Windows 8

06 Apr 2012 16:00 | Hits: 5506

Melihat 3 Alasan Memilih Windows 8 dibandingkan iOS dan Android

Melihat 3 Alasan Memilih Windows 8 dibandingkan iOS dan Android

Microsoft Windows 8 merupakan sebuah sistem operasi terbaru yang akan segera dirilis oleh Microsoft. Setelah merilis developer preview, Windows 8 terus membenahi diri untuk melawan ancaman-ancaman yang datang dari OS pesaingnya. Sudah banyak orang yang telah mencicipi kelebihan Windows 8 pada edisi developer preview, seperti yang pernah dimuat oleh Paseban mengenai kelebihan Windows 8 dibandingkan dengan iOS pada artikel di sini.

Kali ini Paseban memaparkan kelebihan Windows 8 dari sudut pandang yang lain, yakni melihat 3 alasan kenapa harus memilih Windows 8 ketimbang OS pendahulunya yang telah menguasai tablet dan mobile device lainnya, Android maupun iOS.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Windows 8 terkait dengan fitur-fitur baru yang telah dimilikinya yang jika dibandingkan dengan Android dan iOS akan mendapatkan nilai plus. Berikut 3 alasan memilih Windows 8 :

Picture Password

Ini merupakan fitur terbaru dari Windows 8, seperti yang dimiliki oleh iOS dengan Slide to Unlock, kemudian Android yang memiliki Pattern to Unlock serta Face Unlock. Windows 8 juga unjuk gigi dengan cara unlock yang lain dari pada pesaingnya.

Picture Password memungkinkan kita untuk membuka akses dengan cara memilih sebuah foto untuk mengunci layar dan kemudian kita harus membuat tiga gerakan terhadap foto tersebut untuk masuk kedalam OS. Sistem penguncian yang menggabungkan gerakan dan foto yang berati memiliki kekuatan ganda dalam memproteksi tablet Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Memilih Aplikasi Berdasarkan Gerakan

Ada beberapa gerakan khusus dalam Windows 8 untuk memilih aplikasi. Misalnya menyapu layar dari sudut kiri akan menampilkan aplikasi terakhir yang digunakan. Tidak seperti Android ICS yang hanya mampu menampilkan Recent Apps dengan cara konvensional, yakni melakukan Tap pada Status Bar.

Gesture-based Application Switching seperti ini juga mulai diberlakukan oleh iOS 5 namun dalam iOS Anda harus menggunakan empat jari Anda sekaligus, tidak seperti Windows 8 yang lebih sederhana.

Pemanfaatan Desktop yang Lebih Lega

Microsoft sadar ukuran menjadi sangat penting ketika membicarakan mengenai tablet. Karena itu Windows 8 memanfaatkan desktop dengan Metro UI-nya tanpa harus diganggu oleh embel-embel Menu Bar, Taskbar dan Navigational Button yang ada pada Android dan iOS. Pada dua OS tersebut terdapat semacam Status Bar untuk melihat informasi jam, sisa baterai dan informasi lainnya. Hal berbeda yang diterapkan oleh Windows 8 yang tidak mencantumkan status bar semacam itu. Ketika Anda ingin melihat sisa baterai atau jam berapa saat ini, Anda cukup menyapu Charms menu kemudian untuk menghilangkannya cukup tap bagian layar mana saja.

Menurut Microsoft hal tersebut bisa menambah pemanfaatan layar menjadi benar-benar fullscreen tanpa diganggu sebuah bar apapun.

Nah, setelah melihat beberapa kehebatan Windows 8 dibandingkan Android dan iOS apakah Anda akan berpindah hati ke Windows 8 begitu OS ini dirilis ke pasar? Ya, kita tunggu kehadiran Windows 8 apakah benar-benar tangguh menghadapi beberapa OS yang telah ada sebelumnya. [IQ]