Speaker Sony

04 May 2013 16:30 | Hits: 4225

Sony SRS-BTV5: Speaker Sony Aktif Mini Berteknologi NFC Terbaru

Sony SRS-BTV5: Speaker Sony Aktif Mini Berteknologi NFC Terbaru

Saat promosi atau membuat ulasan, hal yang paling sering ditonjolkan pada suatu gadget adalah tampilan, prosesor, memori, atau mungkin sistem operasi (OS). Kita jarang menemukan perangkat smartphone, tablet, atau perangkat mobile yang memiliki fitur unggulan pada audio atau suara. Hal ini juga dikarenakan sulitnya memaksimalkan kualitas audio pada perangkat yang berukuran mini dan tipis. Sebuah solusi ditawarkan oleh Sony dengan produk terbarunya berupa Speaker Sony. Sony SRS-BTV5 adalah speaker aktif yang didesain khusus untuk memaksimalkan kualitas audio pada perangkat mobile. Produk Sony ini berbentuk bola dan berukuran mini. Gadget Sony ini berukuran 65mm dengan bobot 130 g. Selain desainnya yang elegan, Sony SRS-BTV5 juga beroperasi dengan memanfaatkan jaringan bluetooth. Tidak hanya itu, teknologi NFC (Near field communication) juga disertakan pada produk ini. NFC (Near field communication) dan Kegunaannya Speaker aktif mini Sony SRS-BTV5, menggunakan teknologi NFC.

NFC adalah jaringan atau pita jarak pendek tanpa memerlukan kabel atau wireless. Dengan teknologi ini, masing-masing pengguna NFC dapat saling bertukar data. Sebelumnya, teknologi ini telah digunakan pada handphone dan smartphone. Dengan kecanggihan teknologi ini, handphone dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran menggantikan kartu kredit. Perusahaan yang akan memanfaatkan NFC untuk pembayaran adalah Google dengan produknya, Google Wallet. Sejarah NFC Teknologi NFC pada speaker aktif mini, Sony SRS-BTV5, adalah hasil riset (penelitian) dari Sony dan NXP. Ide penemuan NFC berawal dari RFID atau Radio Frequency Identification. RFID telah banyak digunakan untuk keperluan inventaris dan tangging barang serta smart passport. Dibandingkan RFID, NFC memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih canggih.

Selain itu, NFC juga dapat terintegrasi pada prosesor dan OS canggih seperti Android. Pengoperasian NFC pada Handphone Speaker aktif mini, Sony SRS-BTV5, dilengkapi teknologi NFC. Pada perangkat handphone, teknologi ini memiliki beberapa mode pengoperasian. Mode yang pertama adalah mode emulasi kartu. Pada mode ini, handphone dimanfaatkan untuk mengemulasi kartu kredit. Handphone tersebut seolah-olah berperan sebagai payment processor seperti Mastercard dan Visa. Mode berikutnya, yang dimiliki NFC adalah mode pembacaan. Dengan mode ini, handphone mampu membaca tag pasif dari poster, stiker, maupun selebaran. NFC masih memiliki satu lagi mode pengoperasian yaitu Mode peer to peer. Mode ini sesuai bagi Anda yang sering melakukan transaksi individual. Peer to peer memungkinkan masing-masing pengguna NFC untuk bertransaksi tanpa uang tunai.

Fitur-fitur Lain dari Teknologi NFC Untuk perkembangan jangka panjang, NFC tidak hanya bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Teknologi, yang dimanfaatkan oleh speaker aktif mini, Sony SRS-BTV5, ternyata bisa dikembangkan untuk keperluan lain. Fitur-fitur lain dari NFC adalah monitoring kesehatan, tiket kendaraan (pesawat atau kereta), kunci rumah/hotel/mobil, integrasi dengan bluetooth, video chat, file sharing, dan kupon elektronik. Konektivitas Sony SRS-BTV5 Berdasarkan penjelasan sebelumnya tentang NFC, speaker aktif mini, Sony SRS-BTV5, adalah perangkat berteknologi canggih.

Dengan produk ini, Anda dapat melakukan aktivitas streaming musik dari perangkat mobile. Dengan teknologi NFC, speaker ini dapat terkoneksi dengan perangkat mobile dengan memanfaatkan jaringan bluetooth dan tanpa memerlukan kabel. Anda cukup mendekatkan atau menyentuhkan smartphone Anda ke speaker wireless ini. Selain itu, Sony SRS-BTV5 juga kompatibel dengan sebagian besar perangkat bluetooth 360 Circle Sound dan Daya Listrik Speaker aktif mini, Sony SRS-BTV5, juga menerapkan teknologi 360 Circle Sound. Dengan teknologi ini, speaker mampu menghasilkan kualitas suara yang seragam dengan jangkauan 360 derajat atau ke segala arah.

Konsumsi daya pada speaker ini juga tidak banyak, sekitar 1,2 Watt. Fitur-fitur Lain dari Sony SRS-BTV5 Speaker aktif mini, Sony SRS-BTV5, menyediakan audio-in jack untuk terhubung ke sumber audio lain yang menggunakan kabel. Tidak hanya untuk streaming musik, Speaker Sony ini juga bisa berperan sebagai speakerphone saat Anda menelpon (call). Sony SRS-BTV5 dilengkapi port micro USB untuk keperluan pengisian atau charge. Dengan baterai li-ion yang tertanam di dalamnya, alat ini dapat dioperasikan hingga 4 jam. Warna dan Harga Speaker aktif mini, Sony SRS-BTV5 tersedia dalam warna pink, hitam, dan putih. Dengan kecanggihan teknologi NFC, speaker wireless ini dibanderol dengan harga US$ 59,99 USD atau sekitar 582 ribu Rupiah. [BAM]