Sony Ericsson Android Murah

12 Apr 2012 15:00 | Hits: 22723

Perbandingan Dua Handphone Android QWERTY - Handphone Sony Ericsson Android Murah Xperia Mini Pro vs LG Optimus Pro C660

Perbandingan Dua Handphone Android QWERTY - Handphone Sony Ericsson Android Murah Xperia Mini Pro vs LG Optimus Pro C660

Handphone touchscreen memang memiliki banyak kelebihan. Namun, terdapat juga beberapa kelemahan yang kemungkinan akan cukup merepotkan ketika Anda mengetik. Oleh karena itu, memilih sebuah handphone QWERTY menjadi alasan yang pas bagi Anda yang kesulitan mengetik di handphone touchscreen. Paseban mencoba untuk membandingkan dua handphone Android QWERTY yang sudah cukup lama berada di pasaran, yakni handphone Sony Ericsson Android Murah Xperia Mini dan LG Optimus Pro C660. Berikut ulasannya.

Dimensi

Handphone Android Sony Ericsson murah Xperia Mini Pro hadir dengan ukuran yang mungil namun tebal, yakni 92 x 53 x 18 mm dengan bobot 136 gram. Sedangkan LG Optimus Pro C660, datang dengan dimensi 119.5 x 59.7 x 12.9 mm dan bobot 129 gram.

Layar

Pada bagian layar handphone Sony Ericsson Android murah Xperia Mini Pro, Anda akan menemukan layar LED-backlit capacitive touchscreen berukuran 3.0 inci. Layar ini mendukung tampilan 16 juta warna dengan resolusi 320 x 480 piksel. Terdapat keyboard QWERTY slide, sensor accelerometer, multi-touch, Sony Mobile BRAVIA Engine serta sensor proximity.

Jika Sony Ericsson Xperia Mini Pro memiliki keyboard QWERTY slider, tidak halnya dengan LG Optimus Pro C660. Handphone ini menggunakan keyboard QWERTY yang tersemat di bagian bawah layar. Sedangkan untuk ukuran layar, handphone ini memiliki ukuran yang lebih kecil, yakni layar capacitive touchscreen 2.8 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel yang menunjang tampilan 256 ribu warna.

Performa

Sebagai sebuah handphone Sony Ericsson Android murah, Sony Ericsson Xperia Mini Pro menghadirkan performa yang menjanjikan. Di bagian prosesor, terdapat prosesor single core 1GHz dari Qualcomm yang didukung dengan GPU Andreno 205. Selain itu, kinerja prosesor juga akan ditopang dengan keberadaan RAM sebesar 512MB. Sedangkan untuk sistem operasi, handphone ini menggunakan sistem operasi Android Gingerbread 2.3.

Handphone Android Sony Ericsson murah Xperia Mini Pro inipun menyediakan fitur WiFi HotSpot. Dengan fitur ini, Anda bisa berbagi jaringan internet dengan handphone ataupun gadget lain. Fitur lainnya, terdapat WiFi, Bluetooth hingga port microUSB. Untuk akses jaringan 3G, handphone ini menawarkan kecepatan hingga 7.2Mbps HSDPA dan kecepatan 5.76 Mbps HSUPA.

Dari segi performa, LG Optimus Pro C660 nampaknya harus mengalah dari Sony Ericsson Xperia Mini Pro. Memang, untuk sistem operasi handphone LG ini menghadirkan sistem operasi yang sama, yakni OS Android Gingerbread 2.3. Namun, dari segi kualitas prosesor handphone ini kalah kualitas. LG Optimus Pro C660 hadir dengan prosesor single core 800 MHz dengan dukungan RAM 256 MB.

Fitur lain seperti WiFi HotSpot, WiFi, Bluetooth hingga port microUSB tersedia di handphone ini. Sayangnya, handphone ini tidak didukung dengan kemampuan untuk mengakses jaringan 3G. Untuk aktivitas internet, Anda hanya ditemani dengan jaringan GPRS dan EDGE yang masing-masing memiliki kecepatan hingga 48Kbps dan 3.6Mbps.

Kamera

Handphone Sony Ericsson Android murah Xperia Mini Pro menyuguhkan kamera 5MP yang tersemat di bagian belakang handphone. Kamera ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti LED flash, autofocus hingga geo-tagging. Di bagian depan, Anda juga akan menemukan kamera VGA. Di bagian kamera, terdapat satu buah kamera yang terletak di bagian belakang. Kamera 3.15MP tersebut dilengkapi dengan fitur geo-tagging dan mampu merekam video VGA pada 24fps.

Baterai dan Memori

Sebuah baterai Li-ion 1200 mAh milik handphone Sony Ericsson Android murah Xperia Mini Pro siap menemani Anda selama hampir 5 jam 40 menit pada mode 2G dan 5 jam 25 menit pada mode 3G. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan, tersedia memori internal sebesar 400 MB dengan tambahan slot microSD hingga 32GB. Sementara itu, LG Optimus Pro C660 menghadirkan baterai Li-ion 1500 mAh yang mampu bertahan hingga 13 jam 30 menit. Pada bagian penyimpanan, LG Optimus Pro C660 memiliki memori internal 150MB dan ROM 512MB. Tak lupa, Anda juga bisa memperoleh kapasitas tambahan dengan memakai microSD hingga 32GB.

Kesimpulan

Dari seluruh perbandingan di atas, hp Sony Ericsson Android murah Xperia Mini layak dipilih sebagai pemenang. Handphone ini memiliki kualitas layar, prosesor, kamera serta memori internal yang lebih bagus. Sedangkan dari segi harga, kedua handphone ini terpaut tidak terlalu jauh. Jika LG Optimus Pro C660 dijual dengan harga Rp 1.7 juta, maka Sony Xperia Mini Pro bisa didapatkan dengan harga Rp 2 juta. [IB]