Kamus Bahasa Sunda

14 Apr 2012 17:00 | Hits: 6234

Dua Pilihan Kamus Bahasa Sunda pada Ponsel Android

Dua Pilihan Kamus Bahasa Sunda pada Ponsel Android

Bagi sebagian orang, bahasa merupakan suatu hal yang sangat penting. Bahasa merupakan satu-satunya hal yang menjembatani komunikasi antar dua orang atau lebih. Dalam masyarakat Indonesia, tidak diragukan lagi bahwa bahasa merupakan hal yang sangat penting. Keberagaman suku budaya di Indonesia membuat bahasa yang ada di Indonesia sangat beragam jumlahnya. Para pemimpin dan pemuda di masa lalu juga telah mengantisipasi hal tersebut dengan membuat bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Hal ini juga terangkum jelas dalam Sumpah Pemuda.

Pada masa sekarang ini, penyatuan bahasa juga masih dilakukan. Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional telah membuat banyak bangsa harus mempelajari bahasa tersebut. Untuk membantu kelancaran dalam bahasa, telah banyak kamus yang tersedia untuk kita pelajari, sudah bukan hal yang aneh lagi ketika sesorang mampu menulis bahasa asing dalam waktu sekejap. Hal tersebut memungkinkan lewat Google Translate, kamus digital yang hampir mampu menerjemahkan seluruh bahasa di dunia. Namun keberadaan Google Translate dirasa masih kurang oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, hal tersebut disebabkan karena Google Translate belum mampu menyediakan aplikasi lintas bahasa daerah di Indonesia.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak cara yang sudah dilakukan oleh para genius Indonesia, mulai dari menciptakan website penerjemah bahasa daerah ataupun membuat aplikasi penerjemah bahasa daerah. Kali ini Paseban mencoba membahas dua aplikasi pada perangkat Android yang mampu dengan baik menerjemahkan Bahasa Sunda. Aplikasi kamus Bahasa Sunda ini tersedia gratis di Google Play Store.

GITS Indonesia

Bahasa Sunda, aplikasi kamus Bahasa Sunda ini yang berasal dari pengembang Indonesia, GITS Indonesia. Selain menciptakan kamus Bahasa Sunda, GITS Indonesia juga telah menciptakan kamus Bahasa Indonesia - Inggris yang diberi nama Bahasa Dictionary. Aplikasi kamus Bahasa Sunda ini bisa langsung diunduh melalui Google Play Store, dengan rating yang cukup bagus 3,9, aplikasi ini mampu menyedot perhatian sepuluh ribu lebih pengguna Android, ditambah lagi aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya 63 kilobytes. Dengan aplikasi kamus Bahasa Sunda ini, Anda akan dengan mudah menerjemahkan kata dalam Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Ngomong Sunda

Aplikasi kamus Bahasa Sunda berikutnya adalah Ngomong Sunda. Aplikasi kamus Bahasa Sunda yang satu ini memiliki perbedaan dengan aplikasi kamus Bahasa Sunda sebelumnya. Dengan aplikasi ini, kita tidak bisa menemukan kosa kata yang lengkap, hanya terdapat beberapa kosakata umum, angka dan kata-kata gaul dalam bahasa Sunda. Namun aplikasi ini juga memiliki kelbihan lainnya, aplikasi Bahasa sunda yang satu ini mampu mengeluarkan suara sesuai dengan kata-kata yang Anda pilih dalam bahasa Sunda.

Apakah Anda orang Sunda? Atau hanya sekedar ingin mengetahui Bahasa Sunda, silahkan coba dua pilihan aplikasi kamus Bahasa Sunda tersebut. Kedua pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, apabila Anda ingin kamus Bahasa Sunda yang lebih lengkap silahkan unduh aplikasi pertama, sedangkan jika Anda hanya sekedar ingin mengenal bahasa Sunda disertai dengan cara pengucapannya, Anda bisa mengunduh aplikasi kamus Bahasa sunda yang kedua. [IQ]