Android Lokal

14 May 2013 14:30 | Hits: 2575

Adu Ponsel Android Lokal Mirip Galaxy Note : Gosco Combo Note 333 vs SpeedUp Note S4

Adu Ponsel Android Lokal Mirip Galaxy Note : Gosco Combo Note 333 vs SpeedUp Note S4

Pasaran ponsel Android lokal semakin ramai saja. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengeluarkan produk terbarunya hampir setiap minggu. Menjamurnya Android di pasar global secara langsung mempengaruhi penjualan Android lokal. Tak dipungkiri, dengan berbagai tipe dan model yang disediakan, pengguna akan merasa bingung untuk memilih. Berapapun budget yang mereka miliki, dari yang berbudget pas-pasan hingga yang mahal, mereka tetap akan merasa bingung untuk memilih produk apa yang paling tepat untuk digunakan.

Untuk Anda yang berbudget pas-pasan, Anda dapat memilih produk lokal yang memiliki performa tidak mengecewakan. Diantara banyaknya bermunculan ponsel Android lokal, muncul dua nama yang patut menjadi perhatian, yaitu Gosco Combo Note 333 dan SpeedUp Note S4. Fenomenalnya penjualan Samsung Galaxy Note turut mempengaruhi desain kedua ponsel Android ini. Mengusung layar berukuran besar, mana dari kedua ponsel ini yang memiliki performa terbaik?

Desain                   

Desain dari kedua ponsel, yaitu Gosco Combo Note 333 dan SpeedUp Note S4, sama-sama terinspirasi dari ponsel keluaran Samsung, yaitu Galaxy Note. Hal ini terbukti dengan pemakaian kata Note di belakang nama masing-masing. Combo Note 333 memiliki dimensi 150,5 x 85,5 x 12 mm dengan berat mencapai 209 gram. Untuk ukuran seperti ini, Combo Note akan terasa sedikit berat. Warna putih yang mendominasi akan langsung mengingatkan kita pada desain Glaxy Note. Untuk urusan layar, ponsel ini dibekali dengan layar lapang berukuran 5,2 1nchi dengan resolusi 800 x 480 pixels.

Dari sisi pesaingnya, SpeedUp Note S4 memiliki desain dan ukuran yang tidak jauh berbeda. Dengan dimensi 150 x 85,4 x 11,2 dan berat 206 gram, tentu ukuran ini sangat mendekati ukuran Combo Note 333. Ukuran layar yang diusungnya pun hampir sama, yaitu sebesar 5,3 inchi dengan resolusi 800 x 480 pixels. Keduanya juga sama-sama mengusung layar sentuh capasitive.

Kinerja

Pada masalah hardware, Terdapat perbedaan yang tidak terlalu signifikan di antara keduanya. SpeedUp Note S4 dipersenjatai dengan processor single core Snapdragon 1 Ghz, sedangkan Combo Note 333 juga dipasangkan dapur pacu Snapdragon 1 Ghz. Kedua ponsel yang dilengkapi dual slot SIM card ini sama-sama mengusung RAM sebesar 512 MB.

Hardware dari kedua ponsel Android lokal tersebut ditunjang dengan sistem operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Tidak lupa, disertakan kapasitas penyimpanan kepada keduanya. Untuk Combo Note 333 disediakan ruang penyimpanan internal sebesar 4 GB, dan dapat diperluas dengan memori microSD hingga 32 GB. Sedangkan pada SpeedUp Note S4, dipasang ruang penyimpanan yang lebih luas, yaitu sebesar 8 GB, dan disediakan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 32 GB.

Fitur

Kamera merupakan bagian penting bagi sebuah ponsel Android sekarang ini. Untuk urusan kamera ini, pada Combo Note 333 dibenamkan kamera dengan resolusi utama 8 MP, lampu LED, dan kamera depan kualitas VGA. Di lain pihak, pada SpeedUp Note S4 dihiasi dengan kamera resolusi 5 MP, juga dilengkapi dengan kamera depan kualitas VGA dan flashlight. Memang, dari segi kamera, SpeedUp Note S4 masih kalah resolusi dibandingkan Combo Note 333. Namun untuk perekaman video, SpeedUp Note S4 patut berbanga. Ponsel ini sanggup merekam video berkualitas 480p, sedangkan Combo Note hanya memiliki kualitas perekaman video resolusi VGA.

Untuk menunjang aktifitas Anda sehari-hari,Combo Note 333 membenamkan baterai  Lithium ion berkapasitas 2500 mAh. Lalu untuk baterai SpeedUp Note S4? Sama. Dengan baterai tersebut, daya baterai akan tahan lama selama Anda beraktifitas. Untuk kegiatan telepon, SMS, berinternet, koneksi Bluetooth, Wi-fi, GPS, semuanya akan ditangani oleh kedua ponsel Android lokal ini dengan cukup baik.

Kesimpulan

Kedua ponsel Android lokal ini memiliki performa yang hampir sama. Dengan hardware yang dimiliki oleh keduanya, mereka dapat meng-handle berbagai aktifitas pada ponsel Anda dengan cukup baik. Perbedaan yang paling mencolok ada pada kapasitas penyimpanan dan kamera. Combo Note 333 memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih sedikit dari pada SpeedUp Note S4, walaupun masih dapat ditambah dengan memori eksternal. Di lain pihak, SpeedUp Note S4 memiliki resolusi kamera yang lebih kecil dari Combo Note 333, namun memiliki kualitas yang lebih baik pada perekaman video. Lalu siapa diantara keduanya yang memiliki performa terbaik? Untuk performa, keduanya seimbang, namun untuk fitur, Anda bisa memilih SpeedUp Note S4. [DEAS]