Software Untuk Membuat Game

09 May 2013 13:00 | Hits: 3546

Adventure Game Studio: Software Untuk Membuat Game Petualangan

Adventure Game Studio: Software Untuk Membuat Game Petualangan

Pada artikel kali ini kami akan khusus memperkenalkan kepada Anda mengenai Adventure Game Studio, sebuah software untuk membuat game petualangan. Anda mungkin mengira bahwa software untuk membuat game umumnya eksklusif dan hanya dimiliki oleh developer. Tampaknya dugaan Anda salah karena Adventure Game Studio, salah satu software pembuat game terbaik dapat dimiliki siapa saja untuk membuat game. Adventure Game Studio atau biasa disingkat AGS bukanlah ‘mesin pembuat game’ baru, perangkat lunak ini sudah ada sejak tahun 1997. Dikembangkan oleh Chris Jones dan tersedia bagi platform Personal Computer (PC). Anda bisa menjalankan software untuk membuat game ini pada berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, serta Linux. Secara resmi pengembangnya menyatakan bahwa software ini bertipe Game Creations System.

Chris Jones sengaja merancang software untuk membuat game ini untuk programer dan desainer game tingkat menengah. Dengan AGD desainer dapat menggabungkan Integrated development environment (IDE ) untuk menyiapkan sebagian besar aspek permainan dengan bahasa scripting yang didasarkan pada bahasa C guna memproses permainan logika. Adventure Game Sudio ini bisa memungkinkan Anda sebagai penggunanya untuk membuat game bergenre Adventure atau petualangan jenis point and click. Contohnya seperti pada game-game yang dibuat oleh developer game Sierra dan Lucasart yang sudah popular sejak tahun 1990-an. Ada fitur dan fasilitas editor dalam AGS untuk membuat game beserta engine run time yang cukup mudah Anda kelola. Selain itu, juga karena AGS memiliki panduannya yang berguna bagi Anda yang masih pemula. Tersedia banyak template game klasik dalam Adventure Game Studio sehingga Anda bisa mengedit, merubah maupun memodifikasinya sesuai keinginan. Bahkan sebagai referensi untuk bahan inspirasi, beberapa game buatan orang lain juga dipajang untuk selanjutnya dapat diunduh dari situs penggunanya. Selain itu, dalam paket installer tersedia juga demo game.

Editor dan mesin runtime dari Adventure Game Studio awalnya dirancang hanya untuk sistem operasi Windows, namun mesin runtime sudah diporting ke berbagai sistem operasi lain seperti Android, iOS, Linux dan Mac OS X sejak rilis dari source code. Sebelum AGS versi 2.7, software ini tersedia untuk DOS, namun kelanjutannya telah dihentikan. Setelahnya belum diketahui apakah bisa menjalankan editor game ini pada sistem operasi selain Windows tanpa sebuah emulator atau API sebagai alat untuk menjalankannya.

Pada sistemnya, Adventure Game Studio mampu dipakai untuk membuat game dengan berbagai grafis, mulai dari 256 warna dengan resolusi 320 × 200 (seperti game klasik) maupun game dengan resolusi hingga 1024 × 768 (game yang terlihat lebih modern) dan alpha channel. Semakin tinggi resolusi sebuah game, maka semakin tinggi pula tuntutan game pada sumber daya komputer. Artinya, untuk menjalankan game resolusi tinggi, maka Anda membutuhkan persyaratan sistenm untuk komputer yang lebih cepat. Sebagai tambahan, Program Adventure Game Studio mendapat dukungan dari sebagian besar format multimedia seperti mod, S3M, wav, xm, midi, ogg, mp3, avi untuk AGS versi 2.61. sedangkan AGS Versi 2.72 memiliki dukungan tambahan untuk IT dan S3M. Dukungan inilah yang nantinya membuat Anda leluasa untuk membuat sebuah game baru.

Ada ribuan game yang telah diproduksi menggunakan Adventure Game Studio, dan banyak diantaranya memiliki kualitas profesional. Wadjet Eye Games adalah Indie Game Bussines yang telah menciptakan sebagian besar judul game komersial menggunakan AGS, diantaranya adalah seri Blackwell dan Gemini Rue. Software untuk membuat game petualangan ini dapat kompatibel dengan windows 2000, xp, vista, 7 dan 8, namun sebelumnya membutuhkan penginstalan NET Framework 2.0. Memang Anda harus melakukan pemahaman sebelum menggunakannya dan agaknya inilah salah satu kerumitannya. Namun fitur pengaturan game cukup fleksibel, sehingga membuat para game designer bisa menentukan format resolusi tampilan game hingga personalisasi GUI (Graphic User Interface-nya) seperti yang telah dijelaskan diatas.

Tertarik untuk menggunakan Adventure Game Studio? Anda bisa mengunduhnya secara gratis pada situs resmi AGS di sini.

Link diatas merupakan AGS versi 3.2.1 dengan ukuran file hanya 7 MB dan khusus OS Windows. Dibawah opsi Donwload AGS untuk Windows dalam halaman situs diatas, tersedia juga software untuk OS lain dan semua bebas Anda pakai. [ALX]