Kamera Fujifilm FinePix

22 Jul 2013 15:00 | Hits: 1773

Kamera Fujifilm FinePix XP200 - Kamera Tangguh Tahan Air dan Tahan Banting

Kamera Fujifilm FinePix XP200 - Kamera Tangguh Tahan Air dan Tahan Banting

Belum lama ini Fujifilm kembali terjun ke pasar kamera dengan membawa inovasi terbaru. Berbekal percaya diri, Fujifilm melansir bahwa produk terbarunya sangat siap berkompetisi dengan para kompetitor yang telah lebih dulu meramaikan pasar kamera compact di Indonesia. Kamera compact yang baru saja dirilis Fujifilm tidak lain adalah kelanjutan dari jajaran seri XP yang berada di kelas FinePix dambaannya. Dimana seri sebelumnya adalah kamera Fujifilm FinePix XP150, dan dilanjutkan dengan kehadiran FinePix XP200 sebagai seri rombakan XP150. Sang vendor telah melakukan banyak perubahan pada seri terbarunya tersebut, baik dari segi penampilan maupun kemampuan. Seperti apa perubahan yang dimaksud, langsung saja kita simak reviewnya di bawah ini.

Berdasarkan informasi yang dilansir oleh sang vendor, kamera Fujifilm FinePix XP200 mengalami perubahan desain yang sangat jauh berbeda dari desain seri - seri sebelumnya. Bahkan, dapat dikatakan bahwa XP200 mengalami perancangan desain ulang. Sehingga, seri ini bisa disebut sebagai revolusi terbaru dari keluarga FinePix XP. Desain yang diusung oleh kamera ini mengangkat kesan outdoor & adventure sebagai tema-nya. Dengan diselimuti penampilan prima yang super kokoh, solid, dan tangguh, XP200 diperkirakan mampu menggendong banyak konsumen, terutama konsumen dari kalangan penggemar outdoor dan adventure style.

Penampilannya semakin mentereng ketika didukung dengan kemampuannya yang tangguh dan garang. FinePix XP200 sanggup bertahan oleh guncangan dan jatuh dari ketinggian maksimal 2 meter. Kelebihan ini tentu sangat menarik perhatian pasar, dan tentu menjadi sebuah rintangan baru bagi vendor lain sebagai kompetitor kamera digital Fujifilm FinePix XP200. Selain ketangguhannya bertahan terhadap guncangan dan benturan, kamera ini juga mampu menghadapi tekanan air laut hingga kedalaman maksimum 15 meter.

Bagi para penyelam, kamera ini sangat cocok dibawa menemani aktifitas menyelam mereka, baik untuk pemotretan keindahan alam bawah laut, maupun untuk membuat foto - foto kenangan selama berjelajah. Anda tidak perlu khawatir terjadi kerusakan, baik pada sistem, fisik, maupun mesin kamera. Karena selama kedalaman menyelam anda di bawah 15 meter, FinePix XP200 teruji kuat dan kokoh. Untuk mendukung aktifitas potret di bawah laut, XP200 juga didukung dengan kemampuannya bertahan pada suhu udara / ruang hingga -10° C. Sangat fantastis, bukan. Bagi para penggiat jelajah darat, tidak perlu khawatir bila membawa kamera digital Fujifilm ini ke medan berdebu. Karena teluran Fujifilm ini sangat tidak berpengaruh terhadap debu - debu yang menyelimuti tubuhnya. Untuk membersihkannya, kamera cukup dicuci dengan kain lembab yang bersih dan halus untuk mengikiskan debu - debu yang menempel pada body kamera. Sementara untuk bagian dalam bodi, pengguna tidak perlu khawatir. Karena, dapat dipastikan tidak akan ada debu yang mampu masuk kedalam mesin atau bodi bagian dalam kamera.

Rahasia utama yang membuat kamera digital Fujifilm ini mampu bertahan dari itu semua, tidak lain adalah tingkat kerapatan dan kekokohan bodi kamera yang luar biasa solid. Sehingga, material - material sekecil apapun akan sulit menerobos masuk ke dalam bodi kamera. Selain itu, rupanya Fujifilm juga menanamkan sebuah segel pada tutup baterai kamera. Segel tersebut memungkinkan tidak ada benda - benda apapun, baik berupa cair maupun padat yang dapat masuk kedalam ruang penyimpanan baterai yang terhubung langsung dengan komponen elektrikal pada mesin kamera. Sungguh luar biasa sekali, bukan. Tidak heran bila vendor ini dikenal sangat cerdas dan kreatif.

Selain membawa kemampuan fisik yang prima, FinePix XP200 juga rupanya mengusung ketangguhan yang tidak kalah luar biasa dalam menghasilkan gambar. Dibandingkan seri - seri sebelumnya, XP200 terbilang jauh lebih mumpuni dalam hal kualitas potret. Ia mengandalkan kamera bersensor CMOS 16 MP yang telah dilengkapi CMOS Shift Image Stabilization Technology, dimana teknologi ini memungkinkan kamera mampu meminimalisir adanya blur pada hasil gambar ketika terjadi guncangan saat memotret. Kemudian, kamera digital Fujifilm ini juga memiliki kemampuan memotret gambar dengan kecepatan hingga 10 - 60 fps secara beruntun, tergantung pada mode yang digunakan. Sedangkan untuk fitur zoom, kamera ini mengusung lensa optic internal Fujinon yang memiliki rentang 5x zoom (28 - 148 mm). Fitur zoom tersebut dapat meningkat hingga rentang 10x zoom, apabila pengguna menggunakan fitur zoom tambahan bernama Intelligent Zoom Digital. Bicara soal harga, kamera digital Fujifilm FinePix XP200 dibandrol dengan harga kisaran $US 299.95 . Wah, murah sekali, bukan. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memilikinya?[HRS]