RAM Untuk Game

14 May 2013 23:00 | Hits: 2886

AMD Radeon RG2133, Memori RAM untuk Game Kelas Berat dengan Latency CL10

AMD Radeon RG2133, Memori RAM untuk Game Kelas Berat dengan Latency CL10

AMD kembali mengeluarkan produk terbaru mereka yang kali ini bukan sebuah kartu grafis atau prosesor tapi sebuah memori RAM untuk game yang tersedia bagi komputer desktop. AMD Radeon RG2133 ini merupakan memori RAM yang dikhususkan untuk gaming karena memiliki frekuensi kecepatan tinggi yaitu 2133 MHz dan CAS 10 latency dengan timing 10-11-11-30. Memori RAM untuk game ini juga memiliki voltase yang cukup tinggi yaitu 1.65v yang memberikan ruang untuk overclocking memori sehingga menjadi lebih cepat.

Deskripsi

Penggunaan Anodized Black Heat Shield pada heatsink dan papan PCB dari memori RAM untuk game ini bertujuan untuk mengurangi panas yang dihasilkan selama memori beroperasi dengan teknik radiasi. Selain itu, material heatsink yang terbuat dari aluminium memberikan ketahanan terhadap panas yang dihasilkan sampai 165 Watt serta menyebarkan panas dari papan PCB memori dengan cepat sehingga panas dapat dibuang dengan cepat.

Hadir dengan model low profile memory, heatsink RAM untuk game ini memberikan kemudahan saat instalasi serta tidak mengganggu CPU cooler yang besar macam produk buatan Noctua dan Thermalright sehingga CPU cooler dan memori tidak bersentuhan secara langsung. Sayangnya, desain heatsink AMD Radeon RG2133 terkesan standar jika dibanding heatsink memori gaming lain yang memiliki low profile memory macam G.Skill jenis Ares yang walaupun pendek tapi mampu memberikan desain yang lebih baik dan trendi.

Hadir dengan pilihan kapasitas memori 4 x 4 GB, AMD Radeon RG2133 menghadirkan pilihan sempurna untuk keping memori RAM untuk game yang cocok untuk motherboard yang menggunakan 4 slot memori RAM dengan kapasitas maksimal 32 GB. Tidak diketahui apakah memori RAM ini mendukung quad channel atau triple channel tapi yang pasti mendukung fitur standar DDR3 SDRAM yaitu dual channel yang mengurangi risiko bottleneck dan meningkatkan performa kecepatan dari memori itu sendiri.

Performa

RAM untuk game ini menggunakan frekuensi tercepat kedua saat ini untuk memori DDR3 yaitu 2133 Mhz. RAM dengan frekuensi sebesar ini akan meningkatkan performa komputer desktop saat melakukan operasi berat macam bermain game, melakukan editing photo dan video, multi tasking, serta penggunaan aplikasi yang membutuhkan sumber daya dari memori yang sangat besar. Semakin cepat frekuensi memori RAM, maka semakin cepat pula sistem akan bekerja.

Selain itu, kapasitas memori AMD Radeon RG2133 yang mencapai 32 GB lebih dari cukup untuk mengoperasikan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan seperti bermain game sambil melakukan editing foto dan menggunakan aplikasi virtualisasi. Khusus untuk virtualisasi, kapasitas 32 GB serta frekuensi yang digunakan pada RAM untuk game ini menjamin banyaknya sistem yang dapat divirtualisasikan ke dalam sistem operasi sehingga cocok digunakan untuk memori server atau komputer yang dijadikan server.

Uniknya, memori RAM untuk game ini mendukung 2 platform memori yang berbeda yaitu Intel XMP dan AMP milik AMD sehingga menjadi memori RAM pertama yang menggabungkan 2 teknologi berbeda ini ke dalam sebuah memori. Walaupun berbeda platform, memori ini sudah dites dan sudah terbukti mampu meningkatkan performa memori tapi tetap stabil saat digunakan. Dukungan RAMDISK dari AMD sampai 64GB yang jauh lebih cepat 70 kali lipat dibanding menggunakan harddisk biasa dan 20 kali lebih cepat dari SSD. Selain mempercepat waktu load saat bermain game, RAMDISK juga berfungsi untuk mempercepat pengaksesan internet, mengoptimalisasi editing dan rendering video dan audio, dan banyak keunggulan lainnya.

Harga dan Kesimpulan

Hadir dengan harga $155 atau kisaran 1.5 juta Rupiah, memori RAM untuk game ini terbilang cukup murah untuk memori dengan frekuensi 2133 yang dapat di-overclock mencapai 2400 serta kapasitas sebesar 32 GB. Bandingkan dengan memori buatan Corsair yang mencapai kisaran 2 juta lebih dengan frekuensi dan kapasitas yang sama. Dukungan Intel XMP dan AMP AMD memberikan nilai lebih bagi AMD Radeon RG2133 selain dukungan RAMDISK 64GB dari AMD yang membuat performa semakin cepat tapi tetap mampu stabil saat RAM untuk game ini digunakan maupun saat di-overclock. [BAM]