Microsoft Power Point

16 May 2013 14:30 | Hits: 19884

Software Presentasi Terbaik Selain Microsoft Power Point

Tidak salah jika Anda juga mengatakan bahwa Microsoft Power Point adalah software presentasi terbaik. Namun sebenarnya ada beberapa software presentasi lain yang juga tidak kalah bagusnya dibanding PowerPoint. Apa sajakah software presentasi terbaik selain Microsoft PowerPoint tersebut? Mari simak, kami telah menuliskan selengkapnya dibawah ini:

Beamer (LaTeX)

Perangkat lunak presentasi pengganti Microsoft Power Point yang pertama adalah Beamer (LaTeX). Merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat slide presentasi. Keunggulan perangkat lunak ini, pada slides yang dibuat dapat rancang pada layar secara bertahap seolah-olah teks mengungkapkan slides yang sebelumnya disembunyikan atau ditutupi. Anda juga bisa menggunakan output PDF untuk membuat halaman berturut-turut dengan membuat tata letak dan menambahkan elemen baru, sehingga maju ke halaman berikutnya dalam file PDF.

Program ini dikembangkan oleh Till tantau, Joseph Wright dan Verdan Miletic sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Anda bisa menjalankan Beamer LaTex ini pada OS Microsoft Windows maupun Unix. Unduh pada situs resmi Bitvucket, bisa Anda download di sini.

Ukuran file hanya sebesar 21.9 MB dan berlisensi GNU (general Public License).

Keynote

Perangkat lunak presentasi kedua adalah Keynote, sebuah program yang termasuk dalam proyek iWork productivity dari Apple.Inc. Keynote 5.1.1 dirilis pada tanggal 1 Desember 2011 untuk versi terbaru bagi Macintosh. Pihak pengembangnya menambahkan fitur-fitur baru termasuk tema, transisi dan animasi, dan kemampuan untuk mengontrol slideshow dengan iPhone maupun iPod touch dengan bantuan aplikasi remote Keynote. Ada banyak fitur lain yang dimiliki Keynote yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah

  • Fitur tema yang memungkinkan pengguna untuk menjaga konsistensi dalam warna dan font seluruh presentasi, termasuk grafik, grafik dan tabel.
  • Dual monitor support dimana pengguna dapat menunjukkan presentasi di layar, namun ia masih melihat desktop atau catatan lain dari layar perangkatnya sendiri.
  • Mendukung semua format video QuickTime (termasuk MPEG-2 dan DV) dalam slideshow.
  • Kompatibilitas dengan Apple Remote dan aplikasi Keynote remote untuk iPhone dan iPod touch.
  • Transisi slide 3D ​​OpenGL untuk membangun gulir kubus guna membalik halaman sehingga terkesan unik.

Unduh Keynote untuk iOS pada situs resmi Apple.com dengan harga USD 9.99 di sini.

Sedangkan untuk Mac OS Anda bisa download di sini.

Dengan ukuran 2.7 MB, Keynote diatas merupakan versi 5.3.

LibreOffice

Perangkat lunak presentasi berikutnya adalah LibreOffice, sebuah program komputer perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran lain seperti Microsoft Office maupun OpenOffice.org. LibreOffice dirancang untuk menghasilkan aplikasi perkantoran yang mendukung format ODF tanpa harus bergantung pada sebuah pemasok serta keharusan mencantumkan hak cipta. Fitur yang ada, LibreOffice bisa kompatibel dengan aplikasi Remote Control untuk Presentasi, impor dokumen dengan berbagai format serta program ini tersedia lintas platform. Selain itu ada juga fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan sebuah dokumen secara online.

Dapatkan LibreOffice pada situs resminya, dan pilih yang berbahasa Indonesia. Untuk versi 4.0.3 berukuran 150 MB, bisa Anda download di sini.

Google Docs

Perangkat lunak presentasi sebagai pengganti Microsoft PowerPoint, yakni Google Docs. Sebenarnya tidak hanya untuk presentasi saja, Google Docs lebih dari itu karena juga menyediakan layanan pengolah kata, lembar sebar, formulir dan penyimpan data. Perangkat lunak ini berbasis web dan dikembangkan oleh perusahaan Google.Inc. Penggunaan Google Docs ini sangat mudah dan penuh fitur, Anda bisa mengundang pengguna lain untuk berkolaborasi guna membuat presentasi. Bahkan selain itu, keunggulan presentasi dengan Google Docs, yakni kemampuan untuk melakukan presentasi dimana audience berada dalam satu ruangan maupun terpisah dengan terkoneksi sambungan internet. Seperti halnya software presentasi PowerPoint, Google Docs juga bisa dibuat variasi dengan mengganti background, memasukan video(embed), mengimpor dari presentasi yang sudah ada dan lain-lain. Dan yang terpenting lagi, layanan ini tersedia secara gratis.

Untuk mengakses layanan Google Docs silahkan buka link docs.google.com, namun Anda hanya bisa mengaksesnya dengan akun Gmail Anda. [ALX]