Hp 3G Paling Murah

27 Mar 2012 18:00 | Hits: 33651

Duel Hp 3G Paling Murah: Nokia Asha 300 Vs Samsung Galaxy Mini

Sebuah hp 3G memang menjanjikan fitur tersendiri jika dibandingkan dengan handphone lain. Hp 3G memiliki keunggulan pada akses Internet yang lebih cepat dibandingkan dengan handphone yang hanya menawarkan jaringan Internet GPRS. Harga hp 3G paling murah pun masih berada di kisaran Rp 1 juta.

Dan pada kali ini Paseban me-review dua hp 3G paling murah yang bisa Anda jadikan referensi pembelian, yakni Nokia Asha 300 dan Samsung Galaxy Mini. Secara harga, kedua handphone ini pun tak terpaut terlalu jauh. Jika Nokia Asha 300 dibanderol dengan harga Rp 1 juta, maka Samsung Galaxy Mini bisa didapatkan dengan harga Rp 1.3 juta.

Desain

Hp 3G paling murah Nokia Asha mempunyai dimensi 112.8 x 49.5 x 12.7 mm dengan berat 89 gram. Sedang Samsung Galaxy Mini menawarkan dimensi 110.4 x 60.8 x 12.1 mm dengan bobot 105 gram. Dari segi dimensi, nampaknya dua hp 3G paling murah ini memiliki nilai yang sebanding. Jika Samsung Galaxy Mini lebih unggul dari segi ukuran, maka Nokia Asha memiliki bobot yang lebih ringan.

Layar

Sebuah layar touchscreen resistif berukuran 2.4 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel dan densitas piksel 167 ppi tersemat di bagian depan handphone Nokia Asha 300. Selain itu, Anda juga akan diberi fasilitas keypad numerik sebagai alternatif selain layar sentuh.

Layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Mini nampaknya lebih memberi kepuasan. Galaxy Mini memiliki layar yang lebih besar, yakni sebuah layar capacitive touchscreen berukuran 3.14 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel. Tentunya dengan ukuran layar yang lebih besar, akan memberi kepuasan lebih ketika browsing di Internet.

Performa

Sebagai sebuah handphone 3G, Nokia Asha 300 ini memiliki fitur 3G yang bisa diandalkan. Hp 3G paling murah dari Nokia ini bisa digunakan untuk mengakses quad band 3G. Handphone 3G ini mampu menawarkan kecepatan HSDPA hingga 10.2 Mbps dan kecepatan HSUPA 2Mbps. Fitur tambahan lain, handphone ini juga menunjang quad band GSM.

Hp 3G paling murah ini juga menawarkan spesifikasi yang cukup kompeten. Di bagian prosesor, handphone ini memiliki prosesor single core dengan kecepatan 1GHz. Performa prosesor ini juga akan didukung dengan keberadaan RAM 128MB. Sayangnya, handphone ini masih menggunakan OS Symbian S40. Dan, Anda juga tak akan memperoleh opsi untuk mengupdate OS tersebut ke OS Nokia Belle.

Untuk cakupan jaringan 3G, nampaknya Samsung Galaxy Mini tak sebanding dengan Nokia Asha 300. Samsung Galaxy Mini hanya mampu men-support dual band 3G dan quad band GSM. Kecepatan akses data yang ditawarkan pun lebih bagus Nokia Asha 300. Galaxy Mini hanya menawarkan kecepatan HSDPA hingga 7.2Mbps.

Dari segi spesifikasi prosesor, Samsung Galaxy Mini juga masih kalah kelas. Handphone ini hanya menggunakan prosesor dengan kecepatan 600 MHz. Namun, handphone ini lebih unggul karena menggunakan OS yang lebih canggih, yakni OS Android Froyo 2.2 dan dukungan RAM yang lebih besar, 384MB. Kelebihan lain yang dipunyai oleh Galaxy Mini adalah fitur WiFi dan kemampuannya untuk melakukan WiFi thetering. Hal ini tak bisa dilakukan oleh Nokia Asha 300.

Kamera

Di bagian kamera, Anda akan menemukan kamera tunggal 5MP yang tersemat di bagian belakang hp 3G paling murah milik Nokia ini. Kamera ini bisa menghasilkan gambar dengan kualitas 2592 x 1944 piksel dan video VGA pada 30 fps. Sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi dengan LED flash, Anda hanya memperoleh fitur fixed focus. Untuk kamera, hp 3G paling murah dari Samsung ini hanya menggunakan kamera 3.15MP. Kamera ini pun tak memiliki banyak fitur pendukung, hanya terdapat fitur geo-tagging.

Baterai dan Memori

Baterai pada handphone Nokia Asha 300 adalah sebuah baterai Li-ion dengan kapasitas 1110 mAh yang sanggup bertahan selama 6 jam 54 menit (2G) dan 4 jam 18 menit (3G). Sedangkan untuk penyimpanan data, handphone ini menawarkan memori internal sebesar 140MB dengan tambahan dari slot microSD hingga maksimum sebesar 32GB.

Di bagian baterai, Samsung Galaxy Mini menghadirkan baterai Li-ion dengan kapasitas 1200 mAh yang mampu bertahan selama 9 jam. Sedangkan untuk memori internal, handphone ini memberi kapasitas penyimpanan sebesar 160MB plus tambahan dari slot microSD hingga 32GB.

Kesimpulan

Dalam pandangan Paseban, kedua handphone ini memiliki keunggulan masing-masing. Samsung Galaxy Mini lebih unggul berkat adanya sistem operasi Android 2.2 yang lebih atraktif dibandingkan Symbian S40. Tak hanya itu, handphone ini juga memiliki fitur WiFi dan WiFi thetering yang cukup berguna.

Sedangkan jika ditilik kemampuannya sebagai sebuah handphone 3G, Nokia Asha 300 lebih cocok dipilih sebagai pemenang. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan sebuah hp 3G paling murah, tentu cocok dengan handphone ini. Namun bagi Anda yang ingin hp 3G dengan fitur yang komplet, maka Samsung Galaxy Mini adalah jawabannya. [IB]