Handphone Android Dual SIM

10 May 2013 06:00 | Hits: 1925

UMi X1s, Handphone Android Dual SIM Termurah Dengan Kamera 8MP

UMi X1s, Handphone Android Dual SIM Termurah Dengan Kamera 8MP

Setelah pernah sukses dengan model X1 yang mendapat apresiasi karena penggunaan spesifikasi untuk handphone kelas premium tapi dengan harga yang jauh lebih murah, UMi selaku produsen UMi X1 kembali meluncurkan suksesor dari seri UMi X1 yang sukses di pasaran. Handphone Android Dual SIM UMi X1s hadir untuk menggantikan UMi X1 dengan penambahan beberapa spesifikasi baru seperti penggunaan prosesor quad core, penggunaan Gorilla Glass serta pembaruan di sisi sistem operasi yang menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean.

Desain / Dimensi / Berat

Tidak ada perubahaan sama sekali dalam sisi desain yang digunakan handphone Android Dual SIM ini, material kaca yang digunakan di bagian depan memproteksi layar dari goresan atau kotoran. Sedangkan bagian belakang masih menggunakan bahan plastik untuk menekan harga jual. Dimensi dan berat handphone ini masih sama dengan pendahulunya yaitu berukuran 129 x 68 x 8.5 mm serta berat 131 gram. Dimensi dan berat yang tergolong ramping dan ringan untuk handphone dengan layar berukuran 4.5 inch.

Performa dan Layar

Penggunaan prosesor quad core MTK6589 dan memori RAM 1 GB membuat performa UMi X1s tidak usah diragukan lagi dalam menjalankan sistem operasi Android Jelly Bean saat bermain game maupun menonton video berkualitas HD. Untuk bagian layar, handphone Android Dual SIM dari UMi ini hadir dengan ukuran besar yaitu 4.5 inch dengan layar sentuh beresolusi 1280 x 720 piksel. Teknologi proteksi layar yang menggunakan Retina Gorilla Glass Screen membuat layar dijamin tahan goresan maupun kotoran tanpa mengganggu kualitas gambar dan video yang ditampilkan.

Konektivitas dan Memori Penyimpanan

Koneksi yang ditawarkan UMi X1s terbilang cukup lengkap dengan hadirnya teknologi koneksi data Bluetooth 4.0 dan WiFi 802.11 b/g. Selain itu, adanya GPS dan A-GPS memudahkan dalam mencari lokasi yang diinginkan. Ruang penyimpanan internal pada Android Dual SIM ini mencapai 4 GB yang dapat diekspansi sampai 64 GB berkat dukungan microSD jika ruang penyimpanan dirasa kurang cukup.

Kamera dan Video Recorder

Hadir dengan 2 kamera yaitu kamera depan dengan resolusi 2 MP yang dapat digunakan untuk video chat dan kamera utama yang terletak di belakang dengan resolusi besar yaitu 8 MP dengan dukungan CMOS flashlight untuk hasil foto yang tetap bagus walau di kondisi minim cahaya. Kamera utama ini juga mampu merekam video dengan resolusi tinggi sampai 1080p atau 1920 x 1080 piksel. Dapat dijamin video dari hasil rekaman akan berkualitas tinggi dan nyaman saat ditonton baik menggunakan handphone ini atau lewat media lain semacam PC atau tablet yang mendukung video dengan resolusi 1080p.

Baterai dan Fitur Lain

Jika pada seri UMi X1, baterai yang digunakan menggunakan baterai yang berkapasitas 1750 mAh, pada UMi X1s sendiri kapasitas baterai ditingkatkan menjadi 1850 mAh untuk memberikan daya pada prosesor yang ditingkatkan menjadi prosesor quad core. Peningkatan kapasitas baterai ini diharapkan mampu memberikan daya yang lebih bagi handphone ini.

UMi X1s ini mampu memainkan file musik dengan format AMR, MP3, WMA, WAV, dan MIDI serta video dengan format WMV, ASF, MP4, 3GP, 3G2, M4V, dan AVI. Untuk file gambar sendiri, handphone ini mendukung format JPG, BMP, PNG dan GIF. Fitur lain semacam ebook viewer dan FM radio player dapat dinikmati pada handphone ini.

Harga dan Kesimpulan

Jika benar harga yang ditawarkan oleh UMi untuk UMi X1s mencapai Rs. 10500 atau dalam kurs Rupiah menjadi sekitar Rp 1,8 jutaan, handphone Android ini akan menjadi lawan serius dari banyak handphone premium yang dimiliki merek terkenal macam Samsung dan Sony. Hadirnya prosesor quad core, dukungan Dual SIM, resolusi kamera yang mencapai 8 MP, layar berukuran 4.5 inch dengan teknologi Retina Gorilla Glass, serta sistem operasi menggunakan Android Jelly Bean membuat handphone ini mampu bersaing dengan handphone kelas menengah atau kelas atas dengan harga yang jauh lebih mahal daripada handphone ini. [BAM]