Motorola Fire XT311

22 Mar 2012 16:00 | Hits: 1649

Duel Android Motorola FIRE XT311 vs LG C660 Optimus Pro

Setelah banyak bermunculan ponsel Android yang memakai input toucscreen atau fullscreen, kini pabrikan ponsel andorid dunia juga banyak yang menelurkan ponsel Android dengan dual input sekaligus. Anda bisa menggunakan keyboard maupun touchscreen untuk melakukan proses input. Kini ada dua pabrikan ponsel dengan produk ternamanya yaitu Motorola FIRE XT311 dan LG C660 Optimus Pro yang mengembangkan ponsel Android dengan dual input.

Design

Kedua desain ponsel ini sekilas terlihat mirip. Sama-sama memiliki keyboard Qwerty dan layar yang lebar. Namun yang membedakan di antara keduanya terletak pada bentuk tuts keyboard. Tuts keyboard pada Motorola FIRE XT311 lebih terlihat rapat dan padat dibandingkan dengan LG Pro yang seakan terlihat jarang dan juga memiliki ukuran yang kecil.

Sedangkan untuk bahan body kedua ponsel ini, sama-sama menggunakan bahan dari plastik, namun ada perbedaan tampilan di mana Motorola FIRE XT311 menggunakan plastik bernuansa glossy sehingga membuatnya terlihat mewah, sedangkan LG Pro menggunakan plastik doff yang terkesan tangguh. Dari segi bobot, Motorola FIRE XT311 lebih unggul dengan bobot yang hanya 110 g, Sedangkan LG Pro berbobot 129 g, berbeda selisih 19 gram dibandingkan dengan Motorola FIRE.

Layar

Meskipun sudah dibekali keyboard Qwerty di kedua ponsel ini, namun kedua ponsel ini tetap memasukkan metode input layar sentuhnya di ponselnya masing masing. Yang membedakan dari keduanya ialah metode dan teknologi input layar sentuhnya yang berbeda dan memiliki ciri khas sendiri,

LG Pro tampil lebih atraktif dengan sususan ikonnya yang ditata dalam format grid horizontal, sedangkan Motorola FIRE XT311 ditata secara grid vertical. Dalam urusan tampilan layar, LG Optimus Pro lebih unggul dibandingkan dengan Motorola FIRE XT311.

Performa

Untuk urusan performa LG Pro lebih mantap dengan bekal prosesor 800 MHz, sedangkan Motorola FIRE XT311 harus puas dengan bekal prosesor 600 MHz. Jadi untuk performa, LG Pro lebih unggul dan lebih smooth dibandingkan Motorola FIRE XT311. Namun untuk urusan media penyimpanan ponsel, LG Pro kali ini harus tunduk terhadap Motorola FIRE XT311, karena hanya dibekali 150MB saja, sedangkan Motorola FIRE XT311 menyediakan kapasitas sebesar 512 MB. Kedua ponsel ini sama-sama bersistem operasi Android Gingerbread.

Kamera

Di ranah kamera, keduanya mendapatkan skor yang berimbang, Motorola FIRE XT311 berbekal kamera 3.15MP dengan resolusi 2048 x 1536 piksel dan mampu merekam video dengan kualitas VGA 24fps. Tidak ada perbedaan antara kamera Motorola FIRE XT311 dan LG Pro. Keduanya memiliki kamera dan fitur kamera yang sama persis.

Kesimpulan

Dari segi harga, kedua ponsel ini memiliki harga yang setara, namun terdapat kekurangan dan kebeihan pada masing masing ponsel. Motorola FIRE XT311 unggul dalam memori dan dimensi, sedangkan LG Pro unggul dalam kecepatan atas prosesor yang dimilikinya. Keputusan untuk memilih salah satu di antara keduanya, tergantung dengan kebutuhan Anda masing masing. [PY]