macro Mode (Nokia N8)

Kesimpulan

Secara harga, kedua handphone kamera terbaik ini memiliki selisih yang cukup jauh. Nokia N8, pada saat ini bisa diperoleh dengan harga Rp 3 juta. Sedang Sony Xperia S, berada di kisaran harga Rp 5.6 juta. Dan, harga memang bicara kualitas dalam hal ini. [IB]

Simak Video Berikut: