Sweet Home 3D

03 May 2013 18:00 | Hits: 9365

Sweet Home 3D - Software Desain Rumah Gratis Terbaik Untuk PC

Sweet Home 3D - Software Desain Rumah Gratis Terbaik Untuk PC

Anda berencana membangun sebuah rumah pribadi? Atau Anda bekerja sebagai perancang hunian keluarga? Sudah tidak jamannya lagi menggunakan kertas, pensil, penggaris dan penghapus untuk merancang dan mendesain rumah. Saat ini yang paling Anda butuhkan adalah sebuah software untuk desain rumah, dan salah satu program terbaik untuk permasalahan desain rumah adalah Sweet Home 3D.

Salah satu keuntungan mendesain rumah sendiri adalah lebih ekonomis, hal ini karena Anda tidak perlu lagi menyewa seorang arsitek maupun desainer. Segalanya dapat Anda lakukan sendiri dengan software desain rumah ini. Sebagai pengenalan, Sweet Home 3D merupakan sebuah freeware yang dibuat oleh developer SourceForge.net dan berlisensi GNU (General Public License). Software ini khusus dirancang untuk pembuatan desain rumah, mulai dari tahap awal pembangunan hingga peletakan perabot rumah tangga dalam rumah.

Dengan mudah Anda dapat mendesainnya dalam format 2D, namun nantinya bisa bisa dilihat hasilnya dalam bentuk tampilan 3D. Software ini awalnya dibuat khusus untuk para peminat desain interior rumah professional, namun pada akhirnya software ini juga bisa digunakan bagi pengguna yang sebelumnya tidak terlalu mengerti tentang desain interior.

Bagi Anda yang benar-benar tidak mengerti desain interior sama sekali tidak perlu khawatir karena program ini dirancang secara sederhana serta tidak membutuhkan turitorial yang rumit. Selain itu, kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh software ini adalah mudahnya mengunduh data dari program tersebut serta proses instalasi.

Kabar gembiranya, program ini masih tersedia secara gratis dan tidak ada biaya pengunduhan. Fitur utamanya adalah pembuatan blueprint, yakni reproduksi dari gambar teknik yang biasa disebut sebagai pendokumentasian arsitektur atau desain teknik. Selain itu blueprint juga dapat diartikan sebagai kerangka kerja yang terperinci dalam dunia arsitektur sebagai landasan untuk pengerjaan proyek.

Pembuatan blueprint dalam software ini sangat beragam, mulai dari perancangan ruang tamu, kamar tidur, dapur, ruang keluarga, kamar mandi, bahkan hingga bagian halaman belakang juga dapat diciptakan. Tanpa menggunakan perangkat keras khusus, Anda cukup menggunakan mouse dan keyboard komputer, maka program ini siap untuk menggambar tembok lurus, miring, serta bulat dengan dimensi yang akurat. Sedangkan untuk pembuatan desain pintu dan jendela bisa ditambahkan dengan cara melakukan drag and drop ke dalam dinding kemudian biarkan software ini yang merancangnya sendiri.

Lebih dari sebuah software untuk desain rumah, Sweet Home 3D juga dapat mengatur cahaya lampu di dalam rumah maupun perkiraan pantulan cahaya di cermin, bahkan sinar matahari yang nantinya masuk ke dalam rumah. Fitur pengaturan cahaya ini memang sengaja tersedia untuk menghasilkan desain yang lebih identik dengan kondisi rumah secara nyata, merotasi dan memindah posisi berbagai furnitur rumah juga bisa dilakukandengan mudah.

Anda dapat menambahkan teks sebagai keterangan lebar dan panjang (dimensi) rumah sampai penulisan mengenai bahan-bahan apa saja yang digunakan. Guna mendukung Anda untuk lebih kreatif dalam mendesain rumah, setiap furnitur, tembok, serta langit-langit rumah dapat diubah ukuran, tekstur, dan warnanya dengan Sweet Home 3D. Seperti namanya, software ini tentunya menggunakan tampilan 3 dimensi. Inilah yang membuat setiap perubahan yang Anda lakukan pada denah dapat langsung ditampilkan secara virtual dengan berbagai sisi.

Tersedia pula tampilan denah yang dapat menunjukkan di mana Anda bisa menggambar maupun meletakkan perabotan dan perlengkapan yang ada. Sudah disediakan katalog berisi perabotan untuk mengisi ruangan. Pada antar muka ditampilkan dimensi rinci dari perabot yang sudah Anda pilih sehingga dengan mudah dapat dilakukan penyesuaian dengan kepresisian yang Anda inginkan. Meskipun tersedia dengan berbagai kelebihan yang ada, namun software ini memiliki tampilan 3 dimensi yang terlihat masih standar tanpa animasi yang lebih nyata. Kesederhanaan ini cukup bisa ditutupi dengan berbagai fitur ditambah sederatan toolbar yang berisi tool-tool untuk membuat desain rumah.

Selain gratis, program ini juga dapat dijalankan dalam berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows (XP, Vista, 7), Linux, serta Mac OS. Untuk menggunakan software desain rumah ini, Anda bisa mengunduhnya di situs resmi di sini Ukuran file hanya sebesar 33.6 MB dengan versi 4.0. Fitur lain yang tersedia dikembangkan lebih jauh dengan menggunakan program Java. [ALX]