Olympus PEN Lite E-PL6

16 May 2013 23:30 | Hits: 1464

Olympus PEN Lite E-PL6, Kamera Digital Kelas Wahid Dari Olympus

Olympus PEN Lite E-PL6, Kamera Digital Kelas Wahid Dari Olympus

Olympus memang patut diajungin jempol dalam seriap peluncuran produk-produknya yang berbasis kamera digital. Pasalnya, spesifikasi kamera digital yang ditawarkan dari produk-produk kamera digital selalu saja dapat menarik perhatian pasar kamera secara global. Produk-produk kamera digital buatan Olympus memang kebanyakan mengikuti kebutuhan akan para pengguna kelas menengah ke atas. Maka sangat wajar wajar bila pihak Olympus berusaha selalu mempertahankan kualitas terbaiknya dalam tiap produknya dan pengembangan ke depannya. Belum lama ini pihak Olympus memperkenalkan kamera digital seri mid-end yang berlabel Olympus PEN Lite E-PL6

Peluncuran produk Olympus PEN Lite E-PL6 ini  hampir bersamaan dengan peluncuran Olympus E-PL5. Desainnyapun tak jauh berbeda, hanya saja pada produk kamera Olympus PEN Lite E-PL6 ini dilengkapi oleh fitur unggulan VF-4 viewfinder untuk kelengkapan spesifikasi kamera digitalnya. Tanpa basa-basi lagi akan dijelaskan spesifikasi kamera digital Olympus PEN Lite E-PL6 yang merupakan produk teranyar dari  perusahaan asal Jepang tersebut;     

Desain dan Control

Spesifikasi kamera digital Olympus terbaru ini memang tidak jauh berbeda dengan produk Olympus E-PL5.  kamera digital Olympus PEN Lite E-PL6 memiliki dimensi 110.5 mm (W) x 63.7 mm (H) x 38.2 mm (D) dengan berat 325 gram bila sudah terpasang CIPA guideline compliant, BLS-5 baterai dan memori card ada kameranya. Bila diukur berat kameranya saja hanya memiliki berat 279 gram saja. Dan dilengkapi pula dengan fitur control yang cukup lengkap dan mumpuni dalam pengambilan gambar maupun film atau video, seperti Exposure Control, wireless flash control, methgod control dan sebagainya. Jadi kamera digital  ini cukup ringan, elegan dan praktis  meskipun  dengan kelengkapan fitur  control yang tinggi dan lengkap dari spesifikasi kamera digital terbaru Olympus ini.

Image Quality & Resolusi

Adapun dari segi kualitas gambar yang dapat dihasilkan dari spesifikasi kamera digital terbaru Olympus ini adalah sangat baik sekali dan memiliki kualitas warna dan tekstur yang tinggi.  Karena kamera digital Olympus PEN Lite E-PL6 ini dibekali OM-D E-M5, yakni fitur yang merupakan  pengembangan dari kamera MFT flagship Olympus dengan Micro Four Thirds Sistem standar yang dilengkapi dengan sensor Live MOS 16.1 megapiksel  yang dibalut dengan teknologi image prosesor Truepic IV.

Performa

Spesifikasi kamera digital Olympus terbaru ini memiliki perfoma yang terbilang cukup mumpuni karena telah dibekal beberapa fitur komponen unggulan yang tak diragukan kualitas baiknya, yakni dengan tipe lensa Micro Four Thirds Mount bersensor Live MOS hingga 17.1 megapiksel secara maksimalnya meskipun ukuran screen  size lensanya hanya berukuran 17.3 x 13.0 mm saja.

Perfoma spesifikasi kamera digital terbaru Olympus inipun ditambahin dengan fitur sistem auto fokus yang High-speed imager AF yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam mengambil objek gambar ataupun membuat sebuah video yang ditambahi pula dengan monitor  yang berukuran 3.0 inchi dengan  touch control bertipe electrostatic capacitance yang memungkinkan reaksi langsung terhadap bahkan sentuhan ringan.

 Fitur

Adapun fitur lainnya dalam spsifikasi kamera digital terbaru buatan perusahaan asal Jepang ini cukup banyak dan memadai untuk berbagai keperluan pengambilan gambar dan video dengan kualitas tinggi, antara lain adalah fitur modus Time Lag mode, ISO LOW setting, interval Shooting, Time lapse movies dan Level guide yang dapat membuat fotografer lebih nyaman dan memperluas kemungkinan penembakan kamera.

Selain itu pula, spesifikasi kamera digital Olympus PEN Lite E-PL6 inipun dilengkapi dengan sejumlah variasi dan efek yang tersedia, yang memungkinan ekspresi artistik kreatif diperluas dan dibarengi dengan kekompakan ukuran dan berat, dapat dioptimalkan untuk menikmati fotografi aktif bersama dengan fitur 170 ° Monitor-putar, hingga  memberikan pengguna kebebasan untuk menembak dari sudut manapun, termasuk tembakan potret diri.

Harga / Perkiraan Harga

Selain hadir dalam varian warna Merah, Putih, Perak dan Hitam, spesifikasi kamera digital Olympus PEN Lite E-PL6 inipun diperkirakan dibanderol dengan harga sekitar US$1000 atau setara Rp. 9,8 juta-an.

Kesimpulan

Dari gambaran spesifikasi kamera digital terbaru Olympus PEN Lite E-PL6 di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kamera digital buatan perusahaan asal Jepang ini memang merupakan kamera digital berkualitas tinggi di jajaran kelas mid-end yang mampu bersaing bersama kamera digital canggih macam Nikon yang telah memiliki nama itu dengan kelengkapan fitur pada lensa, monitor dan bodynya hingga mampu menghasilkan gambar dan video yang berkualitas tinggi, tahan lama  dan dapat dihandalkan selain dapat menyamankan para penggunanya sangat memakainya. Namun sayangnya, harga yang dibanderol untuk Olympus PEN Lite E-PL6 ini masih terbilang mahal dan ditambah lagi phak Olympus hanya akan memasarkan di negara Jepang saja, tidak secara pasar global. [NDC]