Oppo R8113

10 May 2013 14:00 | Hits: 3946

Oppo R8113 Find Piano - Ponsel Android Murah Terbaru Berbalut Fitur Mewah

Oppo R8113 Find Piano - Ponsel Android Murah Terbaru Berbalut Fitur Mewah

Meskipun tergolong pemain baru di tanah air, Oppo tidak mau kehilangan kesempatan untuk menggaet para konsumen ponsel pintar di tanah air. Setelah sukses mencuri perhatian dengan Oppo Find 5-nya, kini Oppo kembali memperkenalkan salah satu produk terbarunya yang masuk di segmen ponsel Android murah bernama Oppo R8113 Find Piano. Ponsel Android murah ini mampu memberikan alternatif lain kepada para calon penggunanya di Indonesia. Lalu bagaimana fitur dan kemampuan performanya? Berikut ulasannya.

Desain

Berbeda dengan saudaranya yang sudah terlebih dahulu menyapa para penggunanya di tanah air, Oppo R8113 hanya dibalut dengan bahan plastik yang mana bahan plastik dikenal sangat ringkih dan rentan akan kerusakan, namun mengingat harga yang dibanderolnya sekiranya wajar perangkat ini membawa bodi plastik di dalamnya. Ponsel ini membawa desain candybar layaknya saudaranya yang dibanderol dengan harga yang tinggi.

Ponsel ini membawa tiga tombol sentuh yang akan membawa Anda menuju ke Menu, Home dan Back yang berada tepat di bagian bawah layar dari ponsel. Di bagian atasnya, Oppo menyematkan jack Audio 3.5mm, sedangkan di sebelah kiri terdapat tombol power/unlock, di bagian bawah port microUSB siap digunakan untuk mengisi daya pada ponsel Anda atau mengirmkan data dari komputer ke ponsel ini. Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki dimensi 123 x 63 x 9.9 mm dan memiliki berat 128.5 gram.

Layar

Perangkat ini menyokong layar sebesar 4 inch yang memberikan pengalaman penggunaan penampang grafis yang nyaman, Oppo menanamkan panel IPS- LCD untuk urusan layarnya. Tidak seperti pendahulunya, Oppo R8113 Piano ini tidak  memiliki lapisan pelindung layar Gorilla Glass 2. Layarnya ini mampu menampilkan resolusi sebesar 480 x 800 piksel, tergolong resolusi yang kecil untuk layar seukuran 4 inch yang mampu memberikan 16 juta macam warna di dalamnya. Ponsel ini juga menawarkan responsibilitas layar dengan kemampuan kapasitif dan multitouch kepada para calon penggunanya, jadi para calon pengguna tidak akan kecewa dengan kemampuan yang disuguhkan oleh perangkat ini.

Performa

Sistem operasi yang dibawa oleh perangkat ini adalah sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean) yang cukup ditopang oleh proesor Dual core berkekuatan 1 GHz. Sayang, RAM yang dibawa untuk mendukung performa dari perangkat ini hanya sebesar 512 MB tentunya akan terasa sedikit berat ketika menjalankan grafis yang berat meskipun sudah membawa prosesor grafis dari Power VR SGX 531.

Konektivitas

Di sektor konektivitasnya, perangkat ini menawarkan konektivitas yang bisa diandalkan dengan dukungan koneksi Wi-Fi dan 3G HSDPA yang mampu membawa Anda menjelajahi dunia maya dengan cepat dan mudah. Sebagai medianya, perangkat ini menawarkan browser bawaan dan juga Chrome yang makin mempermudah Anda dalam mengunjungi situs favorit Anda. Tidak hanya untuk urusan internet, namun untuk urusan transfer file, Oppo mengakomodasi para calon penggunanya dengan menggunakan kanal Bluetooth dan juga  kabel micro USB 2.0 yang mampu mengantarkan file yang Anda inginkan ke dalam perangkat Anda.

Memori

Perangkat ini dibekali dengan memori internal yang memiliki kapasitas sebesar 4 GB yang masih bisa diekspansi kembali dengan menggunakan memori ekternal hingga 32 GB menggunakan microSD. Jadi untuk Anda yang memiliki koleksi lagu atau video yang cukup banyak, Anda tidak perlu khawatir untuk menyimpan semua file data Anda di dalam perangkat Anda.

Kamera

Pengambilan gambar digital pada perangkat ini sepenuhnya diserahkan kepada kamera utama yang memiliki kekuatan sebesar 5 MP yang mampu mengabadikan gambar dalam resolusi sebesar 2560 Ñ… 1920 pixels. Kamera utamanya ini juga ditanami dengan fitur yang antara lain adalah autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, sweep panorama, dan image stabilization. Sedangkan untuk kemampuan merekamnya sendiri, kamera pada perangkat ini mampu merekam video dengan format mp4, 3gp, wmv, asf, avi, mkv, flv dan mov. Sedangkan untuk kamera sekundernya sendiri, perangkat ini memiliki kamera sekunder dengan kekuatan VGA.

Baterai

Oppo menanamkan baterai Lithium-ion berkapasitas 1710mAh yang mampu membawa ponsel ini bertahan hingga beberapa jam kedepannya.

Fitur Lain

Fitur yang ditanamkan di dalam ponsel ini adalah kemampuannya membawa dua kartu  SIM GSM sekaligus. Kedua kartu ini bisa digunakan bersamaan, kata lain dual stand by. Selain kartu ganda, ponsel ini masih memberikan fitur lain yang terdiri dari Organizer (calendar, clock, weather, calculator), OTA, Quick Guide, Compass, Maps, PlayStore, You Tube, Local, Voice Search, Flash Light, Quick Office, Near Me Theme, Near Me Wall Paper, Near Me Sync, Near Me Apps, Near Me Notes.

Kesimpulan dan Harga

Dari beberapa fitur yang dibawanya, ponsel ini dapat memberikan alternatif lain kepada para para calon pengguna Android di tanah air yang menginginkan ponsel Android berkelas namun dengan harga yang masih masuk akal. Anda bisa mendapatkan ponsel ini dengan harga Rp 2.000.000. [PY]