Buffalo MiniStation

08 May 2013 16:00 | Hits: 2051

Buffalo MiniStation Air, Hard Disk Wireless yang Mudah Digunakan

Buffalo MiniStation Air, Hard Disk Wireless yang Mudah Digunakan

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan hard disk eksternal, mungkin sekarang saatnya Anda mencoba membeli satu agar mengetahui apa saja yang telah dilewatkan selama ini. Mereka yang hobi mengoleksi musik atau film pastinya sudah bersahabat dengan yang namanya hard disk eksternal untuk menyimpan segala koleksi yang pastinya memakan ruang yang sangat banyak jika disimpan di laptop atau komputer.

Dengan sebuah hard disk eksternal, Anda dapat mengumpulkan koleksi data apapun tanpa perlu memenuhi hard disk di dalam komputer sehingga masih ada ruang untuk menginstall software atau keperluan lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa kini Anda juga bisa memanfaatkan hard disk eksternal untuk smartphone atau tablet Anda? Teknologi nirkabel saat ini memungkinkan kemampuan nirkabel ditanamkan ke dalam hard disk eksternal Anda.

Buffalo MiniStation Air HDW-PU3 merupakan salah satu contoh terbaru dari teknologi hard disk wireless yang akan sangat bermanfaat untuk smartphone atau tablet Anda, yang akan lebih menyulitkan jika harus menggunakan hard disk eksternal yang berkabel panjang. Meskipun terdengar canggih, namun ternyata Buffalo MiniStation Air HDW-PU3 bukanlah yang pertama menggunakan teknologi wireless pada produk hard disk. Sudah terdapat produsen lain seperti Kingston dan Seagate yang menggunakan teknologi serupa, meskipun kualitas yang diberikannya bisa dibilang belum terlalu memuaskan dibandingkan dengan hard disk eksternal pada umumnya.

Jadi, apakah kemampuan produk yang satu ini mampu bersanding dengan nama-nama kelas atas lainnya? Penggunaan Untuk menghubungkan dengan WiFi, MiniStation Air HDW-PU3 juga tidak akan menyulitkan Anda. Yang harus dilakukan hanya tinggal mengunduh aplikasi untuk perangkat ini yang tersedia untuk iOS dan Android pada smartphone atau tablet, lalu hubungkan dengan Buffalo Air HDW-PU3 seperti layaknya terhubung dengan jaringan WiFi pada umumnya.

Password yang harus digunakan sudah tercantum di bagian bawah dari hard disk ini, dan setelah tersambung Anda tidak akan merasakan hambatan apapun. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat mencari file yang terdapat di dalam hard disk dan juga bisa mematikan dan mengubah pengaturan internet bagi hard disk sehingga Anda tetap bisa terhubung dengan internet sambil menggunakan hard disk ini melalui jaringan WiFi.

Performa

Dari segi kecepatan, sebagai sebuah hard disk eksternal Buffalo Air HDW-PU3 merupakan produk yang memiliki kemampuan meyakinkan. Kualitas ini sudah terbukti dengan produk buatan Buffalo sebelumnya, seperti Buffalo MiniStation Plus dan Extreme, dan kini Buffalo telah membuktikan kembali kemampuannya dengan kecepatan transfer data yang lebih kencang dari pendahulunya, dengan kecepatan menulis hingga 68 MB per detik dan kecepatan baca hingga 104 MB per detik dengan menggunakan koneksi USB 3.0 yang tesedia.

Kecepatan ini sudah sangat memadai untuk berbagai kebutuhan, dan Anda bisa mentransfer file dengan ukuran 1 GB hanya dalam sekitar 15 detik saja. Menjelajah file di dalam hard disk ini melalui aplikasi terhitung cukup mudah dan cepat, namun untuk urusan memutar video, hanya beberapa format file saja yang dapat Anda tonton melalui Buffalo Air HDW-PU3 di antaranya MP4, namun hard disk ini tidak bisa memutar file AVI ataupun WMV. Video yang dapat diputar melalui jaringan WiFi berjalan sangat mulus dan tidak ada lag apapun, sehingga Anda tidak akan mengalami film yang terhenti di tengah-tengah karena koneksi yang buruk. Foto yang ditampilkan juga memiliki kualitas yang baik dan dapat dibuat menjadi sebuah slideshow.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, hard disk ini memiliki kemampuan yang baik untuk urusan transfer data dengan koneksi USB 3.0 yang dimanfaatkan dengan maksimal ditambah lagi dengan aplikasi yang tersedia untuk smartphone dan tablet Anda yang akan memudahkan dalam melihat isi dalam hard disk. Aplikasi yang digunakan untuk hard disk ini juga mudah untuk dijelajahi, dan kemampuan memutar videonya sangat memuaskan meskipun tidak banyaknya format file yang didukung menjadi salah satu kelemahannya. Dengan harga sekitar Rp 1,3 juta hard disk eksternal berkapasitas 500 GB ini bisa menjadi teman yang bisa diandalkan. [KEV]