Hp Nokia Layar Sentuh Terbaru

04 Apr 2012 16:30 | Hits: 35101

Duel Dua Handphone Kamera 5MP - Hp Nokia Layar Sentuh Terbaru Nokia 603 Vs Motorola Fire XT

Duel Dua Handphone Kamera 5MP - Hp Nokia Layar Sentuh Terbaru Nokia 603 Vs Motorola Fire XT

Motorola baru saja menghadirkan handphone terbarunya di Indonesia, yakni Motorola Fire XT. Handphone ini memiliki OS Android Gingerbread dan dibanderol dengan harga Rp 1.399.000,-. Meskipun memiliki harga murah, handphone ini menghadirkan kamera yang cukup handal, yakni 5MP. Sebuah handphone lain milik Nokia pun memiliki kualitas kamera yang sama, yakni hp Nokia layar sentuh terbaru, Nokia 603. Secara harga, Nokia 603 berada di atas dengan harga jual mencapai Rp 2.4 juta. Namun bagaimana jika dua handphone ini disandingkan? Berikut ulasannya.

Dimensi

Nokia 603 merupakan hp Nokia layar sentuh terbaru yang memiliki dimensi 113.5 x 57.1 x 12.7 mm dengan berat 109.6 gram. Sedangkan Motorola Fire XT hadir dengan dimensi 114 x 62 x 12 mm dan bobot 114 gram.

Layar

Dari segi layar, hp Nokia layar sentuh terbaru ini menghadirkan layar berukuran 3.5 inci yang memiliki resolusi 360 x 640 piksel dengan densitas piksel 210ppi. Layar capacitive touchscreen yang terbuat dari IPS LCD ini dilengkapi dengan fitur multitouch, kaca pelindung anti gores serta Nokia ClearBlack display. Sedangkan Motorola Fire XT mempunyai layar berukuran 3.5 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel dan densitas piksel 165ppi. Sayangnya, layar capacitive touchscreen handphone ini masih menggunakan layar TFT.

Performa

Yang perlu diingat, hp Nokia layar sentuh terbaru ini bukanlah sebuah handphone dengan sistem operasi Windows Phone. Handphone ini masih menggunakan OS asli Nokia, yakni Nokia Belle. Di bagian dalam, handphone ini menyuguhkan prosesor single core 1GHz yang ditunjang dengan GPU 2D/3D graphics HW accelerator with OpenVG1.1 and OpenGL ES 2.0 dan RAM 512MB.

Permasalahan konektivitas, cukup lengkap tersedia di hp Nokia layar sentuh terbaru ini. Mulai dari WiFi, GPS, NFC, Bluetooth, WiFi hingga micro USB. Namun, sayangnya Anda tak akan bisa menggunakan handphone ini sebagai WiFi HotSpot, seperti yang bisa digunakan pada handphone Android.

Jika hp Nokia layar sentuh terbaru 603 hadir dengan prosesor single core 1GHz, maka Motorola Fire XT menggunakan prosesor dengan kecepatan yang lebih rendah, yakni 800 MHz. Namun, handphone ini menggunakan OS Android Gingerbread 2.3 yang memiliki lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan OS Nokia Belle. Yang paling mencolok adalah kemampuan handphone ini untuk digunakan sebagai WiFi HotSpot. Selain itu, handphone ini juga akan ditunjang dengan RAM sebesar 512MB plus GPU Andreno 200.

Sedangkan pada fitur konektivitas, handphone ini menghadirkan fitur WiFi, Bluetooth 2.1 dengan A2DP dan EDR, serta USB. Handphone ini tak akan mempunyai fitur NFC seperti yang ada pada hp Nokia terbaru layar sentuh 603.

Kamera

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kedua handphone ini memiliki kamera 5MP. Perbedaannya, jelas terletak pada fitur kamera yang ada di kedua handphone tersebut. Hp Nokia terbaru layar sentuh mempunyai fitur fixed focus, geo-tagging serta face detection. Tak cukup itu, kamera Nokia 603 juga mampu menyuguhkan rekaman video kualitas 720p pada kecepatan 30fps.

Sedangkan Motorola Fire XT hadir dengan fitur LED flash, autofocus serta geo-tagging. Kamera ini mampu menghadirkan video dengan kualitas 480p pada 24fps. Selain itu, Fire XT juga memiliki kamera sekunder VGA yang tersemat di bagian depan. Dengan keberadaan LED flash, tentunya kualitas pencahayaan kamera Motorola Fire XT akan lebih baik dibandingkan dengan Nokia 603.

Baterai dan Memori

Di sisi baterai, hp Nokia terbaru layar sentuh 603 mendukung baterai Li-ion BPL-3L yang sanggup bertahan hingga 16 jam (2G) dan 7 jam (3G) talk time. Sedangkan untuk masalah penyimpanan data 2GB plus tambahan hingga 32GB dari slot microSD. Pada Motorola Fire XT hadir baterai Li-ion 1540 mAh yang mampu bertahan hingga 8 jam pada mode 3G.

Kesimpulan

Dari segi layar dan kualitas prosesor, Nokia 603 lebih memiliki keunggulan. Sedangkan Motorola Fire memiliki kelebihan pada sistem operasi, dimensi serta kualitas baterai yang lebih tahan lama. Sedangkan dari sisi kamera, dua handphone ini memiliki keunggulan masing-masing. hp Nokia terbaru layar sentuh 603 memiliki kelebihan karena mampu merekam video 720p. Sedangkan Motorola Fire XT unggul karena keberadaan LED flash yang menjanjikan pencahayaan lebih bagus. So, hasil akhir tentunya ditentukan dari harga kedua handphone. Dengan harga yang lebih murah, tentunya Paseban lebih memilih Fire XT sebagai pemenang. [IB]