Canon EOS 1DX

07 May 2013 16:00 | Hits: 3783

Review Canon EOS 1DX - DSLR Tercanggih, Terkuat & Terkokoh

Apa kamera DSLR yang paling mahal dan paling tangguh saat ini? Beberapa orang menanggap Canon Mark III, Nikon D800 atau Nikon D4X. Tampaknya memang Nikon D4X menjadi yang terkuat dan termahal, namun saat ini seri terbaik Nikon tersebut mendapat saingan baru yakni Canon EOS 1DX. Tidak diragukan lagi, DSLR Canon ini sangat unggul dari segala sisi baik performa, desain, spesifikasi dan kekuatannya.

DSLR Canon EOS 1DX dihadirkan dengan sensor sebesar 18 MP full-frame dan menjadi penerus kedua seri sebelumnya, yakni 1D Mark IV dan 1DS Mark III. Sangat eksklusif karena kamera ini diperuntukkan bagi fotografer profesional. Dari segi desainnya, DSLR EOS 1DX sangat besar, kekar, kokoh dan benar-benar bergaya profesional. Tentunya pegangan di bagian grip sangat keset sehingga tidak akan mudah lepas dari genggaman Anda. Tidak seperti seri Canon kelas entry level dan mid, bodi Canon 1DX dibuat dengan bahan berkualitas magnesium alloy, bukan lagi bahan plastik.

Anda akan menemukan banyak sekali tombol termasuk dua tombol joystick yang mudah digunakan guna mengganti pengaturan maupun titik fokus, inilah ciri khas kamera profesional. Selain itu layar indikator ada di bagian atas kamera dan pada bagian bawah LCD utama (bagian grip bawah). Tersedia juga tempat untuk baterai yang ukurannya cukup besar, dengan kapasitas 2400 mAh dan sekiranya mampu untuk memotret lebih dari 1000 foto dalam sekali charge.

Tombol shutter, AF-ON, autofocus ditambahkan untuk memudahkan pemotretan yang berorientasi vertikal. Rincian dimensi Canon 1DX adalah 6.2 × 6.4 × 3.3 in (158 × 163.6 × 82.7 mm) dengan berat 1.340 grams (3.0 lb). Canon benar-benar tidak main-main dalam merancang 1DX, karena mesin yang disematkannya adalah yang paling canggih dan mahal. Bayangkan saja, DSLR ini didukung dengan 3 buah prosesor paling baru yakni DIGIC 5.

Perlu Anda ketahui bahwa kemampuan mesin prosesornya hampir setara dengan 17 kali kecepatan proses data pada prosesor jenis DIGIC 4. Pengaruh utamanya tentu pada kecepatan image processing yang bisa lebih cepat, Anda dapat memotret 14 gambar per detik atau dalam bahasa fotografi dikatakan 14 FPS, padahal kamera DSLR pada umumnya hanya mampu memotret 4 FPS atau 6 FPS. Sensor yang ada pada DSLR Canon EOS 1DX menggunakan piksel berukuran 1.25 mikron atau lebih besar jika dibandingkan dengan sensor milik EOS 1D Mark IV, atau juga lebih besar 55 mikron dibandingkan EOS 5D Mark II.

Dukungan microlense gapless semakin membuat sempurna dalam masalah sensitivitas foto, lebih tinggi serta sedikit noise. Sistem autofokus (AF) utama milik DSLR Canon 1DX dianggap cukup rumit dan banyak pilihan untuk penggunanya dalam melakukan kustomisasi. Di antaranya adalah beberapa pilihan spesifik yang direkomendasikan untuk pemotretan olahraga tertentu seperti tenis, sepakbola, balap sepeda maupun senam. Jika Anda belum terlalu profesional, butuh waktu lama untuk memahami sistem autofokus 1DX.

Titik fokusnya sendiri berjumlah 61 titik, dan diklaim oleh Canon menjadi sistem AF yang paling canggih bagi DSLR massal. Dengan titik fokus sebanyak ini, Anda bisa saja mengkonfigurasi sensitivitas pelacakan, percepatan serta perlambatan titik AF dan kesemuanya itu dapat dilakukan pada tab menu AF. Spesifikasi standar namun dibuat melebihi standar, itulah DSLR Canon 1DX. Bagaimana tidak, shutter speed range yang tersedia berkisar dari angka 1/80000 sampai 3 sec, sedangkan untuk kepekaan cahaya atau ISO berkisar dari angka standar 100-3200 dan bisa diperluas hingga angka 204800.

Untuk ISO standar 100-3200 dijamin bersih dari gangguan noise, sedangkan 6400-12800 juga masih cukup lumayan kebersihannya. Noise sudah mulai terasa mengganggu apabila Anda menggunakan ISO di atas angka 12800. Angka 102400 dan 204800 disebut sebagai fitur ISO H1 dan H2, ini diperuntukkan untuk pemotretan dalam keadaan yang sangat gelap. Fitur lain yang dimiliki Canon 1DX adalah kemampuan multiple exposure, ini merupakan fitur yang dapat digunakan untuk menggabungkan 9 foto yang terpisah menjadi satu foto tunggal tanpa harus mengeditnya dahulu ke komputer menggunakan software.

Bagaimana dengan kemampuan perekaman video? Tidak kalah dengan kamera perekam profesional, karena DSLR Canon 1DX mampu merekam video dengan resolusi 1080p di 30, 25 atau 24 frame per detik serta video 720p sampai dengan 60 frame per detik. Dengan gambar yang jelas dan tajam serta dapat ditambahkan perangkat lain. Canon 1DX adalah kamera tercanggih, kamera terkuat, kamera terkokoh dan kamera paling mumpuni. Harganya tidak main-main, yakni mencapai Rp 59.680.000. Cocok bagi fotografi jurnalis, olahraga, alam liar dan segala macam kebutuhan fotografi berat. [ALX]